Pemkot Tegal Peringati Hardiknas, Mendikbud Titip Merdeka Belajar

Pemkot Tegal Peringati Hardiknas, Mendikbud Titip Merdeka Belajar

PIMPIN UPACARA - Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri upacara pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional di di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, Kamis, 2 Mei.-MEIWAN DANI RISTANTO/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), tingkat Kota Tegal tahun 2024. Peringatan Hardiknas itu mengambil tema, Pendidikan adalah bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar, di Halaman Pendapa Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, Kamis, 2 Mei.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri menitipkan merdeka belajar kepada seluruh pihak penggerak perubahan.

BACA JUGA:Kapolda DIY Pimpin Upacara Hardiknas, Merdeka Belajar Wajah Baru Pendidikan Indonesia

”Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan," ujarnya.

Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar semakin menyadarkannya tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia. Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, dan bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

”Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan," ungkapnya.

Usai membacakan sambutan Mendikbudristek, Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi dalam mendidik anak-anak penerus bangsa bukan hanya semata-mata menjadi tanggung jawab guru di sekolah.

Meski demikian, tentunya juga merupakan tanggung jawab orang tua di rumah juga. Karena pembelajaran yang berkelanjutan dan berkesinambungan tidak hanya bisa didapat siswa di sekolah saja. Namun juga harus diteruskan oleh orang tua saat para siswa ada di rumah.

BACA JUGA:Puncak Hardiknas 2024 di Kabupaten Tegal, Sekda Pesan Optimalkan Perkembangan TIK

”Dalam hal ini, pemerintah sebagai pemangku kebijakan harus selalu dapat memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai demi kelancaran dan kenyamanan pendidikan para siswa sekalian,” ujarnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan Deklarasi Anti Narkoba Insan Pendidikan dan penyerahan piagam penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi dan persembahan karya buku oleh Forum Pena Guru Literasi.

Upacara dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Tegal, Camat dan Lurah se-Kota Tegal serta diikuti oleh peserta yang terdiri dari perwakilan ASN KORPRI, Mahasiswa, Pelajar, SKB/PKBM, ASN Disdikbud, Himpaudi dan PGSI. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: