7 Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng, Mulai Kawah Hingga View Matahari Tebit yang Menawan

7 Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng, Mulai Kawah Hingga View Matahari Tebit yang Menawan

Destinasi wisata terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng yang memiliki beragam daya tarik seperti Kompleks Candi Arjuna. --balistarisland.com

DISWAY JOGJA - Wisata terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak sekali daya tarik yang akan memikat hati para wisatawan yang berkunjung. 

Daya tarik yang ada di wisata terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng bermula dari sejarahnya. 

Tak banyak orang yang tahu sejarah yang dimiliki oleh wisata terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonoboso Provinsi Jawa Tengah ini. 

Para wisatawan yang datang ke wisata terbaru 2024 Dataran Tinggi Dieng kebanyakan terpukau dengan pemandangan alamnya dibandingkan mempelajari sejarah. 

BACA JUGA:Temukan 6 Hal Menakjubkan Wisata Terbaru 2024 Kaliurang Yogyakarta, Liburanmu Dijamin Makin Seru Banget

Padahal dengan belajar sejarah, maka akan mengerti mengapa ada banyak sekali atraksi budaya dan warisan luhur yang ada di Dataran Tinggi Dieng. 

Dikutip DISWAY JOGJA dari balistarisland.com, sejarah Dataran Tinggi Dieng terbagi menjadi dua yakni berdasarkan temuan arkeologis dan geologis. 

Berdasarkan temuan arkeologis, sudah ada manusia yang tinggal di Dataran Tinggi Dieng sejak zaman prasejarah. 

Dataran Tinggi Dieng telah berpenghuni sejak abad ke-4 SM. Selanjutnya selama berabad-abad lamanya, Dataran Tinggi Dieng telah menjadi rumah bagi kerajaan Hindu dan Budha.

Pada zaman kerajaan tersebut, banyak dibangun kuil dan monumen untuk tempat pemujaan kepada dewa. 

Periode paling menonjol secara arkeologis adalah pada saat abad ke-8. Pada saat itu, masa pemerintahan Kerajaan Mataram. 

Pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram banyak sekali kompleks candi yang dibangun salah satunya adalah Candi Arjuna. 

BACA JUGA : 6 Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Pantai Parangtristis Yogyakarta, Bikin Wisatawan Terhenyak Saking Bagusnya

Ditinjau dari temuan geologis, Dataran Tinggi Dieng muncul bukan tanpa sebab. Penyebabnya adalah aktivitas vulkanik yang memunculkan lanskap unik berupa kawah, danau warna-warni, dan lubang panas bumi yang asapnya masih mengepul. Aktivitas vulkanik tersebut juga menjadikan lahan pertanian di Dieng sangat subur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: balistarisland.com