Kebun Binatang Ragunan, Wisata Terbaru 2024 Cocok Untuk Libur Lebaran Bareng Keluarga Cek Disini

Kebun Binatang Ragunan, Wisata Terbaru 2024 Cocok Untuk Libur Lebaran Bareng Keluarga Cek Disini

Wisata Kebun Binatang Ragunan--

DISWAY JOGJA- Kebun Binatang Ragunan memang menjadi wisata yang masih populer, karena itu wisata terbaru 2024 ini sangat cocok dikunjungi untuk libur lebaran bersama keluarga.

Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan bersama keluarga saat libur lebaran menjadii momen wisata terbaru 2024 menyenangkan. Sebab, di sana ada banyak kegiatan yang bisa di lakukan terutama untuk mengenalkan flora dan fauna kepada anak.

Fasilitas yang tersedia di kebun Binatang Ragunan juga sangat lengkap, karenanya wisata terbaru 2024 populer ini cocok untuk libur lebaran bersama keluarga.

Artikel ini akan membahas terkait Kebun Binatang Ragunan, wisata terbaru 2024 populer yang cocok untuk libur lebaran bersama keluarga. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : Libur Lebaran Seru? Kunjungi 5 Wisata Terbaru 2024 di Jogja, Yuk Intip Apa Saja Ulasan Lengkapnya

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan merupakan tempat wisata edukasi flora dan fauna di Jakarta dengan area taman seluas 147 hektare. Dengan memiliki 2.000 spesies tanaman serta ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon.

Lokasi kebun binatang Ragunan berada di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12550.

Syarat Masuk dan Jam Operasional Kebun Binatang Ragunan

1. Wajib Memiliki Jakcard

Jakcard adalah sarana transaksi non tunai yang bisa digunakan di Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Museum Kota Tua, dan Transjakarta.

Kamu bisa membeli Jakcard di petugas loket, dan harus mengisi saldo sebelum digunakan. Top up bisa dilakukan di semua loket Taman Margasatwa Ragunan dan Halte Busway. Minimal top up sebesar Rp10.000 dan maksimum kapasitas Rp1.000.000.

2. Masuk Melalui Pintu Elektronik/Gate

Pngunjung akan masuk melalui pintu elektronik yang sudah ditentukan sesuai antrean. Saat masuk, pengunjung wajib menempelkan Jakcard dengan cara di-tap pada mesin sensor. Saldo Jakcard otomatis berkurang sesuai dengan tarif masuk dan jumlah pengunjung.

3. Membayar tiket Masuk

Dilansir dari laman Ragunan Zoo, berikut harga tiket masuk Ragunan 2024:

Tarif pengunjung

  • Dewasa: Rp 4.000 per orang
  • Anak-anak: Rp 3.000 per orang

Tarif parkir

  • Bus besar: Rp 15.000 per hari
  • Bus kecil: Rp 12.500 per hari
  • Minibus: Rp 6.000 per hari
  • Sepeda motor: Rp 3.000 per hari
  • Sepeda: Rp 1.000 per hari

Tarif fasilitas dan wahana di Ragunan

Kebun Binatang Ragunan menawarkan berbagai fasilitas dan wahana mulai harga Rp 2.500 hingga Rp 18.000.

Berikut rincian tarif wahana dan fasilitas di Ragunan:

  • Taman satwa anak: Rp 2.500 per satu kali keliling
  • Perahu Angsa: Rp 18.000 per satu kali keliling
  • Kereta keliling: Rp 10.000 per satu kali keliling
  • Sepeda tunggal: Rp 10.000 per orang
  • Sepeda ganda: Rp 15.000 per orang.

4. Pusat Primata Schmutzer

Weekdays/dewasa dan anak-anak: Rp6.000

Weekend/dewasa dan anak-anak: Rp7.500

Seluruh pembayaran di kebun binatang Ragunan menggunakan JakCard. Apabila tidak memiliki JakCard, Moms dan Dads bisa membeli dengan harga Rp35.000 untuk saldo Rp20.000. Lalu, pembelian JakCard seharga Rp 65.000 dengan saldo Rp 50.000. atau mengisi ulang saldo JakCard dengan minimal Rp 10.000 dan kelipatan Rp 10.000.

BACA JUGA : Selain Bromo, Inilah Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 di Malang yang Tak Kalah Menarik, Cek Lengkapnya Disini

Atraksi di Kebun Binatang Ragunan

Tidak sekadar melihat beragam spesies hewan dan tumbuhan, di Kebun Binatang Ragunan juga terdapat beberapa sarana rekreasi edukatif dan seru.

Lokasi wisata terbaru 2024 ini sangat cocok dikunjungi bersama Si Kecil.

1. Pusat Primata

Pusat Primata Schmutzer merupakan salah satu area yang termasuk ke dalam konservasi primata Indonesia. Ada berbagai jenis primata Indonesia di dalam area ini. beberapa primata eksotis, seperti orangutan, gorila, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam maupun luar negeri.

2. Taman Refleksi

Taman Refleksi berada di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Area ini dilengkapi dengan batu-batu yang didesain khusus untuk refleksi. Kamu dapat melakukan relaksasi, olahraga, atau bersantai sejenak di taman refleksi.

3. Taman Satwa Anak

Di Taman Satwa Anak, Moms bisa menemukan hewan unik berikut:

Ikan raksasa arapaima gigas.

Burung kakatua yang pandai berbicara.

Mini terrarium yang terdapat ular condrophyton.

Kapibara jenis rodentia raksasa (satwa pengerat).

4. Gajah Tunggang

Jika kamu berkeinginan untuk menunggangi gajah, maka di ragunan ini kamu bisa naik gajah jinak bersama perawat atau pelatih gajah pada hari Minggu dan hari Libur Nasional.

5. Unta Tunggang

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di wisata Ragunan ini kamu bisa mengajak keluarga berkeliling menunggangi unta, hewan khas negara Timur Tengah. Harga tiket menunggangi unta punuk satu adalah Rp7.500 per satu kali keliling.

6. Kereta Keliling

Kegiatan yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Kamu dan keluarga wajib mencoba mengelilingi kebun binatang Ragunan dengan menumpangi kereta keliling. Harga tiket naik kereta keliling adalah Rp7.500 per orang.

7. Sewa Sepeda

Tersedia penyewaan sepeda tunggal (satu kayuh) dan sepeda ganda (dua kayuh) di kebun binatang Ragunan. Tiket menyewa sepeda tunggal seharga Rp10.000 per jam dan sepeda ganda Rp15.000 per jam.

8. Taman Perahu Angsa

Aktifitas lainnya yaitu taman perahu angsa, kamu bisa menaiki perahu angsa di kolam besar seluas 2.000 m2 dan beberapa pulau buatan di tengahnya. Untuk menikmati taman dan kolam yang luas ini, kamu harus membayar tiket seharga Rp15.000 per perahu angsa.

9. Pentas Satwa

Jika kamu penasaran dengan pentas satwa, di wisata ini terdapat beberapa atraksi satwa di kebun binatang Ragunan. Seperti, atraksi kakatua bermain gelang warna warni dan beruang naik sepeda.

Itulah wisata terbaru 2024 Kebun Binatang Ragunan yang cocok untuk libur lebaran kamu dan keluarga. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA : 5 Wisata terbaru 2024 Gunung di Indonesia yang Banyak Dikunjungi, Cek Lengkapnya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: