Libur Lebaran Sambil Belajar? Kunjungi Tempat Wisata Terbaru 2024 Museum di Lampung Berikut Ini

Libur Lebaran Sambil Belajar? Kunjungi Tempat Wisata Terbaru 2024 Museum di Lampung Berikut Ini

Wisata terbaru 2024 Museum di Lampung--

DISWAY JOGJA - Ada banyak sekali tempat wisata terbaru 2024 yang bisa kamu kunjungi di Lampung, salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Way Kambas. Namun, kalau kamu sedang berlibur di Lampung dan menambah wawasan sejarah, cobalah berkunjung ke beberapa museum yang ada di Lampung.

Museum sebagai salah satu tempat bisa mengenal budaya dan sejarah suatu benda atau daerah. Berikut ada beberapa rekomendasi museum yang ada di Lampung dan cocok dijadikan sebagai wisata terbaru 2024 budaya dan sejarah.

BACA JUGA : 7 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Pantai Eksotis di Lampung Selatan? Simak Daftarnya Disini

Museum Lampung

Rekomendasi wisata terbaru 2024 yang pertama adalah Museum Lampung, museum pertama dan terbesar di Provinsi Lampung yang didirikan sekitar 1975 atau 1976. Tak hanya koleksi bersejarah di Lampung, museum ini juga memiliki beberapa koleksi prasejarah, budaya lokal, hingga sejarah nasional.

Ada sekitar 4.700 benda bersejarah di wisata terbaru 2024 Museum Lampung. Semuanya terdiri dari benda geologika, historika, arkeologika, termasuk pakaian, rumah, serta budaya adat Provinsi Lampung.

Lokasi wisata museum ini terletak di Jalan ZA Pagar Alam, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Untuk tiket masuk ke Museum Lampung relatif terjangkau lho hanya Rp5.000 per orang. Kamu bsia mengunjungi tempat wisata ini mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Museum Kekhautan Semaka

Wisata terbaru 2024 museum ini cukup unik karena dikelola secara langsung turun temurun dari raja pertamanya hingga sekarang. Lewat museum kecil ini, Masyarakat Kekhatuan Semaka ingin mengenalkan dan melestarikan budayanya kepada masyarakat luar untuk dipelajari secara umum.

Saat ini Museum Kekhatuan Semaka dikelola oleh keturunan generasi ke 13 Kerajaan Kekhatuan Semaka. Terdapat sekitar 700 koleksi sejarah di tempat wisata terbaru 2024 ini. Kamu bisa melihat pakaian adat, pakaian penari, uang, senjata tradisional, alat musik, kain khas, alat makan, hingga peninggalan megalithikum di sini.

Lokasi wisata terpopuler Museum Kekhautan Semaka berada di Jalan Kota Agung Bengkunat Nomor 21, Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Lampung Terpopuler? Nomor 3 Paling Favorit, View Eksotisnya Bikin Nagih!

Museum Mahkota Dipuncak Nur

Menjadi salah satu tempat wisata budaya dan sejarah, bangunan serta ornamen museum ini sangat kental dengan budaya Lampung. Wisata museum ini memang sengaja dibangun sebagai upaya masyarakat untuk melestarikan benda bernilai sejarah dan budaya di Bandar Lampung demi kepentingan studi, pendidikan, dan wisata.

Namun tak jarang, di sana juga ada pertunjukan atau upacara adatnya lho. Sehingga kalau beruntung, kamu bisa melihat secara langsung proses upacara atau tarian adat dari masyarakat Lampung di museum ini.

Tempat wisata Museum Mahkota Dipuncak Nur berlokasi di Jalan Sultan Haji, Nomor 45, Sepang Jaya, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung.

Museum Transmigrasi Bagelen

Museum Transmigrasi Bagelen merupakan salah satu objek wisata sejarah dan edukasi di Lampung sayang untuk dilewatkan. Museum Ketransmigrasian Lampung ini menjadi salah satu tempat yang menyimpan historis proses terjadinya transmigrasi masyarakat Pulau Jawa Bali ke Lampung pada era kolonial.

Desa Bagelen merupakan tempat transmigrasi masyarakat Pulau Jawa pertama di Lampung. Tak hanya bisa melihat proses transmigrasi di Lampung, terdapat sekitar 254 koleksi peninggalan sejarah mulai dari pakaian adat, foto, seni rupa, alat musik, perabotan rumah, alat pertanian, hingga peralatan dapur.

Selain itu, di pelataran museum ini kamu juga bisa melihat berbagai rumah adat khas dari seluruh daerah di Indonesia. Lokasi wisata terbaru 2024 ini ad di Jalan Ahmad Yani Nomor 111, Sukaraja, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA : Menjelajahi Lampung Melalui Wisata Terbaru 2024 Slanik Waterpark? Memiliki Wahana Terbanyak yang Wajib Dicoba!

Museum Purbakala

Situs megalitik di museum ini pertama kali ditemukan 1957 oleh masyarakat setempat. Selain jenis batu-batuan, di tempat wisata favorit ini juga terdapat arca Bodhisatwa, Prasasti Dalung dan batu nisan menandakan daerah tersebut juga telah mendapat pengaruh agama Islam.

Sehingga kamu bisa melihat secara langsung peninggalan sejarah di Lampung Timur dari mulai zaman prasejarah, klasik atau Hindu-Buddha dan Islam dalam satu tempat.

Wisata museum ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Hanya sekitar 2 jam perjalanan dari Bandar Udara Radin Intan II Lampung.

Itulah beberapa tempat wisata terbaru 2024 museum di Lampung yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Kamu pernah ke museum mana aja nih? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: