Explore Wisata Terbaru 2024 Alam Jawa Tengah? Inilah 4 Wisata Air Terjun Terindah yang Cocok Untuk Liburan

Explore Wisata Terbaru 2024 Alam Jawa Tengah? Inilah 4 Wisata Air Terjun Terindah yang Cocok Untuk Liburan

Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Jawa Tengah Terindah--google

DISWAY JOGJA - Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak berbagai tempat wisata terbaru 2024 alam yang menjadi andalan dan pastinya sudah terkenal.

Wisata terbaru 2024 alam di Jawa Tengah ini merupakan lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satu primadona andalan Jawa Tengah, yaitu air terjun.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas outdoor, mengunjungi tempat wisata terbaru 2024 air terjun di Jawa Tengah dapat menjadi pilihan untuk berlibur.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 di Banyumas? Pas Buat Ngabuburit yang Seru Saat Ramadan

Berikut sederet tempat wisata terbaru 2024 berupa air terjun di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik masing-masing dengan keindahannya.

1. Air Terjun Sikopel, Kabupaten Banjarnegara

Air terjun Sikopel menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banjarnegara, pasalnya menyuguhkan panorama alam yang sejuk dan indah.

Air terjun Sikopel, dengan ketinggiannya mencapai sekitar 70 meter dan kedalaman 10 meter. Dan letaknya berada diantara lereng bebatuan yang terjal.

Air terjun Sikopel ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat sebuah goa yang berada dibalik air terjun ini yang konon katanya terdapat tikus putih yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Daya tarik lain dari Air terjun Sikopel ini yaitu adanya mitos warga sekitar yang mempercayai bahwa air dari air terjun ini bisa membuat awet muda jika dibasuh ke muka atau badan.

2. Air Terjun Grojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar

Air Terjun Grojogan Sewu sendiri memiliki arti air terjun seribu, dimana nama tersebut berasal dari jumlah anak tangga untuk menuju kawasan air terjun ini jumlahnya lebih dari seribu anak tangga.

Namun, ada juga yang mengatakan nama air terjun Grojogan Sewu ini berasal dari derasnya air yang mengalir. Air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu sebelah timur dari Kota Karanganyar.

Air terjun ini juga berada pada kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu yang dihuni oleh sekelompok monyet-monyet yang siap menyambut kamu ketika berkunjung ke kawasan air terjun ini.

Selain bisa menikmati keindahan air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini, kamu juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti ber-outbound ria menggunakan flying fox atau berenang di kolam renang yang menyegarkan.

BACA JUGA : Yuk Liburan di Wisata Terbaru 2024 Blora Jawa Tengah, Belajar Sejarah Berasa Liburan?

3. Air Terjun Telu, Kabupaten Banyumas

Wisata terpopuler Air Terjun Telu ini memiliki ketinggian 8 meter dengan satu aliran air terjun yang sangat deras, sedangakan dua lainnya tidak begitu deras.

Yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu kawasan Air Terjun Telu ini lokasinya dekat dengan area hutan, sehingga jika kamu beruntung bisa bertemu dengan hewan-hewan hutan seperti monyet, musang, dan landak.

Selain menikmati keindahan alam di sekitar air terjun, kamu juga bisa berkunjung ke Sendang Bidadari yang lokasinya masih berada di sekitaran kawasan Air Terjun Telu ini. Nah, di area Sendang ini kamu bisa berenang dan bermain air dengan udara yang segar.

4. Air Terjun Bengkawah, Kecamatan Pemalang

Sesuai dengan namanya, air terjun ini berasal dari kata “Bengkahan Tengah Sawah”. Dimana untuk menuju kesini kamu harus melintasi area persawahan dan hutan terlebih dahulu.

Air Terjun Bengkawah ini didalamnya terdapat 3 aliran air jernih yang sangat deras dan melebar tetapi airnya menyegarkan.

Selain bentuk aliran airnya yang begitu mempesona, di sepanjang perjalanan dan sekeliling area air terjun kamu akan disuguhi suasana hutan yang masih asri. Pasalnya, air terjun ini masih berada di kawasan cagar alam sehingga masih terjaga kelestariannya.

BACA JUGA : Menjelajahi 7 Wisata Terbaru 2024 di Subang, Keindahan Alam yang Memukau untuk Liburan Keluarga

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai wisata terbaru 2024 air terjun di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat liburan. Keindahan alam yang mempesona membuat liburanmu dijamin lebih berkesan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: