5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Kuningan, Pas Buat Belajar Agama dan Sejarah

5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Kuningan, Pas Buat Belajar Agama dan Sejarah

Sumur Tujuh Cibulan-Raynardthan Pontoh-

DISWAY JOGJA - Kuningan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, kuningan juga memiliki wisata terbaru 2024 religi.

Wisata religi di Kuningan menyuguhkan tempat-tempat bersejarah dan misteri, destinasi wisata terbaru 2024 religi di Kuningan menyimpan pesona alam di sekitarnya.

Wisata terbaru 2024 religi di Kuningan bisa berupa tempat ibadah yang menyimpan sejarah keagamaan tertentu, atau sebuah makam - makam wali yang banyak didatangi oleh peziarah dari dalam maupun luar daerah.

Berikut 5 rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Kuningan ;

1. Gua Maria

Gua Maria ini merupakan tempat beribadah bagi umat Katolik. Goa yang berada di tengah hutan di kaki gunung. Pemandangan sekitar berupa pepohonan yang masih sangat alami. Disekitar gua maria juga ada sumber air gunung yang airnya dapat diminum. Airnya segar dan menyejukan badan.

Gua ini terbentuk karena inisiatif penduduk setempat yang dianggap suci karena sering kali digunakan sebagai tempat prosesi keagamaan. Kemudian, Goa ini resmi beroperasi pada 21 Juli 1990 oleh Kardinal Tomko yaitu seorang Kardinal Gereja Katolik Roma di Slowakia.

Penahbisan Gua Maria ini dilangsungkan pada tanggal 21 Juli 1990 dan dipimpin oleh Kardinal Tomko, yang menunjukkan pentingnya situs ini dalam kerangka keyakinan dan tradisi Katolik.

Gua ini menggabungkan keindahan alam dengan unsur-unsur spiritual yang mendalam, menciptakan lingkungan yang memberikan kedamaian dan inspirasi kepada semua yang datang berkunjung. Gua Maria sendiri memang terbuka untuk umum. Terdapat banyak titik titik yang biasa dikunjungi, mulai dari taman Getsemani, jalan salib beserta 14 titik yang sering dipakai berdoa.

Setiap Jumat Kliwon atau Jumat Agung, Gua Maria ini menjadi tempat Misa Suci. Upacara dimulai di Taman Getsemani dan dilanjutkan dengan prosesi jalan salib serta penghormatan salib besar di bukit, tabur bunga di makam Yesus, dan upacara komuni di Gua Maria. Acara ini terbuka untuk umum.

2. Sumur Tujuh Cikajayaan

Sumur ini memiliki sejarah religi yang kuat. Juru kunci sumur tujuh cikajayaan menyatakan bahwa sumur ini merupakan petilasan tokoh pemyebar agama di Kabupaten Kuningan dan sekitarnya.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Magelang Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

3. Makam Wali

Makam Wali Di Kuningan merupakan salah satu tempat bersejarah yang terletak di wilayah Kuningan. Makam ini dianggap sebagai tempat peristirahatan terakhir dari para wali atau tokoh agama yang sangat dihormati dan dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan oleh masyarakat sekitar. Banyak orang yang berziarah ke Makam Wali Di Kuningan untuk meminta berkah, keselamatan, atau menyampaikan niat dan doa khusus. Orang-orang yang berziarah biasanya membawa sesaji, berdoa, atau membaca ayat suci Al-Quran di dekat makam para wali.

Mereka percaya bahwa dengan berziarah ke Makam Wali Di Kuningan, niat baik mereka akan terkabul dan mereka akan mendapatkan keberuntungan dalam kehidupan mereka.

Makam Wali Di Kuningan juga memiliki makna dan signifikansi spiritual bagi masyarakat non-Muslim di sekitarnya. Tempat ini menjadi simbol toleransi dan keterbukaan antar umat beragama.

4. Sumur Tujuh  Cibulan

Sumur Tujuh  Cibulan merupakan tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci, tempat wisata terbaru 2024 ini merupakan salah satu penyebaran agama Islam di Kuningan melalui kegiatan para Wali Songo. Mereka umumnya melakukan ritual doa dan ritual lainnya. Bahkan banyak wisatawan sengaja membawa air tersebut karena dianggap mampu membawa keberkahan.

5. Balong Keramat Darmaloka

Balong Keramat Darmaloka ini merupakan petilasan bagi para tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Balong Keramat yang juga berarti kolam keramat, sudah ada sejak zaman Wali Songo, tepatnya saat Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam. Selain itu, menurut sang juru kunci, kolam keramat ini ketika dilihat dari atas akan membentuk lafadz Allah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Kuningan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: