7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Populer Di Tasikmalaya

7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Populer Di Tasikmalaya

Masjid Agung Kota Tasikmalaya-instagram @saefullah_14-

DISWAY JOGJA - Selain wisata alam, Tasikmalaya juga menjadi salah satu Kota di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata terbaru 2024 religi populer. Tasikmalaya dikenal dengan julukan kota santri dan menjadi salah satu destinasi wisata religi ziarah terbesar di Jawa Barat.

Sebagai salah satu tujuan wisata terbaru 2024 religi populer di Tasikmalaya, wisata religi ini sering dikunjungi sejumlah peziarah baik yang datang secara rombongan maupun perorangan dari berbagai kota disekitarnya.

Wisata terbaru 2024 religi populer di tasikmalaya dari mulai masjid tertua hingga makam-makam syekh yang bisa untuk berziarah.

Berikut 7 rekomendasi wisata terbaru 2024 religi populer di Tasikmalaya :

1. Goa Safarwadi Pamijahan

Goa Pamijahan Safarwadi terletak di Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Goa Safarwadi Pamijahan menjadi terkenal karena dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat dakwah oleh Syekh Haji Abdul Muhyi. Goa ini digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat menyebarkan ajaran Islam pada masa awal penyebarannya.

Goa Safarwadi merupakan salah satu tempat bersejarah peninggalan sang wali, saat pertama menyebarkan Islam di wilayah itu. Konon, pernah juga saat itu digunakan untuk pertemuan para Wali Songo saat merencanakan penyebaran agama Islam.

2. Makam Syekh Abdul Ghorib

Makam Syekh Abdul Ghorib terletak di sebuah Gunung yang berada lebih dari 350 meter di sebelah utara dari Kampung Cibeas Desa Gunung Tandala, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Konon katanya, dulu Bung Karno juga pernah ziarah ke makam ini.

Syekh Abdul Ghorib merupakan seorang ulama besar yang mempunyai jiwa kewalian, tinggi budi pekertinya, besar pengaruhnya, berwibawa dalam kepemimpinan, luhur ilmunya, dituruti oleh segenap rakyat, cinta terhadap bangsa dan tanah air, cinta agama serta kasih sayang terhadap sesama makhluk Allah SWT.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Paling Populer Di Banyumas

3. Masjid Agung Manonjaya

Proses pembangunan masjid ini diperintahkan oleh Bupati R. Angadipa II tahun 1832 atas bantuan Patih Raden Tumenggung Danuningrat sebagai perancang arsitektur bangunannya.

Masjid Agung Manonjaya masuk ke dalam kategori cagar budaya yang mempunyai nilai historis begitu tinggi. Masjid Agung Manonjaya adalah saksi tumbuh dan berkembangnya agama Islam di Jawa Barat.

4. Makam Eyang Prabudilaya

Eyang Prabudilaya merupakan sosok penyebar agama Islam di tanah Sukapura yang berasal dari Kerajaan Sumedang Larang. Untuk mencapai lokasi makam, pengunjung harus menyeberang ke pulau menggunakan rakit besar yang akan menyeberang ke pulau atau sekadar mengelilingi situ gede. Tempat ini menjadi wisata religi populer di Tasikmalaya.

5. Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Masjid ini mempunyai 5 buah atap yang bermakna sebagai 5 kewajiban utama umat muslim. Selain itu, Masjid Agung Kota Tasikmalaya ini juga memiliki menara dengan 3 bagian yang konon menginterpretasikan tiga sifat muslim di antaranya ihsan, Islam dan iman. Dan menara masjid yang tingginya 33 meter mengandung simbol Dzikrullah dalam bentuk Tasbih, Tahmid, dan Takbir. Selain tempat untuk beribadah shalat, sejumlah kegiatan keagamaan lainnya rutin diselenggarakan di masjid ini.

6. Makam Abah Anom

Abah anom atau yang memiliki nama asli KH. Shohibulwafa Tajul Arifin merupakan seorang Waliullah yang menguasai tiga ilmu penting dalam islam yaitu; Fikih, Kalam, dan Tasawuf.

Para pengunjung wisata religi memiliki keyakinan bahwa dengan berdoa dan bertawasul di makam Abah Anom, maka akan mendapat kemudahan segala urusan, hajat, rezeki dan pintu hati terbuka juga pikiran dalam menimba ilmu.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 7 Wisata Religi Di Cirebon Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

7. Makam Syekh Abdul Muhyi

Makam Syekh Abdul Muhyi merupakan tempat wisata religi popular di Tasikmalaya. Syekh Abdul Muhyi diyakini sebagai salah seorang wali Allah yang memiliki segudang karomah  yang menyebarkan agama islam di wilayah Tasikmlaya pada sekitar abad ke-18. Makam Syekh Abdul Muhyi ini selalu ramai peziarah terlebih pada hari-hari besar Islam, Bulan Maulid, atau menjelang puasa.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi populer di Tasikmalaya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: