Ngabuburit Full Senyum dengan Wisata Terbaru 2024? Internet Gratis di Loji Gandrung Solo

Ngabuburit Full Senyum dengan Wisata Terbaru 2024? Internet Gratis di Loji Gandrung Solo

Loji Gandrung 2024--Canva Editing

DISWAY JOGJADi Bulan ramadhan 2024, saatnya kita mengisi kegiatan yang positif, tanpa mengurangi rasa produktifitas. Banyak yang bisa kamu lakukan loh saat ramadhan, salah satunya adalah mengunjungi wisata terbaru 2024 apalagi sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Ada banyak tempat wisata terbaru 2024 yang menawarkan berbagai macam fasilitas ke kamu loh. Salah satunya adalah Kota Solo, kota yang dijuluki dengan kota budaya ini terus berinovasi memberikan spot ngabuburit paling fenomenal loh.

Salah satu inovasi dari wisata terbaru 2024 di Kota Solo adalah wisata Loji Gandrung. Apa itu Loji Gandrung? Loji Gandrung adalah tempat yang digunakan sebagai rumah dinas walikota Surakarta.

BACA JUGA : 8 Rekomendsai Wisata Terbaru 2024 Religi Di Solo Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

Internet Gratis di Loji Gandrung

Lalu apa sih yang membedakan wisata yang satu ini dengan yang lain? Yah wisata terbaru 2024 ini menyediakan internet gratis loh.Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyediakan layanan internet gratis atau WiFi gratis di rumah dinasnya Loji Gandrung. Internet gratis itu bisa digunakan untuk masyarakat umum yang membutuhkan.

Gibran selaku Wali Kota Solo menyediakan WiFi di Loji Gandrung yang sudah bisa digunakan mulai 14 Maret 2024. Program internet gratis di wisata terbaru 2024 ini terbuka untuk umum loh.

BACA JUGA : Ramadhan di Solo? Yuk Kunjungi Wisata Terbaru 2024, Berbagi Kebahagiaan Saat Ramadhan

Jam buka wisata terpopuler ini adalah mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Kamu bisa internetan sepuasan untuk mengerjakan kerjaan, tugas kuliah, atau skripsi.

Cocok banget buat kamu yang koutanya limited, program wisata kekinian di Loji Gandrung ini hanya tersedia selama bulan Ramadhan saja loh.

Kamu juga selain bisa internetan gratis disini kamu bisa belajar lebih dekat dengan sejarah dari Loji Gandrung loh. Kita ketahui kalau Loji Gandrung punya sejarah panjang yang harus diketahu oleh masyarakat umum.

BACA JUGA : 5 Menu Makanan Terbaru 2024 Khas Solo, Cocok Banget Buat Buka Puasa Bersama Bestie!

Menguak Sejarah Loji Gandrung

Wisata paling hits yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Kota Solo. Loji Gandrung memiliki luas bangunan 3.500 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 6.295 meter persegi.

Wisata terfavorit ini memiliki gaya arsitektur neo-klasik Eropa yang tak meninggalkan unsur dengan budaya lokal Jawa. Bangunan tersebut awalnya merupakan rumah tinggal milik Johannes Augustinus Dezentje (1797-1839) yang dibangun pada tahun 1830.

Tinus adalah seorang pionir perkebunan Belanda pertama di wilayah Surakarta dan juga dikenal sebagai tuan tanah di Ampel, Boyolali (de legendarisch Solose planter en landheer van Ampel).

BACA JUGA : Ngabuburit Asyik di Solo? Ini Dia 8 Tempat Ngabuburit di Solo yang Ramai Dikunjungi

Tinus sering mengadakan pesta di rumahnya yang berada di Solo. Karena sering digunakan untuk pesta dansa orang-orang Jawa yang berada di sekitar tempat tinggal Tinus menyebut acara pesta tersebut sebagai gandrungan.

Wisata terbaru 2024 ini berasal dari kata gandrungan berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai kata dasar gandrung yang berarti menyenangi atau bisa juga tergila-gila karena asmara.

Lambat laun rumah besar milik Tinus tersebut dikenal dengan Loji Gandrung. Kata loji sendiri artinya rumah yang besar, bagus dan berdinding tembok. Aslinya dari bahasa Belanda, loge. Namun setelah diucapkan oleh orang Jawa menjadi loji.

BACA JUGA : Liburan Lebaran di Solo? Inilah 7 Tempat Wisata Terbaru 2024 yang Instagramable

Sepeninggal Tinus, bangunan Loji Gandrung ini ditinggali oleh keturunan Tinus dari istri pertamanya yang bernama Johanna Dorothea Boode. Pada waktu terjadi pendudukan Jepang atas Solo, bangunan Loji Gandrung sempat menjadi markas bagi pimpinan pasukan tentara Jepang yang bertanggungjawab atas Wilayah Surakarta.

Wisata Loji Gandrung juga pernah digunakan Jenderal Gatot Subroto menyusun strategi militer menghadapi agresi militer yang dilakukan Belanda dan Sekutu.

Hal ini yang membuat Patung Gatot Subroto dibangun di depan Loji Gandrung. Selain itu, Loji Gandrung juga pernah digunakan sebagai tempat menginterogasi tahanan politik.

BACA JUGA : Rekomendasi Tempat Ngabuburit Viral di Solo, Beragam Menu Takjil Ada di Sini!

Loji Gandrung punya teras memanjang dan luas. Pintu dan daun jendela yang terpasang berukuran besar khas bangunan Belanda. Di ruang tamu, tertata kursi antik dan hiasan dinding berupa dua foto Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno berukuran besar.

Itulah tadi sisi menarik dari Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo yang kaya akan sejarah disulap jadi wisata terbaru 2024 yang banyak pengunjung.

Anda bingung ngabuburit yang asyik dan bikin full senyum, wisata terbaru 2024 Loji Gandrung solusinya sediakan internet gratis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: