Kamu Harus Tahu! Ini Dia 7 Waktu Mustajab Untuk Berdoa di bulan Ramadhan

Kamu Harus Tahu! Ini Dia 7 Waktu Mustajab Untuk Berdoa di bulan Ramadhan

Kamu Harus Tahu! Ini Dia 7 Waktu Mustajab Untuk Berdoa di bulan Ramadhan-freepik-

DISWAY JOGJA- Ramadhan, bulan suci yang dipenuhi dengan berkah, di mana pintu neraka tertutup dan pintu surga terbuka, serta amal ibadah dilipatgandakan. 

Setiap umat Islam bersaing untuk memperoleh sebanyak mungkin pahala dan menyampaikan doa-doa mereka. Mereka tidak hanya berusaha mengumpulkan pahala, tetapi juga terus menerus memohon kepada Allah agar keinginan dan kebutuhan mereka terkabul. 

Bulan Ramadhan menawarkan waktu-waktu istimewa untuk berdoa. Ini adalah waktu di mana doa seorang hamba memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah.

Pada waktu tersebut, doa seorang hamba berpeluang besar dikabulkan oleh Allah. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya, Allah membebaskan beberapa orang pada setiap hari dan malam (Ramadhan), setiap hamba di antara mereka ada doa yang dikabulkan’ (HR. Ahmad).

BACA JUGA : 13 Perilaku Makruh Dalam Puasa yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar, Apa Saja? Ini Dia Ulasan Lengkapnya!

Kemudian, kapan waktu-waktu terbaik untuk berdoa di bulan Ramadhan? Berikut adalah tujuh kesempatan terpilih yang telah disusun dari berbagai sumber:

1.Sepanjang Berpuasa

Selama berpuasa di bulan Ramadhan, merupakan momen yang sangat potensial untuk doa-doa kita dikabulkan. Oleh karena itu, penting untuk tetap memanjatkan doa di setiap shalat lima waktu yang kita laksanakan selama bulan Ramadhan. Karena setiap doa yang kita sampaikan akan diperhatikan dan diterima oleh Allah, sebagaimana yang disampaikan dalam ajaran Rasulullah:

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالْإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: “Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) imam yang adil dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi) 

BACA JUGA : Mengenal dan Menjalankan 10 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Mencapai Kebaikan yang Abadi

2. Saat Sahur

Saat menjalani sahur merupakan salah satu dari tujuh waktu yang sangat berpotensi untuk doa-doa terkabul di bulan Ramadhan. Saat sahur juga menjadi waktu yang ideal untuk berdoa. Oleh karena itu, berdoalah sebelum memulai makan sahur, yakinlah bahwa doa kita akan diterima oleh Allah, seperti yang diungkapkan dalam hadis Bukhari dan Muslim:

Artinya: “Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Di antara Adzan dan Iqamah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: