Simak Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Khas Cirebon! Dijamin Bikin Nagih Guys!

Simak Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Khas Cirebon! Dijamin Bikin Nagih Guys!

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Khas Cirebon! --Google.com

JOGJA DISWAY - Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat, dikenal dengan beragam kuliner khasnya yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Terdapat banyak pilihan kuliner khas Cirebon yang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Selain rasanya yang lezat, makanan-makanan khas ini juga disajikan dalam porsi yang cukup besar dan tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang berada di Cirebon, mari kita lihat informasi berikut tentang kuliner khas Cirebon yang cocok untuk menu berbuka puasa. Rasanya pasti akan membuat Anda ketagihan.

BACA JUGA : 5 Resep Menu Berbuka Puasa Ala Rumahan! Praktis dan Mudah Dibuat!

1.       Empal Gentong

Bagi pecinta daging sapi, sangat disarankan untuk mencicipi hidangan yang satu ini saat berbuka puasa. Bahkan, hidangan ini juga sangat cocok untuk disajikan bersama ketupat pada Hari Raya Idul Fitri.

Empal Gentong merupakan olahan daging sapi yang dimasak dengan bumbu kuning menggunakan gentong dan kayu bakar untuk memberikan cita rasa yang khas. Selain daging, hidangan ini juga biasanya mengandung tetelan atau organ dalam sapi.

Empal Gentong biasanya disajikan dengan nasi hangat yang kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan potongan daun kucai. Untuk menambah rasa pedas, seringkali ditambahkan bubuk cabai.

2.       Nasi Lengko

Anda dapat dengan mudah mencoba hidangan ini di rumah. Nasi Lengko terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan tahu, tempe, tauge, mentimun, dan daun kucai. Kemudian, disiram dengan sambal kacang dan kecap manis.

BACA JUGA : Daftar 5 Rekomendasi Tempat Menu Takjil di Jakarta yang Murah, Cari Kulineran Buka Puasa Sambil Ngabuburit

Anda dapat menambahkan sambal, kerupuk, dan telur goreng untuk menambah cita rasa yang lezat. Di Cirebon, masyarakat setempat biasanya menyantap hidangan ini bersama sate kambing.

3.       Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang disajikan dengan cara dibungkus menggunakan daun jati dan diisi dengan berbagai lauk pauk seperti telur dadar, sambal goreng, tahu, tempe, semur tahu, dan aneka hidangan lainnya.

Awalnya, hidangan ini disajikan kepada para pekerja paksa yang membangun Jalan Raya Pos dari Anyer hingga Panarukan yang melintasi Kabupaten Cirebon pada masa pemerintahan Belanda.

Namun, saat ini Nasi Jamblang sudah mudah ditemui di berbagai tempat di Kota Cirebon.

4.       Bubur Sop

Meskipun mirip dengan bubur ayam, bubur sop memiliki tambahan kuah kaldu seperti pada sayur sop yang memberikan sentuhan gurih dan kesegaran pada hidangan ini.

Dalam satu porsi bubur sop, umumnya terdapat daging ayam suwiran, taburan kacang, soun, dan berbagai macam sayuran seperti kol, daun bawang, hingga irisan tomat merah.

BACA JUGA : 3 Menu Sahur Simpel Untuk Anak Yang Enak dan Kaya Akan Nutrisi, Yuk Cobain!

Kuliner ini bisa ditemukan di beberapa wilayah di Cirebon dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya, satu porsi bubur sop dijual dengan harga sekitar Rp 10.000 saja.

5.       Rujak Gamel

Rujak Gamel, meskipun belum begitu populer, namun jumlah penjualnya masih terbilang sedikit. Konon, popularitas Rujak Gamel mulai meningkat setelah salah satu penyanyi Pantura membagikan kelezatannya melalui media sosial.

Rujak ini terdiri dari berbagai bahan seperti kangkung, mie, kol, mentimun, melinjo, tahu, dan gorengan.

Yang membuatnya unik adalah penambahan kerupuk basah yang direbus, bukan digoreng. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan sambal terasi. Ini merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin berbuka puasa tanpa mengonsumsi nasi.

6.       Mie Koclok

Bagi Anda yang gemar mie, Anda wajib mencoba menu berbuka puasa satu ini. Mie Koclok adalah mie basah yang disajikan dengan kuah kaldu yang kental.

Selain itu, juga disajikan dengan suwiran ayam, daun bawang, tauge, kol, bawang goreng, dan telur rebus. Nama "koclok" berasal dari suara yang terdengar saat mencampurkan semua bahan, menyerupai suara kocokan.

Hidangan ini akan terasa lebih lezat jika dinikmati dalam keadaan hangat.

BACA JUGA : Varian Es Teler Bisa Jadi Ide Jualan Takjil Ramadhan 1445 H. Coba Deh, Dijamin Endul, Pas Jadi Temen Berbuka

Dari beberapa menu yang disebutkan, yang mana yang paling ingin kamu coba untuk menu berbuka puasa nih guys? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: