Ingin Punya Stamina yang Prima Ketika Berpuasa? Berikut 7 Makanan Sahur yang Dapat Menambah Energi Kamu!

Ingin Punya Stamina yang Prima Ketika Berpuasa? Berikut 7 Makanan Sahur yang Dapat Menambah Energi Kamu!

Menu sahur untuk stamina saat puasa--pexels.com

DISWAY JOGJA-Bulan Ramadhan, bulan mulia di mana umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa.

Selama sebulan penuh, kita menahan diri dari makan, minum, dan menjalankan aktivitas tertentu dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Meski memiliki banyak keutamaan, berpuasa juga bisa membuat tubuh kita merasa lelah dan kurang bertenaga, terutama jika tidak diimbangi dengan asupan makanan yang tepat saat sahur.

Untuk memastikan kita tetap bugar dan memiliki stamina yang prima selama berpuasa, penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat memberikan energi dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah tujuh pilihan makanan sahur yang dapat membantu menambah energi kamu sepanjang hari saat berpuasa.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk dimakan saat sahur. Karbohidrat kompleks seperti oatmeal dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan melepaskan energi secara bertahap sepanjang hari. Selain itu, oatmeal juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang sempurna untuk disantap saat sahur. Protein membantu menjaga massa otot dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12, zat besi, dan asam folat yang berperan dalam produksi energi tubuh. 

3. Buah-buahan

Buah-buahan Buah-buahan seperti pisang, apel, dan jeruk kaya akan karbohidrat alami, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Buah-buahan juga dapat membantu menghidrasi tubuh dan mencegah sembelit selama berpuasa.

BACA JUGA:5 Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa di Kantor, Anti Ngantuk dan Lemas : Para Pekerja Wajib Baca Artikel Ini!

Pisang, misalnya, mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama, serta kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Apel dan jeruk juga kaya akan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi, yang dibutuhkan untuk produksi energi. 

4. Yogurt

Yogurt merupakan makanan sahur yang baik karena mengandung protein dan karbohidrat yang dapat memberikan energi tahan lama.

Yogurt juga kaya akan bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Pilihlah yogurt rendah lemak atau tanpa pemanis untuk mendapatkan manfaat terbaik.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, dan kacang mete adalah sumber protein, serat, serta lemak sehat yang dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan juga mengandung sejumlah mineral penting seperti magnesium, tembaga, dan mangan yang berperan dalam produksi energi tubuh.

BACA JUGA:Lezat dan Terjangkau? Ini Dia 7 Rekomendasi Tempat Makan Untuk Berbuka Puasa di Semarang!

6. Smoothie

Smoothie buah atau sayuran adalah pilihan sehat untuk sahur. Kamu dapat mencampurkan buah-buahan, sayuran hijau, yogurt, dan biji-bijian untuk mendapatkan kombinasi nutrisi yang lengkap. Smoothie juga dapat membantu menghidrasi tubuh sebelum memulai puasa.

Smoothie yang dibuat dari campuran buah-buahan dan sayuran hijau seperti bayam atau kale dapat menyediakan sumber karbohidrat, serat, vitamin, mineral, serta antioksidan yang baik untuk tubuh. 

7. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh adalah pilihan yang baik karena mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan beberapa vitamin serta mineral penting seperti vitamin B6, zat besi, dan magnesium.

Roti gandum utuh dapat memberikan energi tahan lama dan membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Daftar 5 Rekomendasi Tempat Menu Takjil di Jakarta yang Murah, Cari Kulineran Buka Puasa Sambil Ngabuburit

Selain makanan di atas, pastikan juga untuk mengonsumsi cukup cairan saat sahur untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa.

Air putih, jus sayuran atau buah segar, dan susu rendah lemak adalah pilihan yang baik.

Dengan memilih makanan sahur yang tepat, kamu dapat memastikan tubuh tetap mendapatkan asupan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan stamina prima selama bulan Ramadhan. Selamat berpuasa dan semoga ibadah kamu diterima oleh Allah SWT. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: