Peringatan Hari Suci Nyepi, Listrik Kawasan TWC Prambanan Dipadamkan 24 Jam

Peringatan Hari Suci Nyepi, Listrik Kawasan TWC Prambanan Dipadamkan 24 Jam

PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan melalui program “Prambanan dalam Sunyi” melakukan penutupan operasional destinasi TWC Prambanan saat momen Hari Suci Nyepi 1946.-DOK.-

DISWAYJOGJA - PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan melalui program “Prambanan dalam Sunyi” melakukan penutupan operasional destinasi TWC Prambanan saat momen Hari Suci Nyepi 1946. Penutupan operasional tersebut dilaksanakan pada 11 Maret 2024 mulai pukul 05.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Penutupan operasional juga diiringi dengan pemadaman listrik di kawasan TWC Prambanan pada 11 Maret 2024 pada pukul 06.00 WIB sampai 06.00 WIB di 12 Maret 2024. Selain itu, saat penutupan destinasi ini, kawasan Candi Prambanan dijaga bregada serta patroli berkuda yang bekerja sama dengan Polda DIY.

BACA JUGA:Hari Suci Nyepi, Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan Berlangsung Khidmat

Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan menjelaskan, Prambanan dalam Sunyi menghadirkan suasana hening di kawasan Warisan Budaya Dunia. Hal ini sesuai dengan aturan Catur (Brata) Penyepian, yaitu amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang senang).

Program ini merupakan wujud penghormatan serta menanamkan rasa kebersamaan dan keterikatan yang dalam kepada umat Hindu di seluruh Indonesia yang sedang melaksanakan Catur Brata Penyepian.

”Mari kita sama-sama belajar ya makna universal dari Catur Brata Penyepian, baik tentang introspeksi diri serta menumbuhkan perilaku harmoni dengan lingkungan sekitar. Keduanya mengajarkan nilai-nilai esensial tentang kebijaksanaan dan harmoni sosial untuk hadirkan kedamaian dunia,” ungkap Febrina.

BACA JUGA:Wisata Prambanan: Jejak Sejarah Keagungan Kerajaan Hindu-Jawa 

Diketahui, umat Hindu dari DIY dan Jawa Tengah (Jateng) mengikuti perayaan Tawur Agung Kesanga di lapangan Wisnu, Kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Minggu, 10 Maret 2024.  Peryaan bertajuk “Upacara Wishuda Bumi” berlangsung khidmat.

Perayaan Tawur Agung Kesanga 1946 Saka ini merupakan program kolaborasi antara Ditjen Bimbingan Masyarakat Bimas Hindu Kementerian Agama RI dengan Tim Kerja Pemanfaatan Candi Prambanan, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X, Bimas Hindu Kanwil Kemenag Jateng - DIY, PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko serta PHDI Jateng. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: