Kurma, Menu Ramadan Yang Kaya Akan Manfaat, Berikut Ulasan Lengkapnya!

Kurma, Menu Ramadan Yang Kaya Akan Manfaat, Berikut Ulasan Lengkapnya!

Buah Kurma--Hello Sehat

DISWAY JOGJA - Kurma merupakan buah yang sangat akrab saat bulan ramadan tiba, menjadi incaran sebagai makanan utama saat maghrib datang, dibalik itu ternyata kurma mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Sudah sangat familiar jika kurma adalah salah satu menu favorit orang Indonesia saat tiba bulan Ramadan. Buah dengan rasa manis ini berasal dari Jazirah Arab.

Selain itu, perlu sobat ketahui bahwasanya buah favorit ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk tubuh kita.

Mengutip dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, bahwasanya 100 gram buah kurma mengandung kalori dan nutrisi sebagai berikut:

BACA JUGA : Terpopuler! Berikut 7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Semarang, Tersedia Banyak Takjil Juga!

-        2-2,5 gram protein

-        75 gram karbohidrat

-        65 gram gula

-        7-8 gram serat

-        65 miligram kalium

-        1 mg zat besi

-        0,5 miligram zinc

-        150 IU vitamin A

Yang mana kandungan di atas sangat kaya manfaat untuk tubuh kita. Berikut ulasan lengkapnya:

Bisa Menjaga Kesehatan SIstem Pencernaan

Manfaat kurma yang bisa kita dapat diantaranya adalah bisa menjaga kesehatan sitem pencernaan. Contohnya adalah dapat membantu memadatkan feses, hal ini lantaran kandungan serat yang ada di dalamnya.

Selain itu, kurma juga mengandung fenolik tinggi yang bisa membantu membersihkan usus yang dapat bermanfaat menurunkan risiko terkenanya kanker usus.

Kurma juga dinilai memiliki sifat antiradang dan protektif yang bisa bermanfaat untuk menjaga lambung agar tetap sehat selama Ramadan.

BACA JUGA : Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bulan Ramadhan, Urutan Terakhir Paling Seru!

Penangkal Risiko Diabetes

Buah ini memiliki rasa manis, namun perlu sobat ketahui tidak serta-merta buah ini bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

Justru dibalik buah ini ternyata mengandung serat yang bisa mengurangi risiko diabetes. Hal ini lantaran serat kurma tak larut dicerna lebih lambat di dalam perut yang dapat membantu tubuh menjadi lebih baik dalam mengontrol kadar gula darah.

Nutrition Journal pernah menerbitkan penelitian yang membahas bahwa kurma memiliki indeks glikemik rendah. Dan kurma juga tidak langsung melonjakkan kadar gula darah bila mana kita selesai makan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kurma selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung, hal ini lantaran kurma mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk jantung.

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Luar biasa memang jika melihat kurma yang kaya akan manfaat.

Dapat Menangkal Radikal Bebas

Flavonoid, karotenoid, dan asam fonelik merupakan kandungan yang ada di kurma. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh.

Munculnya radikal bebas di tubuh dapat menyebabkan adanya kerusakan sel dan dapat menurunkan sistem imun.

Selain itu, antioksidan yang ada pada kurma juga bermanfaat melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres serta peradangan yang dapat mengakibatkan berbagai risiko penyakit.

BACA JUGA : Sederhana Namun Lezat: Menu Buka Puasa yang Populer, Cocok untuk Bersama Keluarga

Menjaga Kesehatan Otak

Dari laman hello sehat mengungkapkan studi dari Neural Degeneration Research tahun 2016 bahwasanya kurma memiliki potensi menghambat produksi pemicu peradangan bernama interleukin (IL-6) yang ada di otak.

Jika kadar interleukin 6 (IL-6) tinggi di dalam otak, maka risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Mencegah Anemia

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Hal ini lantaran adanya kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Jika tubuh kita kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah dapat terganggu. Sehingga badan akan dapat kekurangan oksigen.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain beberapa manfaat di atas, manfaat kurma juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dapat membantu dalam penyusunan struktur tulang.

Selain itu manfaat magnesium juga dapat membantu kepadatan mineral tulang dan dapat mencegah osteoporosis.

Nah sobat itulah buah kurma yang kaya akan manfaat untuk tubuh, yang mana informasi di atas dirangkum dari laman hello sehat Kemenkes dan laman dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: