Berikut Cara Doa Berbuka Puasa Dengan Benar, Jangan Sampai Keliru!

Berikut Cara Doa Berbuka Puasa Dengan Benar, Jangan Sampai Keliru!

Doa Berbuka Puasa--detikcom

DISWAY JOGJA - Ada beberapa hal yang keliru ketika doa berbuka puasa dalam bulan Ramadan. Kita sebagian besar sering tidak membaca atau mengetahui arti doa buka puasa, sehingga sering keliru.

Di bulan Ramadan kita selalu menahan diri kita dari haus dan dahaga. Jadi bisa saja ketika azan magrib sudah mulai lupa membaca doa berbuka puasa.

Padahal menjelang berbuka puasa juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Namun, yang penting jangan lupa doa berbuka puasa dengan benar.

Berikut ada cara doa berbuka puasa  yang benar. Semua ada urutannya, ada tata caranya termasuk doa buka puasa.

Urutan Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

1. Buka Puasa Terlebih Dahulu

Urutan yang pertama ketika azan magrib sudah di kumandangkan, kamu dibolehkan untuk berbuka dahulu. Entah itu minum dulu, baru makan kurma atau yang lain.

Namun, kita sering mendengarkan bahwa lebih baiknya kita buka dengan makanan manis. Ya entah itu kurma, kolak pisang, atau mungkin es buah dan yang lainnya.

Terkadang perihal makanan, kita sering sekali masak atau beli makanan terlalu banyak, seperti kita benar-benar lapar banget. Padahal minum air putih satu gelas pada saat berbuka puasa saja sudah kenyang banget.

Ini juga perlu di perhatikan, karena makan dengan porsi yang banyak tidak baik. Apalagi jika ada makanan yang sisa, tentu saja mubazir.

Lalu, bagaimana yang baik? Tentu masalah dan belilah makanan yang kiranya kamu cukup. Jangan sampai ketika kamu lagi ngabuburit semua yang dagang di borong semua, ya mending kalo di bagikan, dapat pahala kalo untuk kamu sendiri takutnya mubazir.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Ramadhan! Sehat dan Lezat!

2. Doa Berbuka Puasa

Jadi urutan yang benar adalah makan atau minum terlebih dahulu, baru membaca doa berbuka puasa. Ternyata seperti itu yang benar, baru tahu bukan.

Doa dalam berbuka puasa memiliki arti, "Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, Insya Allah." Nah dari arti tersebut jika kamu membaca sebelum makan atau minum, apakah rasa haus sudah hilang? dan urat-urat sudah basah? Jawabannya belum.

Jika di pikir secara logika, ketika kamu membaca doa buka puasa pada saat sebelum makan, ya berarti sama saja seperti kamu memakai payung tapi enggak hujan. Maka dari itulah pentingnya mengetahui arti dari doa yang setiap kita baca.

Namun, berbeda lagi jika doa mau makan. Kalo itu baru berdoa dulu baru makan, sedangkan jika sedang puasa dan mau berbuka, yang bener itu buka dulu baru berdoa.


Doa Berbuka Puasa--detikcom

BACA JUGA : Variasi Menu Berbuka Puasa: 5 Hidangan Khas di Bulan Ramadhan yang Nikmat dan Menggugah Selera

3. Berdoa Kepada Allah

Selanjutnya ketika sudah berbuka dan berdoa buka puasa yaitu berdoa kepada Allah. Yups, kita bisa saja melangitkan doa setelah doa buka puasa, karena di waktu itulah waktu yang mustajab.

Sayang banget enggak sih, kalo setelah berdoa buka puasa tapi kamu enggak doa kepada Allah, padahal cuman nyempetin waktu sebentar saja.

Untuk doanya bebas, kita mau doa atau minta apa sama Allah. Jika kamu punya hajat yang belum tercapai bisa saja kamu minta sama Allah pada saat berbuka puasa.

Tidak ada salahnya kita mencoba dan terus konsisten, Allah itu Maha Mengabulkan Doa enggak mungkin enggak ngabulin doa kita. Terkadang hanya saja waktunya belum tepat, karena sebenarnya hanya Allah Yang Maha Tahu kita tidak mengetahui apa pun.


Doa Buka Puasa--Suara.com

BACA JUGA : Tidak Membatalkan Puasa, Begini Tips Aman untuk Vaksinasi di Bulan Ramadan

Demikian beberapa cara doa berbuka puasa dengan benar. Dan seperti itulah urutan yang benar, kita sering sekali keliru, maka di bulan Ramadan tahun ini jangan sampai keliru lagi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi kita semua. Semangat untuk kita semua yang menjalani puasa di bulan Ramadan ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: