8 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Populer Di Jogja!

8 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Populer Di Jogja!

Titik Nol Kilometer Jogja-instagram @malioboro_insta-

DISWAY JOGJA - Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyaknya tempat wisata serta kuliner lezat. Di bulan ramadhan ini, sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa melakukan kegiatan yang dinamakan “ngabuburit”. Ngabuburit adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa pada bulan Ramadan. Kegiatan ngabuburit biasanya dilakukan di sore hari atau menjelang waktu berbuka puasa.

Kegiatan ini biasanya dilakukan bersama keluarga atau teman dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat seperti bermain game tradisional, mengobrol, menonton televisi atau film, atau bahkan melakukan kegiatan olahraga ringan seperti jalan-jalan.

Ada beberapa tempat ngabuburit paling populer di Jogja yang selalu ramai saat bulan ramadhan dan menjadi favorit banyak orang untuk ngabuburit. Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dari atas tebing atau pinggir pantai. Atau bisa juga menikmati ramainya kota Yogyakarta yang kental akan kebudayaannya.

Berikut 8 rekomendasi tempat ngabuburit paling populer di Jogja :

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Tegal? Spot Menarik dan Cocok Untuk Ngabuburit Bulan Ramadan, Simak Ulasan Lengkapnya!

1. Jalan Malioboro

Kamu  dapat berjalan-jalan di sepanjang jalan Malioboro dan melihat bangunan bersejarah hingga berbagai pedangan oleh-oleh khas Kota Pelajar ini sambil menunggu waktu berbuka puasa.Di tempat ini ada banyak pedagang makanan tradisional serta berbagai camilan yang cocok untuk berbuka puasa.

2. Pantai Glagah

Kamu dapat menyaksikan lalu lalang pesawat di udara ketika akan memasuki bandara Bandara baru YIA dari pantai Glagah yang lokasinya tidak jauh dari bandara. Terdapat  sunset yang indah bisa disaksikan dari panta ini. kamu bisa ngabuburit di pantai glagah ini sambil menunggu waktu berbuka puasa. Suasana pantai sangat syahdu dan asyik.

3. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja menjadi spot yang favorit oleh mereka yang hobi fotografi dan mencari foto yang instagramable. Kamu bisa menjadikan beberapa tempat seperti Kantor Pos Indonesia, Kantor Bank Indonesia, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Umum sebagai latar belakang foto yang keren.

Titik Nol Kilometer Jogja juga menjadi salah satu tempat ngabuburit asyik yang ramai dikunjungi masyarakat hingga wisatawan saat bulan ramadhan. Di sepanjang jalan Titik Nol Kilometer Jogja terdapat pedagang yang menjual jajanan untuk berbuka puasa.

4. Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit di Jogja. Tempat ini dijadikan tempat ngabuburit anak-anak muda sambilmenunggu waktu berbuka puasa. Disini kamu juga bisa menyewa sepeda atau naik odong-odong , serta kamu bisa mencoba tradisi masangin yaitu masuk di antara dua beringin kembar dengan cara mata tertutup dengan kain.

Di sepanjang jalan yang mengelilingi alun-alun terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Jogja. Tempat ini dekat dengan Masjid Gede Kauman, sehingga kamu dapat melakukan ibadah di masjid tersebut.

BACA JUGA : Tempat Ngabuburit Ramadhan: Alun Alun Malang, Wisata Gratis yang Menawan, Cek Ulasan Berikut

5. Kawasan Lembah UGM

Kawasan Lembah UGM tentu menjadi ramai dikunjungi saat bulan ramadhan sebagai tempat ngabuburit di Jogja. Saat sore hari di bulan Ramadhan kawasan ini dipenuhi pedagang yang menjual berbagai jajanan serta makanan takjil atau menu berbuka puasa.

Lokasinya strategis, dekat dengan masjid sehingga memudahkan kamu untuk melakukan ibadah salat.

6. Pantai Parangtritis

Pantai ini terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Untuk menuju tempat ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota. Di tempat ini, kamu  bisa menyewa ATV atau menaiki delman yang akan berjalan di sepanjang pinggir pantai. Kamu juga bisa melihat pemandangan senja sambil menunggu waktu berbuka puasa.

7. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Di kawasan ini, kamu dapat menunggu waktu berbuka puasa sekaligus berburu menu takjil. Ada beberapa pilihan makanan mulai dari makanan ringan, makanan berat, dan minuman. Kampung Ramadhan Jogokaryan selalu diramai pengunjung khususnya saat jam menuju waktu berbuka puasa. Terdapat berbagai pakaian muslim dan keperluan ibadah yang ditawarkan. Kamu juga dapat mampir ke Masjid Jogokaryan untuk berwisata religi.

8. Obelix Hills

Obelix Hills ini terletak di Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata dengan panorama alam mengagumkan dapat dijadikan pilihan tempat ngabuburit di Jogja. Lokaisnya di dataran tinggi, udaranya terasa sejuk.

BACA JUGA : Ngabuburit Naik Skuter, Jadi Tren Baru Muda-mudi di Purwokerto

Pemandangan dari atas ketinggian sangat cantik. Dan ada sekitar 30 spot foto menarik dengan berbagai jenis bentuk dan warna.

Itulah beberapa rekomendasi tempat ngabuburit paling populer di Jogja. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: