14 Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan, Sederhana Namun Penuh Makna!

14 Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan, Sederhana Namun Penuh Makna!

Seserahan Pernikahan-instagram @zana_seserahan-

DISWAY JOGJA - Pernikahan merupakan momen penuh makna dalam kehidupan setiap individu. Salah satu tradisi ketika menjelang pernikahan adalah seserahan. Seserahan ini diberikan oleh calon pengantin laki-laki kepada calon pengantin perempuan sehari sebelum akad nikah.

Seserahan pernikahan merupakan simbol kesanggupan pengantin laki-laki untuk mencukupi kehidupan pengantin perempuan yang akan dinikahinya. Isi seserahan pernikahan, sederhana namun penuh makna.

Barang-barang yang dibawa memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon pengantin di masa depan. Calon pengantin perempuan dapat memilih langsung barang-barang yang ingin dibawa saat pernikahan, hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan pengantin perempuan setelah menikah.

Berikut 14 rekomendasi isi seserahan pernikahan, sederhana namun penuh makna :

1. Perlengkapan Ibadah

Seserahan ini berisi Al-Quran, tasbih, mukena, dan sajadah. Bermakna untuk kedua pengantin agar selalu memegang teguh ajaran agama. Serta pengantin laki-laki akan menjadi imam yang menuntun istrinya untuk selalu taat beribadah dan patuh pada ajaran agama, imam yang selalu mengingatkan ketika waktu beribadah tiba, dan imam yang menjadi penuntun mempelai wanita ke jalan yang benar.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Jawa, Simpel Penuh Makna!

2. Set Perhiasan

Set perhiasan biasanya berupa kalung, anting-anting, gelang, atau cincin. Seserahan ini bermakna agar pengantin perempuan tampak bersinar, bercahaya, dan bersih seperti perhiasan yang digunakan.

3. Setelan pakaian

Setelan pakaian bisa berupa pakaian kerja, dress, pakaian yang menjadi kebanggaan atau kesukaan dari calon pengantin perempuan, dan lain-lain. Seserahan ini bermakna agar rahasia rumah tangga atau perkawinan dapat tersimpan dengan baik.

4. Peralatan Mandi dan Perawatan Tubuh

Peralatan mandi biasanya terdiri dari sabun mandi, sikat dan pasta gigi, tisu, kapas, cotton bud, sabun pembersih wajah, sampai body lotion dan juga handuk. Perawatan tubuh biasanya perawatan khusus badan dan rambut, misalnya seperti lulur, hand and body cream, butter cream, lip therapy, minyak zaitun, hair vitamin dan lain-lain. Seserahan ini bermakna pengantin perempuan harus tetap menjaga dan merawat diri, serta agar selalu tampil cantik di depan suaminya.

5. Makeup dan Skincare

Makeup yang digunakan biasanya seperti pensil alis, eyeliner, eyeshadow, mascara, foundation, concealer, shading, highlighter, bronzer, blush on, lip tint, lip cream, lip matte, lip liner, face spray, brush make-up dan lain-lain. Skincare merupakan perawatan wajah yang terdiri dari sabun muka, toner, serum, pelembab, sunscreen , dan lain-lain. Skincare dan makeup memiliki makna agar perempuan dapat menjaga penampilan dan selalu tampil cantik di depan suaminya.

6. Alas Kaki dan Tas

Alas kaki yang dimaksud yaitu sandal ataupun sepatu. Keduanya diartikan sebagai pasangan yang siap menapaki jalan kehidupan rumah tangga dengan selalu berjalan bersama untuk saling melengkapi satu sama lain. Sedangkan Tas merupakan simbol dari calon suami yang mampu menafkahi segala keperluan istrinya.

7. Buah-Buahan

Buah-buahan yang digunakan biasanya seperti buah jeruk, pisang, apel, anggur, dan kiwi. Buah-buahan ini bermakna harapan pada kedua calon pengantin akan menghasilkan berkah berlimpah bagi orang-orang di sekitarnya.

BACA JUGA : 10 Seserahan Pernikahan Adat Sunda, Simpel Namun Berkesan! Cek Selengkapnya Ulasan Berikut

8. Kue Tradisional

Kue tradisional ini harus memiliki tekstur yang basah dan lengket. Contohnya seperti kue lapis, lemper, atau lemper. Tekstur kue yang lengket memiliki makna bahwa kedua pasangan harus selalu lengket dan bersama setiap saat sampai hari tua. Selain itu, kue tradisional juga melambangkan silaturahmi antara kedua keluarga calon pengantin agar selalu terjalin dengan baik.

9. Daun Sirih Ayu

Seserahan ini menjadi simbol keselamatan dan kesejahteraan untuk rumah tangga yang baru dibangun, sampai di kehidupan kemudian hari.

10. Bunga segar

Bunga yang diberikan biasanya adalah bunga melati atau bunga kenanga yang masih segar, dan harus dalam jumlah yang ganjil. Bunga memiliki makna agar pernikahan harum seperti aroma bunga, harmonis dan damai, saling memahami, dan kompak untuk menyelesaikan masalah satu sama lain.

11. Pisang Raja

Pisang jenis raja melambangkan kebesaran dan harapan yang baik sehingga tidak bisa digantikan dengan jenis pisang lainnya. Pisang raja ini biasanya dihias dengan kertas emas agar terlihat mewah dan menarik.

12. Bed Cover

Bed cover dipilih sebagai penjunjang kenyamanan tidur pasangan yang baru saja menikah. Bed cover dipilih berdasarkan kecantikan dan tingkatan kenyaamanannya. Cara mengemasnya dapat disesuaikan dengan keinginan atau tema pernikahan.

13. Pakaian dalam dan baju tidur

Pakaian dalam isinya berupa satu set pakaian dalam, dan untuk baju tidur seperti piyama klasik, daster, piyama kimono, atau lingerie.

14. Uang

Untuk jumlah uangnya tergantung kebutuhan pengantin. Biasanya jumlah uang ditentukan berdasarkan hasil rundingan kedua calon pengantin. Uang melambangkan kestabilan ekonomi dan persatuan dalam hubungan pernikahan.

Itulah rekomendasi isi seserahan pernikahan, sederhana namun penuh makna. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang hendak menikah. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: