Menjelajahi Desa Butuh Magelang! Wisata Terbaru 2024, Nepal Van Java Menarik untuk Dijelajahi

Menjelajahi Desa Butuh Magelang! Wisata Terbaru 2024, Nepal Van Java Menarik untuk Dijelajahi

Nepal Pan Java, Wisata terbaru 2024 di Magelang--Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

JOGJA DISWAY - Pernahkah kamu mendengar tentang wisata Nepal Van Java di Magelang? Destinasi wisata terbaru 2024 ini mendapat sorotan besar karena kemiripannya dengan suasana di Nepal. Letaknya berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di lereng Gunung Sumbing.

Wisata terbaru 2024 ini dikenal sebagai "Nepal Van Java" karena tata letak rumah penduduk di Dusun Butuh menyerupai yang ada di Nepal, dengan bangunan-bangunan yang bertumpuk. Berlokasi di ketinggian sekitar 1.600 mdpl, Dusun Butuh adalah dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Tak herannya, Dusun Butuh menampilkan pemandangan yang memukau dengan udara yang segar.

BACA JUGA : Heha Forest, Wisa Terbaru 2024 Yogyakarta Suguhkan Keindahan Spot Instagramable! Dijamin Bikin Betah & Nyaman

Harga Tiket Masuk Nepal Van Java Magelang

Bagi yang berencana mengunjungi Desa Butuh, penting untuk mengetahui harga tiket masuk Nepal Van Java Magelang terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena harga tiket masuk Nepal Van Java sangat terjangkau.

Berikut adalah detail harga tiket masuk Nepal Van Java Magelang:

- Tiket masuk Nepal Van Java Magelang: Dimulai dari Rp8.000

- Biaya arker sepeda motor: Dimulai dari Rp3.000

- Biaya arker mobil: Dimulai dari Rp10.000

- Tarif ojek wisata: Dimulai dari Rp10.000 (harga disesuaikan dengan tujuan).

Lokasi & Cara Menuju Nepal Van Java Magelang

Wisata terbaru 2024 Nepal Van Java terletak di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda ke Kota Magelang yang berjarak sekitar 50 km ke arah utara.

BACA JUGA : Viral di Tiktok? Ini Dia Obelix Hills, Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Waktu perjalanan diperkirakan sekitar 45 menit. Setelah tiba di Kota Magelang, lanjutkan perjalanan menuju Pasar Kaliangkrik dengan jarak sekitar 12 kilometer. Selanjutnya, tempuh perjalanan sekitar 6 kilometer lagi menuju Dusun Butuh.

Daya Tarik Nepal Van Java

1. Menikmati Panorama Lautan Awan

Jika kamu ingin mengalami sensasi seperti berada di negeri di atas awan, disarankan untuk datang sebelum matahari terbit, sekitar waktu subuh. Pada saat tersebut, kamu akan terpesona oleh panorama luar biasa dari lautan awan di atas area perkebunan dan sawah yang dimiliki oleh penduduk setempat.

Ketika matahari mulai terbit, pemandangan akan menjadi magis dengan langit yang memancarkan warna kekuningan yang memukau.

2. Melihat Pemandangan Rumah Warna-Warni

Pada awalnya, Dusun Butuh berfungsi sebagai jalur pendakian menuju Gunung Sumbing. Namun, pada tahun 2019, penduduk lokal memutuskan untuk mengubah tampilan dinding rumah mereka yang bertumpuk dengan melukisnya menggunakan cat warna-warni.

Ditambah lagi, keberadaan area perkebunan yang hijau di sekitar rumah-rumah penduduk menambah keindahan panorama di daerah tersebut.

Perubahan ini menarik perhatian banyak orang, sehingga banyak wisatawan yang membanjiri Desa Butuh. Ketika melakukan perjalanan menuju Dusun Butuh, kamu akan disambut oleh lautan rumah yang dihiasi dengan warna-warni, menyerupai pemandangan di Nepal!

BACA JUGA : Wow! Wisata Terbaru 2024 Atlantis Land Surabaya, Bermain Seru di Hari Libur, Simak Ulasan Lengkapnya Disini!

3.  Berfoto di Spot Foto Unik

Terdapat beberapa lokasi foto di Wisata terbaaru 2024 Nepal Van Java Magelang yang akan membuat tampilan feed Instagram kamu semakin menarik. Mulai dari Teras Nepal, Teras Masjid Baituttaqwa, Gardu Pandang Lembah Nepal, Gardu Pandang Punthuk Nepal, Patung Naga, hingga Taman Depok.

Semuanya menawarkan pemandangan indah dengan latar belakang Gunung Sumbing yang megah. Untuk berfoto di spot-spot ini, pengunjung harus membayar tambahan tiket masuk mulai dari Rp2.000 hingga Rp4.000.

4. Menyantap Kuliner

Setelah menjelajahi Nepal Van Java, kamu dapat bersantai sambil menikmati kuliner lezat di warung-warung yang dimiliki oleh penduduk setempat. Salah satu keunikan adalah bahwa warung-warung ini menawarkan beragam pemandangan Gunung Sumbing yang berbeda-beda.

Di sini, kamu dapat menikmati makanan dan jajanan khas seperti tempe mendoan dan opak. Jangan lupa untuk membeli hasil pertanian lokal seperti cabai gendut, bawang putih, dan bawang lanang yang merupakan ciri khas Desa Butuh.

BACA JUGA : Negeri Seribu Air Terjun? Wisata Terbaru 2024 Di Karanganyar, Wajib Kamu Kunjungi Cek Simak Ulasan Lengkapnya!

Itulah beberapa informasi mengenai Wisata terbaru 2024 Nepal Van Java yang berada di Magelang. Tertarik untuk mengunjungi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: