Cara Mudah Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis, Simak Cara Membuatnya!

Cara Mudah Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis, Simak Cara Membuatnya!

Cara Memutihkan Kulit dengan Jeruk Nipis--

DISWAY JOGJA- Memutihkan wajah dengan menggunakan jeruk nipis dapat menjadi alternatif yang bisa dilakukan. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Pada umumnya, memutihkan wajah dengan jeruk nipis melibatkan penggunaan jus atau air jeruk nipis, yang diterapkan langsung pada kulit wajah, atau digunakan sebagai masker.

Namun, perlu diingat bahwa dalam memutihkan wajah dengan jeruk nipis harus dilakukan dengan hati-hati, karena jeruk nipis dapat menyebabkan iritasi pada kulit, jika digunakan secara berlebihan atau tidak cocok dengan jenis kulit tertentu.

Artikel ini akan membahas terkait cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan cara membuatnya. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : Simak 7 Rekomendasi Skincare Lokal Membuat Kulit Wajah Sehat dan Glowing, Premium dari Wardah

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan kulit dengan jeruk nipis.

1. Campurkan jeruk nipis dengan madu

Cara pertama kamu bisa mencampurkan jeruk nipis kedalam madu. Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, yang dapat membantu meredakan jerawat dan menghilangkan noda pada wajah.

Selain itu, madu juga dapat melembabkan kulit wajah dan membuatnya lebih cerah. Untuk membuat masker wajah dari jeruk nipis dan madu, campurkan satu sendok teh jus jeruk nipis dengan satu sendok teh madu.

Aplikasikan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit, sebelum membilasnya dengan air dingin. Madu dapat membantu melembabkan kulit dan membuatnya lebih cerah, sementara asam sitrat dari jeruk nipis membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Gunakan jeruk nipis sebagai toner

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai toner. Toner ini akan membantu mengurangi noda dan memberikan kulit wajahmu kecerahan yang lebih baik.

Setelah membersihkan wajah, oleskan jus jeruk nipis segar ke wajah dengan kapas. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Namun, perlu diingat bahwa jeruk nipis memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kulitmu teriritasi.

Sebaiknya kamu hindari penggunaan jeruk nipis setiap hari, dan jangan biarkan jus jeruk nipis terlalu lama pada kulit wajah. Jika kamu mengalami iritasi kulit atau ruam setelah menggunakan jeruk nipis, hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter kulit.

BACA JUGA : Rahasia Cantik Kulit Terungkap! 12 Manfaat Lulur Kopi Ampuh Mencerahkan Kulit dan Cara Membuatnya

3. Buat masker wajah dengan jeruk nipis dan susu

Susu adalah bahan alami yang kaya akan nutrisi, dan dapat membantu melembabkan kulit wajah. Ketika digabungkan dengan jeruk nipis, masker wajah ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan memutihkan wajah.

Untuk membuat masker wajah dari jeruk nipis dan susu cukup mudah, campurkan dua sendok makan jus jeruk nipis segar dengan dua sendok makan susu. Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

4. Buat scrub wajah dengan jeruk nipis dan gula

Jeruk nipis yang dicampuri gula dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari wajahmu. Hal ini karena gula memiliki sifat eksfoliasi alami Ketika digabungkan dengan jeruk nipis.

Scrub wajah ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan memutihkan wajah.Untuk membuat scrub wajah dari jeruk nipis dan gula, campurkan satu sendok makan gula pasir dengan satu sendok makan jus jeruk nipis segar.

Aplikasikan scrub ini pada wajahmu dengan gerakan melingkar selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Scrub wajah ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah.

5. Sebagai bahan tambahan dalam masker wajah

Jus jeruk nipis juga bisa menjadi bahan tambahan ke dalam masker wajah Anda. Untuk memberikan efek memutihkan wajah. Contohnya, Anda bisa menambahkan satu sendok makan jus jeruk nipis ke dalam masker wajah berbahan dasar yoghurt atau oatmeal. Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama beberapa menit, sebelum membilasnya dengan air dingin.

6. Perhatikan penggunaannya

Meskipun jeruk nipis dapat membantu memutihkan wajah, kamu perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga penggunaannya terlalu sering atau terlalu lama dapat menyebabkan iritasi kulit.

Pastikan untuk melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakan jeruk nipis pada wajahmu. Tes patch dilakukan dengan mengoleskan sedikit jus jeruk nipis pada kulit di area yang tidak terlihat, seperti belakang telinga atau bagian dalam pergelangan tangan, dan menunggu selama beberapa jam untuk melihat apakah kulitmu bereaksi dengan baik.

BACA JUGA : Rahasia Cantik Kulit Terungkap! 12 Manfaat Lulur Kopi Ampuh Mencerahkan Kulit dan Cara Membuatnya

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan wajah yaitu:

1. Mencerahkan warna kulit lebih alami

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mempercepat pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen ini membantu kulit untuk menjadi lebih kencang dan cerah.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, yaitu sekitar 29 mg per 100 gram jeruk nipis. Vitamin C berperan penting dalam memutihkan wajah, karena dapat mencerahkan warna kulit secara alami.

2. Menghilangkan noda dan bintik hitam pada kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat membantu menghilangkan noda dan bintik hitam pada kulit. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki sifat antiseptik yang berguna dalam membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran.

3. Dapat mengecilkan pori-pori kulit

Sifat astringent dalam jeruk nipis, dapat membnatu mengecilkan pori-pori kulit Anda. Pori-pori yang kecil, akan membuat produksi minyak pada kulit berkurang. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Selain itu, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis juga dapat membantu membersihkan kulit dari sel-sel mati yang menyumbat pori-pori.

4. Membantu melembapkan kulit wajah

Jeruk nipis dapat membantu melembabkan kulit wajah. Pasalnya, terdapat kandungan air di dalam jeruk nipis. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit wajah. Hal ini sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap lembut dan halus.

5. Membersihkan kulit wajah dari bakteri dan kotoran

Jeruk nipis dapat membantu membersihkan kulit wajah dari bakteri dan kotoran, sehingga membuat kulit terlihat lebih bersih dan segar. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan meningkatkan tekstur kulit wajah.

Itulah beberapa cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis. Lakukan di rumah untuk mendapatkan hasil wajah yang putih sehat dan alami. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Handbody Pemutih Kulit Tercepat, Dapatkan Kulit Cerah Berkilau dalam Sekejap!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: