Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi: Dari Walisongo, Ternyata 5 Ada di Jawa Timur!

Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi: Dari Walisongo, Ternyata 5 Ada di Jawa Timur!

Para Peziarah Wisata Religi--Kemenparekraf

DISWAY JOGJA - Walisongo merupakan tokoh penyebar agama Islam yang memiliki jasa perjuangan besar akan suksesnya dakwah Islam. Sehingga, wajar jika jejak syiar Islam menjadi wisata terbaru 2024 religi bagi umat muslim di Indonesia.

Diantaranya adalah Pulau Jawa yang banyak menjadi singgahan para Walisongo untuk menyebarkan misinya, terutama Jawa Timur. Daerah yang terkenal akan keilmuan agamanya, menjadi wisata terbaru 2024 religi yang tidak terlepas dari jasa perjuangan para mubaligh pendahulu.

Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus sepatutnya untuk selalu mengenang dan mencontoh perjuangan beliau para pendahulu dalam mengemban amanat dakwah Islam. Khususnya, dengan selalu mengirimkan doa dan berziarah ke wisata terbaru 2024 religi.

BACA JUGA : Pesona Ekowisata? Mengeksplore Warisan Alam Wisata Terbaru 2024, Penangkaran Hewan Langka di Nusantara!

Berikut wisata terbaru 2024 religi Walisongo yang wajib sobat kunjungi saat berwisata ke Jawa Timur :

1. Sunan Ampel

Sunan Ampel memiliki nama asli Raden Rahmat. Beliau mempunyai kiprah yang peting dalam perjuangan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Merupakan salah satu seorang wali Allah diantara Walisongo yang lain. Tokoh yang berasal dari negeri Champa ini memiliki jasa yang begitu besar dalam proses perkembangan Islam.

Cara dakwah Sunan Ampel atau Raden Rahmat meniru Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan mengirim beberapa utusan – utusan untuk menyebarkan agama Islam ke berbagai daerah. Murid – muridnya yang telah mumpuni dalam bidang agama Islam diperintahkan untuk berdakwah.

Selain itu, Sunan Ampel juga mendirikan sebuah lembaga pendidikan Pondok Pesantren Ampel Denta, yang mana tempat ini juga digunakan sebagai tempat dakwah Sunan Ampel, dianatara murid beliau adalah Sunan Giri, Sunan Bonang, Raden Fatah, dan Sunan Drajat.

Petilasan makam beliau ada di Kota Surabaya, tepatnya di sebelah barat Masjid Ampel di Jalan Ampel. Wisata religi makam Sunan Ampel selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah.

BACA JUGA : Pesona Ekowisata? Mengeksplore Warisan Alam Wisata Terbaru 2024, Penangkaran Hewan Langka di Nusantara!

2. Sunan Gresik

Sunan Gresik memiliki nama asli Maulana Malik Ibrahim, selain itu beliau juga memilki nama seperti Maulana Maghribi, Seh Maghribi, dan beberapa sebutan nama yang lain.

Sunan Gresik merupakan salah satu wali dari Walisongo, beliau merupakan peyebar Islam awal, beliau juga memiliki derajat yang tinggi.

Diantara metode dakwah yang beliau lakukan ialah dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan pondok pesantren, konon beliau juga mendapat sebutan Bapak Pesantren di Jawa.

Selain itu Sunan Gresik juga mendirikan sebuah masjid di Desa Leren, yang beliau gunakan juga sebagai perantara untuk menyebarkan agama Islam.

Beliau juga menyalurkan ilmu bercocok tanam di kalangan masyarakat. Hal ini yang membuat dakwah beliau bisa dengan mudah diterima oleh warga setempat.

Sunan Gresik dimakamkan di Jalan Malik Ibrahim tepatnya berada di Desa Gapurosukolilo, Gresik, Jawa Timur. Makam Sunan Gresik menjadi salah satu tujuan para peziarah ketika berwisata religi ke Jawa Timur.

3. Sunan Giri

Sunan Giri memiliki nama asli Raden Paku. Beliau sendiri merupakan anak dari Maulana Ishak. Raden Paku memiliki jasa yang besar dalam suksesnya penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Sunan Giri sendiri termasuk salah satu murid dari Sunan Ampel, beliau sempat belajar di Pesantren Ampel Denta, yang dimiliki oleh Sunan Ampel.

Makam Sunan Giri di Jalan Sunan Giri Gresik Kecamatan Kebomas, yang berada di ketinggian sekitar 120 meter di atas permukaan laut, Kawasan makam Sunan Giri dikelilingi tembok dengan hiasan ukiran yang cantik. Makam Sunan Giri selalu masuk daftar list para peziarah dari berbagai daerah sebagai wisata religi.

BACA JUGA : Dahsyat! Begini 5 Manfaat Vitamin C Pada Skincare Yang Dapat Mencerahkan? Buktikan Hasilnya, Dalam Ulasan Ini!

4. Sunan Bonang

Sunan Bonang memiliki nama asli Syekh Maulana Makdum Ibrahim, beliau sendiri merupakan putra dari Sunan Ampel. Beliau memiliki jasa yang besar dalam proses dakwah Islam.

Diantara metode dakwah yang Sunan Bonang gunakan ialah membuat gending-gending yang mengandung nilai-nilai keislaman. Bait – bait yang beliau ciptakan dibarengi dengan dua kalimat syahadat.

Dakwah ini dengan mudah bisa membuat masyarakat mengikuti ajaran Islam, karena di lain sisi sangat cocok dengan corak budaya masyarakat Jawa.

Makam beliau berada di Jalan KH. Mustain Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban. Saat berada di dalam area makam, akan kelihatan 3 gapura bergaya Hindu-Budha.

5. Sunan Drajat

Sunan Drajat sendiri memiliki nama Raden Qasim. Beliau menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, diantaranya di Desa Banjaranyar, Paciran.

Sunan Drajat juga mendatangi pesisir Lamongan tepatnya di Desa Jelak, dengan keadaan masyarakat yang masih menganut agama Hindhu-Budha.

Di desa tersebut beliau berdakwah dengan mendirikan Mushola sebagai tempat beribadah dan juga tempat mengajar.

Lokasi makam beliau berada di wisata terbaru 2024 Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Hal unik berada di dekat Kawasan kompleks makam. Yaitu adanya Museum Sunan Drajat dengan berisi gamelan kuno milik beliau dan juga beberapa alat musik tradisional. 

Demikian ulasan tentang wisata terbaru 2024 religi yang bisa menjadi referensi anda untuk berziarah. Semoga, dengan semangat dan spirit beribadah semakin menguatkan iman dan taqwa kepada ALLAH SWT dalam melaksanakan setiap perintahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: