7 Tips Dan Trik Menjaga Kulit Putih Agar Tetap Glowing, Buka Ini dan Buktikan Sendiri!

7 Tips Dan Trik Menjaga Kulit Putih Agar Tetap Glowing, Buka Ini dan Buktikan Sendiri!

Merawat Kecantiakan Wajah--Hallo Doc

DISWAY JOGJA - Kulit merupakan organ tubuh paling luar yang sangat mudah terapapar dengan kotoran dan bakteri. Jika kita mengabaikan kesehatan kulit, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar kulit bisa selalu sehat dan terawat?, berikut tips dan trik menjaga kesehatan kulit agar tetap glowing:

1. Lindungi Kulit dari Sinar UV

Sangat penting bagi kita menjaga kesehatan kulit dengan cara merawat dan melindunginya dari paparan sinar matahari secara langsung, terutama ketika matahari begitu teriknya bersinar, sekitar jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Jika sobat harus beraktivitas pada jam-jam tersebut, sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa tips-tips di bawah ini:

-        Berlindung di bawah tempat yang teduh ketika beraktivitas di luar

-        Mengenakan pakaian pelindung, misalnya baju berlengan panjang, topi, atau mengenakan celana panjang.

BACA JUGA : Cantik Alami dengan Lemon! Inilah 5 Resep Perawatan, Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Sehat yang Mudah

2. Jangan Salah Cuci Muka

Kegiatan mencuci muka sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah, fungsinya untuk menghilangkan bakteri yang hinggap di kulit muka. Jika sobat membersihkan wajah dengan menggunakan sabun, pastikan sabun yang sobat gunakan sesuai dengan jenis kulitnya.

Semisal menggunakan sabun muka gel untuk kulit wajah berminyak, sabun losion untuk kulit kombinasi, dan lain sebagainya.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh yang cukup besar pada kesehatan kulit. Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, dengan makanan yang mengandung antioksidan disertai dengan vitamin yang baik untuk kulit.

Berikut beberapa makanan yang patut sobat konsumsi:

-        Sayuran dan buah-buahan seperti wortel dan tomat

-        Susu rendah lemak

-        Buah beri

-        Kacang-kacangan dan lentil

-        Ikan berlemak, misal salmon dan ikan kembung

-        Sayuran berdaun hijau, misal bayam, brokoli dan lain-lain.

BACA JUGA : 4 Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit? Tidak Perlu Menunggu Lama, Ini Rahasianya! Cek Ulasan Lengkap Disini

4. Mengelola Stres

Beberapa hormon akan muncul ketika kondisi tubuh stres melanda, hormon kortisol namanya. Hal ini yang dapat menyebabkan meningkatnya produksi minyak alami pada kulit.

Dengan adanya minyak yang berlebih, akan menyebabkan pori-pori menutup kulit dan menjebak bakteri peyebab jerawat ada di dalamnya.

Hal yang bisa sobat lakukan ialah dengan meluangkan waktu untuk hal yang menurutmu asyik, istirahat sejenak, dan jika perlu berkonsultasi dengan para psikolog.

5. Tidur Yang Cukup

Diantara tips dan trik yang dapat sobat lakukan adalah tidur yang cukup. Tidur merupakan suatu yang baik jika dilakukan secara teratur atau sesuai polanya. Karena hal ini bisa memperbarui sel-sel yang telah rusak.

Selain itu, tidur yang cukup juga dapat mencegah adanya  kantong mata, dan juga mencegah nampaknya kulit yang lelah dan kusam.

BACA JUGA : 9 Rekomendasi Facial Wash Untuk Memutihkan Kulit Wajah Bak Artis Korea? Simak Ulasan Lengkapnya Disini!

6. Hindari Alkohol

Perawatan kulit sobat akan meningkat jika sobat tidak mengkonsumsi alkohol. Jika sobat mengkonsumsinya, maka akan membuat produksi kolagen berkurang.

Jika itu terjadi, proses perbaikan kulit akan terhambat dan menyebabkan kerutan akan muncul lebih cepat.

Selain itu, alkohol juga dapat menambah pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan kulit tampak kemerahan dan menyebabkan pembengkakan, terutama pada bagian mata.

7. Tidak Merokok

Tips trik menjaga kulit selanjutnya ialah dengan tidak merokok. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil dilapisan terluar kulit. Hal ini menyebabkan aliran darah akan menurun dan akan membuat kulit tampak kusam serta pucat.

Merokok juga dapat merusak kolagen, yang mana hal ini menyebabkan kerutan pada kulit dan kulit akan kelihatan cepat tua.

Nah itulah sobat beberapa tips dan trik yang dirangkum dari Hello Sehat Kemenkes. Selain itu masih banyak cara yang bisa sobat lakukan agar kulit menjadi sehat dan terawat, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: