Cara Memutihkan Wajah Secara Alami? Gampang Banget Dong, Bisa Dicoba Sendiri di Rumah!

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami? Gampang Banget Dong,  Bisa Dicoba Sendiri di Rumah!

Wajah Cantik Alami--Astronaut.id

DISWAY JOGJA - Penggunaan masker alami sampai saat ini masih dipakai oleh sebagian besar orang. Hal ini lantaran bahan alami sangan minim resiko untuk memutihkan kulit wajah jika ada ketidak cocokan.

Hal positif akan sobat rasakan jika bisa rutin menggunakan masker alami. Diantaranya adalah mampu mencerahkan kulit, membuat kulit bersih, bersinar, dan tentunya menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA : 7 Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras Hingga Susu Cair: Cuma Butuh Waktu Semalam? Simak Rahasianya!

Berikut beberapa masker wajah alami yang bisa sobat gunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit :

1.  Kunyit

Di dalam kunyit terdapat kandungan zat antioksidan dan anti peradangan yang memiliki fungsi untuk mencerahkan dan menjadikan kulit menjadi lebih glowing. Dari penelitian, manfaat kunyit bisa mencerahkan wajah karena di dalamnya terkandung curcumin yang bisa menghambat pembentukan melanin.

Selain itu, kunyit juga teruji bisa menyamarkan garis-garis halus dan keriput pada kulit yang nampak pada wajah dengan tanda penuaan dini.

Sobat tak perlu bingung bagaimana dengan cara membuat masker alami dari kunyit. Caranya dengan kunyit diparut lalu dicampurkan dengan yoghurt atau madu. Setelah itu, oleskan kunyit pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug Terbaik Cirebon Dan Sekitarnya? Simak Alamat dan HTMnya Lengkap Disini

2. Bengkuang

Buah yang satu ini telah lama digunakan sebagai masker alami dan juga sebagai bahan dasar kosmetik. Lebih utama pada produk pencerah kulit.

Hal ini karena bengkuang mengandung antioksidan dan pencerah kulit seperti isoflavone di dalamnya. Sangat gampang membuat masker alami dari buah satu ini, sobat hanya perlu mencampurkan bubuk bengkuang dengan air madu, kemudian dioleskan pada wajah secara merata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih.

3. Daun Sirih

Masker alami yang bisa sobat gunakan adalah daun sirih. Dari penelitian mengungkapkan bahwasanya daun sirih bisa memutihkan kulit dan merontokkan noda hitam pada wajah, misalnya flex, melasma, dan solar lentigo.

Selain itu, daun sirih juga mengandung hydroxychavicol, suatu komponen unik yang ada pada daun sirih. Kandungan ini dapat bekerja menghambat pembentukan melanin dan menjadikan kulit akan lebih terasa kenyal.

BACA JUGA : Resep Jitu Memutihkan Kulit Dari Dalam? 10 Rekomendasi Buah-buahan, Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan Kulitmu

Cara membuat masker daun sirih cukup mudah, yaitu dengan  menumbuk halus daunnya, lalu dicampurkan dengan sedikit air sampai membentuk pasta.

Cara lain juga bisa sobat lakukan, yaitu dengan menyangrai daun sirih sampai kering. Lalu sobat tumbuk daun sirih sampai menjadi serbuk dan campurkan dengan bahan alami lainnya, seperti madu.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah familiar biasa terdengar di kalangan masyarakat mampu menjadikan kulit wajah cantik. Tapi ada hal yang belum juga banyak orang tau mengenai manfaat lidah buaya sebagai masker yang dapat memutihkan wajah.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan senyawa aloin dan aloesin yang dapat menghancurkan dan mencegah pembentukan melanin.

Berikut cara membuat masker wajah dari lidah buaya:

-        Siapkan dan cuci lidah buaya sampai bersih

-        Lalu kupas dan ambil dagingnya yang berwarna bening

-        Oleskan daging lidah buaya pada wajah secara merata

-        Diamkan beberapa menit sampai meresap ke dalam kulit

-        Terakhir bilaslah dengan air bersih

5. Stroberi

Bahan masker alami selanjutnya adalah stroberi. Buah yang memiliki bentuk cantik ini banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Dan efektif untuk memutihkan kulit.

Cara membuat masker ini cukup mudah, sobat hanya perlu menghaluskan sekitar lima buah stroberi, lalu dicampurkan dengan yoghurt  atau juga bisa madu.

BACA JUGA : Selain Dodol Susu, ini 11+ Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Boyolali paling populer? Terenak dan bikin nagih!

Jika sobat ingin mendapatkan efek segar pada kulit, sobat bisa menggunakan stroberi yang sebelumnya disimpan di dalam kulkas.

Itulah beberapa rekomendasi buah-buahan yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit yang dirangkum dari Alo Dokter Kemenkes. Selain itu, masih banyak tips dan trik yang bisa sobat gunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: