Peringati HPSN, Emak-emak Warga Penusupan Tegal Dilatih Daur Ulang Sampah

Peringati HPSN, Emak-emak Warga Penusupan Tegal Dilatih Daur Ulang Sampah

BERPOSE – Ibu-ibu warga Penusupan foto Bersama usai mengaikuti pelatihan daur ulang sampah di lokasi hijau Bumdes Pandawa Resto Karangcengis, Desa Penusupan Kamis, 22 Februari 2024.-DOK.-

TEGAL, DISWAYJOGJA – Puluhan ibu-ibu warga Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal mengikuti pelatihan daur ulang sampah menjadi bahan bernilai ekonomis. Kegiatan dalam rangka peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 diinisiasi oleh Alfamart.

Kegiatan yang ditempatkan di lokasi hijau Bumdes Pandawa Resto Karangcengis, Desa Penusupan, Kamis, 22 Februari 2024 itu juga diadakan lomba kerajinan tangan dari bahan bekas.

Tampak para peserta sangat antusias. Beberapa materi diajarkan, antara lain mengubah sampah jadi kompos, membuat tas dari bekas tutup botol dan membuat kerajinan lain.

BACA JUGA:Pemkab Brebes Rencanakan Penagihan Sampah Lewat PDAM, Tertuang di Perbup

”Kami sebagai ibu-ibu yang tiap hari mengurus logistik rumah tangga. Ikut pelatihan ini jadi ngerti barang mana yang masih bisa didaur ulang atau bagaimana cara bijak olah sampah,” kata salah satu peserta pelatihan, Antiningsih.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi dan Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya tbk (Alfamart) Cabang Tegal Andy Prastijono SE.

Muchtar Mawardi menyampaikan apresiasi atas inisiatif Alfamart mengadakan kegiatan pelatihan daur ulang sampah menjadi bahan bernilai ekonomis di peringatan HPSN 2024. Menurut dia, melalui lokakarya dan demonstrasi interaktif, para peserta mempelajari teknik-teknik inovatif untuk mendaur ulang berbagai jenis sampah. Dengan demikian, mengurangi dampak lingkungan dan menumbuhkan pola pikir ekonomi sirkular.

BACA JUGA:Keberadaan TPST Tamanmartani Dorong Bupati Sleman Optimalkan Pengelolaan Sampah

”Tindakan ini tidak hanya memfasilitasi pengelolaan sampah yang lebih baik di lingkungan sekitar, tetapi komitmen nyata dari Alfamart dalam Program CSR-nya mendukung kebersihan dan kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Dia berharap, inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain untuk turut serta dalam upaya perlindungan lingkungan hidup. “Mari kita terus berkolaborasi dan bekerja sama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan untuk generasi yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Andy Prastijono SE menyatakan, kegiatan yang digagas Alfamart ini adalah bentuk CSR Alfamart di bidang lingkungan. ”Sejalan juga dengan Tema HPSN 2024 Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif, tentu tepat untuk berikan pelatihan ini bagi para peserta dengan harapan bisa dilakukan kembali di kesehariannya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Momen Pergantian Tahun, Volume Sampah di TPA Kalijurang Brebes Meningkat 2 Kali Lipat

Dalam kesempatan itu, Alfamart juga memberikan bantuan bak atau tempat sampah bagi lingkungan. Hal itu sebagai bagian dari komitmennya untuk mendorong praktik pembuangan sampah yang benar. ”Tempat sampah ini berfungsi sebagai solusi praktis untuk mendorong pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan membantu menjaga lingkungan hidup yang bersih dan berkelanjutan,” ungkapnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: