Ternyata Kulit Wajah Gelap Bukan Masalah Besar, Ini 5 Cara Mudah Memutihkannya!

Ternyata Kulit Wajah Gelap Bukan Masalah Besar, Ini 5 Cara Mudah Memutihkannya!

Kulit hitam bukan masalah besar--freepik.com

DISWAY JOGJA-Memiliki kulit wajah yang gelap terkadang membuat tidak percaya diri saat berfoto ataupun bersosialisasi.

Padahal, kulit wajah yang gelap sebenarnya bukanlah masalah besar. Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah secara alami.

Berikut ini 7 cara mudah memutihkan kulit wajah yang hitam atau gelap:

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Penyebab utama kulit wajah menjadi gelap adalah paparan sinar UV matahari. Oleh karena itu, gunakan sunscreen atau tabir surya dengan SPF 30-50 setiap kali Anda keluar rumah.

Cara penggunaannya adalah oles sebanyak dua jari untuk masing-masing sisi tubuh, dan gunakan di tahap akhir rangkaian pemakaian skincare.

Sunscreen akan melindungi kulit dari sengatan sinar UV yang merusak dan memicu hiperpigmentasi.

Pilih sunscreen broad spectrum yang melindungi dari UVA dan UVB. Juga kenakan topi lebar serta kacamata hitam saat aktivitas di bawah sinar matahari langsung.

2. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Kekurangan asupan vitamin dan antioksidan bisa memicu kulit wajah menjadi gelap. Makan buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin C, likopen, betakaroten, polyphenols, dan lainnya.

Zat-zat ini bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas penyebab hiperpigmentasi. Beberapa makanan kaya antioksidan adalah tomat, wortel, bayam, jeruk, pepaya, dan berry.

BACA JUGA : 4 Tips Memutihkan Kulit Pada Mata Kaki yang Hitam dan Kering, Lakukan Secara Rutin Buktikan Hasilnya!

3. Lakukan Exfoliasi Secara Rutin

Penumpukan sel-sel kulit mati di wajah bisa membuat kulit terlihat kusam dan gelap. Exfoliator bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit baru yang lebih cerah bisa muncul ke permukaan.

Lakukan exfoliasi 1-2 kali seminggu menggunakan scrub wajah atau masker peeling. Bahan alami seperti gula, garam, kopi, atau beras juga bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Tanpa eksfoliasi secara teratur, pori-pori kulit dapat tersumbat. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat, beruntusan, komedo hitam, dan komedo putih 

4. Hindari Terpapar Polusi

Polusi udara diduga kuat memicu timbulnya flek hitam dan kulit wajah menjadi gelap. Hindari polusi dengan selalu memakai masker saat di luar ruangan. Membatasi aktivitas outdoor saat kadar polusi tinggi juga disarankan.

Seusai aktivitas di bawah terik matahari, sebaiknya kamu tidak buru-buru mencuci muka.

Alasan utamanya adalah udara panas dan keringat yang melekat di kulit wajah dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu masalah kulit lainnya.

Oleh karena itu, tunggulah beberapa saat hingga suhu tubuh kamu kembali normal dan pori-pori kulit wajah juga sudah kembali pada kondisi normal.

Setelah suhu tubuh stabil dan terasa nyaman, itulah waktu paling tepat untuk membilas wajah dengan air.

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Yang Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat, Nomor 5 Sangat Ampuh!

Namun, sebelum mencuci muka, disarankan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu dengan air dan sabun.

Langkah ini penting untuk mencegah perpindahan kotoran, kuman, dan partikel lain dari tangan ke wajah saat mencuci muka.

5. Perbanyak Minum Air Putih 

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa membuat kulit kusam dan gelap. Minum air putih minimal 8 gelas per hari agar kulit tetap terhidrasi.

BACA JUGA : 7 Tips Memutihkan Kulit Untuk Menghilangkan Bekas Luka Yang Menghitam, Cukup Dengan Bahan Alami

Air putih membantu membuang racun dalam tubuh dan membuat kulit wajah terlihat lebih segar.

6. Kurangi Stres

Stres yang berlebihan diduga dapat memicu penuaan dini dan hiperpigmentasi pada kulit.

Kelola stres dengan olahraga teratur, meditasi, mendengarkan musik, hingga tertawa. Cukupi kebutuhan istirahat dengan tidur 7-8 jam per hari.

7. Jauhi Rokok dan Alkohol 

Rokok dan alkohol bisa memicu radikal bebas dan inflamasi yang merusak kulit. Akibatnya, kulit wajah bisa menjadi kusam dan gelap.

Jauhi rokok serta batasi konsumsi alkohol untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan cerah. 

Nah, ternyata memutihkan kulit wajah yang gelap itu cukup mudah, bukan? Anda hanya perlu menerapkan 7 cara alami di atas secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah. Beri waktu beberapa minggu hingga hasilnya terlihat maksimal. Semangat mencoba tipsnya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: