Cakep Nih!! Wisata Terbaru 2024 Telaga Menjer yang Lagi Viral di Tiktok

Cakep Nih!! Wisata Terbaru 2024 Telaga Menjer yang Lagi Viral di Tiktok

Wisata Terbaru Telaga Menjer-disway jogja-instagram.com/pesona.indonesia

DISWAY JOGJA - Selain Telaga Warna, Wonosobo juga punya telaga sejuk nan syahdu di kaki pegunungan Dieng. Wisata terbaru 2024 Telaga Menjer namanya.

Wisata terbaru 2024 Telaga Menjer terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya tidak begitu terjal dan tak terlalu jauh dari jalan utama, jaraknya pun hanya sekitar 8 kilometer dari pusat kota.

Wonosobo tak pernah kehabisan wisata alamnya yang membius mata para wisatawan. Wisata di Wonosobo umumnya merupakan wisata terbaru 2024 bernuansa alam yang banyak terpusat di kawasan Dieng.

Telaga Menjer, merupakan tempat wisata terbaru 2024 dengan pemandangan danau dan bentang Gunung Sindoro.

Kawasan Telaga Menjer dapat menjadi wisata terbaru 2024 alternatif selain mengunjungi atau setelah mengunjungi Dieng.

BACA JUGA : Menikmati Keindahan Telaga Sunyi yang ada Di Banyumas! Dijamin Bakalan Masuk Daftar List Tempat Liburan Kalian

Ketinggian Telaga Menjer 1300 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 70 hektar dan berada pada kedalaman 50 meter.

Telaga Menjer berupa danau kawah yang berbentuk menyerupai mangkuk dan terisi oleh air dengan perbukitan sekitar yang mengelilinginya.

Bentang alam telaga ini melingkupi dua desa yaitu Desa Maron dan Desa Tlogo, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Telaga Menjer terbentuk dari letusan vulkanik di kaki gunung Pakuwaja yang terjadi bertahun-tahun yang lalu.

Selain sebagai tempat wisata, telaga ini juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air.

Ada sejumlah aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Telaga Menjer.

Terdapat floating garden yang dapat dimanfaatkan untuk selfie di tengah telaga dengan pemandangan telaga dan bentang Gunung Sindoro yang mempesona.

Bagi yang senang memancing, Telaga Menjer memiliki variasi jenis ikan.

Di Telaga Menjer ini, kalian akan disuguhkan area danau yang luas dan tenang. Pemandangannya begitu menenangkan karena tak banyak aktivitas di sekitar area danau. Biasanya hanya terdapat beberapa nelayan serta pengunjung yang datang.

BACA JUGA : Rekomendasi 9 Wisata Terbaru 2024 Paling Hits di Gunung Kidul, Biaya Masuknya Murah Banget!

Kalian juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri area danau yang indah dan magis ini.

Berfoto di atas perahu yang berada di tengah danau juga jadi aktivitas favorit bagi wisatawan yang berkunjung di sini.

Namun bagi kalian yang tidak berani untuk pergi ke tengah danau, berfoto di tepiannya pun sudah sangat mempesona.

Selain itu bagi yang hobi mancing, berkunjung ke sini kalian juga dapat melakukan aktivitas mancing sambil menikmati pemandangan danau yang teduh dan tenang.

Harga tiket masuk wisata satu ini terbilang masih terjangkau, yakni Rp 5 ribu per orang (lokal) dan Rp 10 ribu per orang (mancanegara). Sedangkan untuk menaiki perahu, anda hanya perlu membayar Rp 20 ribu per orang.

Tempat ini tidak memiliki jam operasional, namun berkunjung ke sini paling nikmat di pagi dan sore hari.

Karena di kedua waktu tersebut kita akan disambut dengan embun yang sejuk dan matahari yang hangat.

Dengan keindahan yang memukau dan suasana yang menenangkan, telaga ini semakin menarik perhatian para wisatawan dari berbagai penjuru.

Dikelilingi oleh rerimbunan hutan yang lebat dan pemandangan pegunungan yang menawan, Telaga Menjer menyuguhkan panorama memanjakan mata yang memesona.

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama memuaskan pandangan dan merasakan ambience yang memikat jiwa.

Fasilitas di Telaga Menjer ini cukup memadai sepeti toilet, Mushola dan tempat parkir yang luas akan tetapi kalau mau makan di restoran belum tersedia, yang tersedia hanya warung kecil dan kedai minuman.

BACA JUGA : Explorasi Seru : Wisata Terbaru 2024 Pemalang yang Memukau dan Mengesankan

Sejuknya udara di Sekitar telaga menjadikan banyak orang yang betah berlama-lama untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan outbound, disebelah atas telaga juga ada perkebunan teh yang membentang sangat luas, lokasi ini dapat digunakan untuk jalan-jalan pagi maupun sore, dan sangat mirip di puncak Jawa Barat dengan latar belakang pemandangan gunung Sindoro.

Kecantikan Telaga Menjer dapat dinikmati  waktu pagi atau sore hari, pantulan langit birunya jadi sangat jelas terlihat dipermukaan air dan situasi seperti ini akan menjadi lebih nikmat kalau dilihat dari dekat.

Setelah kalian puas mengunjungi Telaga Menjer, sebaiknya di lanjutkan dengan mengunjungi Bukit Seroja.

Bukit ini terletak di tepi Telaga Menjer.

Di Bukit Seroja ini traveler bisa menikmati pemandangan Telaga Menjer dari atas bukit. Dari tempat ini juga akan nampak Gunung Sindoro dan Gunung Kembang sebagai latar pemandangan yang akan kalian nikmati.

Sangat menarik bukan?

Kapan nih kalian mau mengunjungi tempat wisata terbaru 2024 Telaga Menjer  ini? Secepatnya yaa. Ini sangat rekomended sekali untuk kalian yang suka dengan wisata alam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: