Apakah Gaji 2 Juta Cukup? Yuk, Simak 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Segitu

Apakah Gaji 2 Juta Cukup? Yuk, Simak 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Segitu

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga--freepik.com

DISWAY JOGJA – Menabung adalah langkah bijak yang dapat diambil oleh siapa pun, tanpa memandang seberapa besar nominal gaji yang Anda terima. Meskipun gaji bulanan Anda saat ini sebesar Rp2 juta, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara sederhana untuk mengelola keuangan Anda dan tetap dapat menabung. Inilah beberapa langkah mudah dalam cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang dapat Anda terapkan!  

Berikut 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

1. Menetapkan Prioritas Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga pertama dengan Menetapkan Prioritas Pengeluaran. Penting untuk mengatur prioritas pengeluaran Anda. Dengan anggaran terbatas, tentukan batasan untuk berbagai kebutuhan Anda. Pastikan untuk mengaturnya segera setelah menerima gaji. Kebutuhan sehari-hari harus menjadi prioritas utama, diikuti dengan menetapkan jumlah yang akan disisihkan untuk tabungan dan kebutuhan sekunder. Dengan pendekatan ini, Anda dapat tetap bertahan dan menabung meskipun gaji hanya Rp2 juta per bulan.

BACA JUGA : Sudah Punya Virtual Account Neo Bank Belum? Ini Dia Penjelasan, Manfaat dan Cara Kerjanya

2. Menggunakan Metode Budgeting yang Mudah

Cara mengatur keuangan rumah tangga ke dua dengan Menggunakan Metode Budgeting yang Mudah. Kenali berbagai metode budgeting untuk membuat perencanaan keuangan Anda lebih praktis. Salah satu contoh metode yang dapat diikuti adalah 50/30/20, di mana 50% pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan investasi. Dengan gaji bulanan Rp 2 juta, yang berarti anggaran operasional harian Anda adalah Rp 1 juta. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Rp 600.000 untuk memenuhi keinginan atau gaya hidup Anda. Terakhir, Anda memiliki sisa Rp 400.000 untuk ditabung atau investasi lainnya.

3. Mencatat Pos Pengeluaran Rutin

Cara mengatur keuangan rumah tangga ke tiga dengan Mencatat Pos Pengeluaran Rutin. Selain membuat rencana pengeluaran, penting juga untuk mencatat pos pengeluaran secara rutin. Ini memudahkan Anda untuk mengevaluasi pengeluaran bulan berikutnya dan menyesuaikan anggaran sesuai dengan pemasukan. Gunakan alat seperti Microsoft Excel untuk mencatat pengeluaran secara terperinci.

4. Memanfaatkan Fitur Pembayaran Otomatis

Cara mengatur keuangan rumah tangga ke empat dengan Memanfaatkan Fitur Pembayaran Otomatis. Fitur pembayaran otomatis dapat membantu Anda menghindari denda tagihan. Seiring bertambahnya usia, tagihan bulanan seperti listrik, air, dan WiFi menjadi semakin penting. Pembayaran otomatis akan memastikan bahwa tagihan tersebut dibayarkan tepat waktu, menghindari denda yang dapat menambah beban pengeluaran Anda.

5. Memilih Hiburan yang Gratis

Cara mengatur keuangan rumah tangga ke lima dengan Memilih Hiburan yang Gratis. Jika Anda ingin menabung, prioritaskan hiburan yang tidak memerlukan biaya. Ada banyak pilihan wisata hiburan gratis, seperti mengunjungi taman kota, perpustakaan daerah, atau pasar lokal. Jika Anda suka menonton film, berlangganan platform streaming bisa lebih ekonomis daripada pergi ke bioskop setiap minggu.

BACA JUGA : Anda Wajib Tahu!! Ini 6 Cara Mendapatkan Uang dari Neo Bank Dengan Mudah dan Cepat, Cuan Terbukti!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: