Toyota Rush Mengundurkan Diri dari Pasar Malaysia?

Toyota Rush Mengundurkan Diri dari Pasar Malaysia?

Toyota Rush--

DISWAY JOGJA - Toyota Rush hilang dari situs resmi UMW Toyota Motor Toyota Malaysia. Diduga, SUV 7-seater duduk ini telah dihentikan produksinya untuk pasar negara tetangga.

Artinya Toyota Rush mengikuti jejak Honda Malaysia yang terlebih dahulu menghentikan keberadaan BR-V. Generasi kedua malah tidak laku terjual. Pengerjaan dilanjutkan oleh Honda WR-V yang notabene merupakan versi singkatnya.

Apakah ini karena penjualan SUV 7-seater duduk Low SUV di sana kurang moncer? Mungkin sekali. Namun bagi konsumen Malaysia yang masih menginginkan Toyota Rush, mereka bisa beralih ke saudaranya, Perodua Aruz. Itu masih diproduksi dan dijual.

BACA JUGA : 5 Keunggulan Toyota Rush 2024 Terbaru, Desain Elegan dengan Performa yang Handal

Atau apakah itu pertanda munculnya generasi rush terbaru? Bisa jadi dan sudah pasti ditunggu-tunggu oleh konsumen Indonesia juga.

Pasalnya generasi saat ini masih menggunakan basis Avanza-Xenia lama berupa unibody chassis dan rear-wheel drive (RWD). Sementara itu, duo mobil berjuta orang tersebut telah beralih ke sasis monocoque penggerak roda depan (FWD).

Nah, Toyota Rush generasi baru tentu menjadi hal yang tak terhindarkan. Karena basisnya sudah ada. Kemungkinan besar memakai DNGA (Daihatsu New Global Architecture) menggunakan semua Avanza baru-Xenia, semua Vios baru, dan Yaris Cross.

Mereka juga berbagi powertrain yang sama. Mesin 2NR-VE 4 silinder 1,5 liter dibuat melintang dipasangkan dengan transmisi CVT dan manual 5 percepatan. Yang paling masuk akal, anggap saja sebagai versi Yaris Cross dengan 7-seater .

Tapi sepertinya masih lama. Karena Daihatsu Terios baru disegarkan tahun lalu. Masalah terputus-putus itu sempat ramai ketika saudaranya diperbarui, sedangkan Rush tidak. Namun ditolak oleh Toyota Astra Motor karena penjualannya masih sangat bagus.

"Saya tidak membenarkan isu yang beredar. Rush masih dijual dan kami puas dengan tawaran yang kami berikan saat ini. Menurut saya, tidak ada masalah dengan perbedaan (produk Rush dan Terios), karena masing-masing punya strategi sendiri. Walau pabrik kita sama," bantah Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), (13/6/2023).

BACA JUGA : Lebih menarik lagi, All New Toyota Rush 2024 Ternyata memiliki fitur-fitur canggih seperti ini

Spesifikasi Toyota Rush di Malaysia

Tetapi perubahan signifikan itu benar-benar dapat mengubah karakter penggeraknya. Model saat ini, ground clearance 220 mm, RWD, dan sasis semi ladder-frame memberikan ketangguhan di jalan bergelombang, medan kasar, atau lubang.

Singkatnya, Rush memiliki kemampuan off-road yang ringan meski hanya berukuran 4x2. Jika itu semua berubah, tentu kemampuannya akan berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: