Kapolda DIY Kerja Sama dengan Pemda, Pemkab, dan Keraton Yogyakarta

Kapolda DIY Kerja Sama dengan Pemda, Pemkab, dan Keraton Yogyakarta

Polda DIY melakukan kerja sama dengan Pemda, Pemkab dan Keraton Yogyakarta.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Polda DIY melakukan kerja sama dengan Pemda, Pemkab dan Keraton Yogyakarta. Beberapa kerja sama sudah terealisasi. Hal itu diungkapkan Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan disela peresmian pembangunan sumur bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul.

Suwondo menyampaikan, khusus di wilayah Gunungkidul, beberapa kegiatan sudah dilakukan. Yakni merealisasikan 1,7 hektare dari 7 hektare perencanaan kebun melon. Dimana saat ini sudah memasuki masa panen kedua. ”Kebun tersebut telah ditanami dengan sistem pompa yang bersifat tradisional,” ungkapnya.

BACA JUGA:Polda DIY Gelar Serah Terima Jabatan, Pejabat Dirintelkam Hingga Kapolresta Yogyakarta Diganti

Selain itu, pihaknya menyampaikan terima kasih atas atas dukungan Keraton, Pemdes, dan Pemkab. Dimana kini pihaknya telah disiapkan lahan seluas 20 hektare untuk proyek ketahanan pangan di wilayah Sadeng.

Sementara itu, pembangunan 10 sumur bor Polri Presisi di Gunungkidul tersebut dilakukan dengan menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) untuk bekerja sama.

“Kami mendapat bantuan dari BBWSSO dalam pelaksanaan pekerjaannya. Saat ini, dari 10 (sumur bor) yang kami rencanakan, dua sudah berbentuk pompa dan sudah dinikmati masyarakat. Ke depan, yang akan kami siapkan adalah pipanisasi. Tadi kami sudah mendapatkan dawuh dari Ngarsa Dalem, untuk kegiatan pipanisasi nanti akan bekerja sama dengan Bumdes dengan komunitas yang sudah ada,” jelas Suwondo.

BACA JUGA:Awali 2024, Kapolda DIY Cek Pos Pantau Pantai Parangtritis

Sementara, dilaporkan Suwondo, untuk titik pembangunan sumur bor lainnya, telah melalui proses penataan atau pemetaan. Lokasi yang dipetakan menunjukkan potensi air, yang akan segera dilanjutkan dengan kegiatan pengeboran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: