Ada Berapa Macam Tipe Charger? Ini Dia! 8 Tipe Charger HP yang Perlu Kamu Ketahui

Ada Berapa Macam Tipe Charger? Ini Dia! 8 Tipe Charger HP yang Perlu Kamu Ketahui

Tipe Charger HP--freepik.com

DISWAY JOGJA – Berbicara tentang tipe charger hp pasti setiap perangkat hp atau komputer memiliki port USB, dan umumnya, smartphone serta tablet sudah dilengkapi dengan kabel USB. Meskipun USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus, namun sebenarnya USB hadir dalam beragam bentuk yang berbeda.

Dalam dunia USB, terdapat beberapa tipe charger hp yang umum digunakan, seperti USB Type-A, Type-C, dan micro USB, tetapi seringkali kita tidak begitu paham mengenai perbedaan masing-masing tipe ini.

BACA JUGA:6 HP Terbaru 2024 yang Bakal Rilis dan Guncang Pasar Smartphone Dunia, Anda Penasaran? Simak Disini!

Tipe Charger HP Berdasarkan Angka

USB memiliki enam tipe yang ditandai dengan angka. Berikut daftarnya:

1. USB 1.1

Tipe Charger HP Berdasarkan Angka pertama ada USB 1.1. USB ini dapat dianggap sebagai USB Type-A yang paling dasar saat komputasi belum seadvanced seperti sekarang, dan merupakan penerus dari USB 1.0.

2. USB 2.0

Tipe Charger HP Berdasarkan Angka ke dua ada USB 2.0. Perbedaan paling signifikan antara keduanya adalah kecepatan transfer, dimana USB 2.0 memiliki kecepatan transfer data 40 kali lebih cepat dibandingkan 1.1, dengan signal rate mencapai 480 Mbps.

3. USB 3.0

Tipe Charger HP Berdasarkan Angka ke tiga ada USB 3.0. Dengan kebutuhan akan kecepatan transfer data yang semakin tinggi, USB 3.0 hadir. Kabel ini sangat cocok untuk transfer video besar dengan kecepatan mencapai 5.120 Mbps, terutama populer digunakan pada hard drive eksternal.

4. USB 3.1 dan USB 3.2

USB 3.1, dirilis pada 2014, langsung diadopsi oleh Macbook dan Chromebooks. Kecepatan transfernya mencapai 10 Gbps. Tiga tahun kemudian, USB 3.2 dirilis dengan kecepatan transfer 20 Gbps. Tipe USB ini sangat populer karena mendukung konektor Type C yang kini luas dikenal.

BACA JUGA:5 HP Oppo Terbaru 2024 Yang Patut Kamu Pertimbangkan Diawal Tahun!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: