Berikut Ulasan Fungsi dan Cara Kerjanya, Apa itu Gimbal Stabilizer?

Berikut Ulasan Fungsi dan Cara Kerjanya, Apa itu Gimbal Stabilizer?

Gimbal Stabilizer--

DISWAY JOGJA - Anda perlu mengetahui apa itu gimbal stabilizer, apa fungsinya, dan cara kerjanya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gimbal stabilizer, baca ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Pengertian Gimbal stabilizer

Gimbal stabilizer adalah perangkat mekanis atau elektronik yang digunakan untuk menstabilkan kamera atau perangkat perekam selama pembuatan film atau perekaman video. Stabilisator gimbal mencapai stabilitas ini dengan menggunakan sensor gerak untuk mensimulasikan perubahan posisi kamera secara real time.

BACA JUGA:AC Portable Unggulan! Review AUX BEST 09A4-MA 1 PK dengan Standar Kualitas Tinggi

2. Fungsi Gimbal Stabilizer

Gimbal stabilizer memiliki beberapa fungsi utama: 

  1. Stabilisasi Gambar
    Gimbal menjaga kamera atau ponsel Anda tetap stabil dan mengurangi getaran saat mengambil foto atau merekam video.

  2. Pengembangan Kualitas Video
    Dengan menghilangkan getaran yang tidak diinginkan, kualitas video gimbal meningkat dan video terlihat lebih profesional.


  3. Fleksibilitas Pemotretan
    Buat foto dan video yang lebih dinamis dengan gerakan kamera yang halus dan bebas guncangan.


  4. Pelacakan Otomatis
    Beberapa gimbal memiliki fitur pelacakan otomatis, yang memungkinkan kamera mengikuti subjek secara otomatis saat bergerak. 

Stabilisasi sudut tertentu

Anda dapat memegang kamera dalam kondisi pergerakan atau rotasi tertentu, misalnya saat berjalan atau berlari. Fitur-fitur ini menjadikan stabilisasi gimbal sebagai alat yang populer di kalangan pembuat konten, fotografer, dan videografer untuk mencapai hasil yang lebih profesional dan estetis.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mesin Cuci Electrolux Front Loading, Mencuci Pakaian Bersih Maksimal Dalam Waktu 15 Menit Saja!

Cara kerja Gimbal Stabilizer 

Fungsi gimbal stabilizer merupakan gabungan sensor dan motor untuk menstabilkan kamera atau alat perekam. Berikut langkah-langkah umum cara bekerjanya: 

  1. Deteksi Gerakan
    Gimbal adalah sensor mirip giroskop yang mendeteksi perubahan posisi atau gerakan pada kamera.


  2. Pengolahan Data Sensor
    Data dari sensor gerak diproses oleh prosesor gimbal. Prosesor ini menganalisis informasi posisi dan pergerakan kamera secara real time.


  3. Perhitungan Koreksi
    Berdasarkan analisis data sensor, gimbal menghitung jumlah dan arah perubahan yang diperlukan untuk menyeimbangkan kamera.


  4. Aksi Koreksi
    Motor gimbal diaktifkan untuk menggerakkan gimbal berdasarkan perhitungan kalibrasi yang dilakukan. Tujuan dari program ini adalah untuk menyeimbangkan posisi kamera.


  5. Stabilisasi Real-Time
    Saat mengambil foto atau video, gimbal bekerja terus menerus untuk menyesuaikan secara real time. Setiap kali lokasi atau pergerakan berubah, gimbal menyesuaikan posisi kamera untuk mempertahankan gambar yang diambil.

BACA JUGA:5 Rekomedasi Mesin Cuci Untuk Bed Cover, Memiliki Kapasitas Besar Dan Dilengkapi Dengan Fitur Yang Canggih!

Stabilizer gimbal yang mudah digunakan dan mudah ditemukan adalah gimbal Zhiyun yang tersedia di marketplace Blibli. Gimbal Zhiyun yang tersedia di Blibli tidak hanya berkualitas tinggi, namun juga sangat terjangkau dan dapat digunakan secara efektif untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Gimbal Zhiyun yang tersedia di Blibli sangat handal dan original sehingga membuatnya lebih awet dan tahan lama. 

Bahkan, Anda bisa lebih berhemat dengan menggunakan kupon ongkos kirim gratis maupun berbayar di situs Blibli. Jadi, apakah Anda ingin membeli gimbal stabilizer untuk hasil foto dan perekaman video yang lebih baik? Demikianlah ulasan mengenai apa itu stabilisasi gimbal. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: