Being as Such Sumonar 2023 Sajikan Karya Affandi dan Sudjojono

Being as Such Sumonar 2023 Sajikan Karya Affandi dan Sudjojono

Being as Such Sumonar 2023 ini menyajikan program presentasi khusus karya Affandi & Sudjojono.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Being as Such Sumonar 2023 ini menyajikan program presentasi khusus karya Affandi dan Sudjojono. Hal itu disampaikan Direktur Sumonar 2023 Raphael Donny usai pembukan yang di Museum Affandi, Sabtu (25/11/2023).

BACA JUGA:Jalan Sehat Serentak, Kepala BKD DIY Ajak Perkokoh Persatuan Korpri

Donny menjelaskan, dua tokoh ini merupakan tokoh bersejarah dalam seni rupa Indonesia yang karyanya sudah menjadi legenda. Dipilihnya Museum Affandi tersebut sebagai ruang presentasi utama guna mengaktualisasi dan memaknai kembali pemikiran maestro seni rupa Indonesia.

BACA JUGA:4 Tips Memilih Mesin Cuci untuk Keluarga, Jangan Sampai Salah Pilih

”Karya-karya maestro seni rupa selalu menyajikan visual bernilai magis, dikolaborasikan dengan seni digital & immersive, Sumonar mencoba meluaskan jangkauan dari karya tersebut kepada masyarakat yang akrab digital di masa ini. Hal ini sebagai upaya pemaknaan kembali apa yang telah ada dan menjangkau sejauh yang telah ada,” papar Donny.

BACA JUGA:Keren, Ekskul SMK BPD Kabupaten Tegal Tegal Rutin Mendulang Prestasi

Kurator Sumonar 2023 Ignatia Nilu menyatakan, menuju kepada masa transisi politik 2024, dia ingin berkelana ke masa lalu. Dimana sejarah memegang posisi penting dalam membangun common sense atau common goal. Transisi tersebut dimaknai untuk melihat mundur sebagai refraksi masa depan.

BACA JUGA:Tampilan Terbaru yang Kian Memikat Toyota Avanza Veloz X Urban

”Melihat sejarah seni rupa indonesia sebagai identitas bangsa. Jejak kesejarahan ini coba kami telusuri melalui karya para maestro seni rupa Indonesia,” kata Nilu.

Berbagai instalasi cahaya yang diatur sedemikian rupa memungkinkan pengunjung untuk berfoto ria berpadu dengan seni cahaya itu. Tak cukup sampai di situ, para pengunjung juga dapat memaknai pemikiran maestro seni rupa melalui karya-karyanya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mesin Cuci Anti Kusut, Pakaian Lembut Tanpa Perlu Disetrika! Cocok Untuk Kamu Yang Mageran!

Sementara itu, Kepala Museum Affandi Helfi Dirix mengucapkan terima kasih sekaligus memberi semangat dengan di selenggarakan Sumonar 2023 di Museum Affandi. Kedepan berharap Museum Affandi kembali lebih bersinar dengan adanya kolaborasi seni salah satunya melalui Sumonar 2023 ini.

Festival video mapping dan seni cahaya tahunan yang diinisiasi Jogja Video Mapping Projet (JVMP) ini menjadi ruang interaksi penikmat seni instalasi cahaya. Festival yang berlangsung sampai 5 Desember 2023 ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pelaku dan pecinta seni cahaya dari Indonesia bahkan dunia.

Hadir dalam pembukaan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Dian Laksmi Pratiwi dan Penasihat Sumonar KPH Purbodiningrat. Tampak pula pada acara pembukaan putri maestro Affandi, Kartika Affandi, Ketua Barahmus DIY Hajar Pamadhi dan sejumlah tamu undangan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: