COE Diluncurkan, DIY Siapkan 126 Event Sepanjang 2024

COE Diluncurkan, DIY Siapkan 126 Event Sepanjang 2024

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X bersama Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya meluncurkan COE DIY 2024.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Sepanjang 2024 mendatang, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan disuguhkan dengan 126 event. Hal itu dibuktikan dengan peluncuran Calendar of Event (COE) DIY Tahun 2024 pada Jumat (17/112023) di Puncak Sosok, Pleret, Bantul, Yogyakarta.

BACA JUGA:Event Jogja Cultural Wellness Festival 2023 Ada 4 Rangkaian, Ini Kegiatannya

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan, COE DIY 2024 memuat 126 event. Terdiri dari 45 event seni budaya, 31 event festival, 12 event sport tourism, 2 event karnaval, 11 event MICE, 13 event kompetisi, dan 12 event musik. 

BACA JUGA:Event Pariwisata Internasional, Borobudur Tourism Expo 2022 Bakal Digelar di Magelang Oktober Mendatang?

Beberapa highlight event dalam COE DIY 2024 yang akan digelar di antaranya yaitu Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, Jogja Flower Festival, Gerebeg Sawal, Jogja Violin Fest, Artjog, Jogja internasional Kite Festival, Jogja Fashion Carnival, Festival Kebudayaan Yogyakarta, Kustomfest, Ngayogjazz, dan Hadeging Nagari Ngayogyakarta.

BACA JUGA:Tokoh BPIP Orasi tentang Keberagaman dan Toleransi di Konser Jazz

Singgih mengatakan, penyusunan COE DIY 2024 ini telah mensinergikan seluruh penggiat event yang ada di DIY, baik event yang diselenggarakan pemerintah maupun komunitas. 

”Jadi yang kita launching, (eventnya) tidak hanya yang diselenggarakan oleh pemerintah, tapi juga oleh komunitas. Bahkan kalau bisa dibilang, komunitas jauh lebih banyak daripada yang diselenggarakan oleh pemerintah,” kata Singgih.

BACA JUGA:10 Laptop Murah Terbaik 2023, Harga Mulai 2 Jutaan! Cocok Untuk Pelajar dan Pebisnis

Menurut Singgih, pengalaman tersebut penting karena DIY menuju ke quality tourism. Dengan demikian, pengalaman bagi wisatawan sangat memberikan kesan dan tentunya memberikan dampak ekonomi yang lebih baik lagi.

BACA JUGA:Inilah Perbedaan Smart TV dan Tv Digital yang Wajib Kamu Tau

Singgih menyampaikan, terlepas dari 126 event yang hingga saat ini sudah terdaftar dalam COE DIY 2024, dirinya yakin bahwa masih banyak event-event lain yang nantinya akan bermunculan. “Sehingga nanti akan kami susulkan di calender of event secara monthly atau bulanan,” terang Singgih.

Hadir dan meluncurkan pada kesempatan itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X bersama Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, dan Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo. 

Paku Alam X menjelaskan, dalam COE DIY 2024, terdapat 126 event dengan 11 event unggulan yang tercatat akan digelar di DIY. Sesuai dengan tema yang diusung Calendar of Event DIY 2024 yaitu “Journey to Wonderful Jogja”, diharapkan wisatawan dapat menikmati pengalaman dari event-event pariwisata dan budaya di DIY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: