5 Tips Penting yang Wajib Dilakukan Saat Memilih Smart TV Biar Gak Nyesel

5 Tips Penting yang Wajib Dilakukan Saat Memilih Smart TV Biar Gak Nyesel

Tips Penting Memilih Smart TV--

DISWAY JOGJA- Salah satu hiburan yang wajib ada di rumah yaitu Televisi. Karena itu jenis dari Televisi pun makin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Seperti contohnya Smart TV yang hadir dengan sejumlah fitur canggih dan kemampuan selayaknya perangkat pintar.

Tidak hanya digunakan untuk menonton film saja, tetapi Smart Tv juga bisa digunakan sebagai perangkat komunikasi. Serta bermain game untuk kamu pencinta gaming, akan dapat menikmati bermain game kekinian dengan sangat menyenangkan.

Namun tentunya semua kenyamanan dan keunggulan itu akan didapatkan, apabila Anda memilih Smart TV dengan tepat pada saat membeli. Karena itu penting untuk bisa mengetahui tips memilih televisi pintar yang baik sebelum membeli.

Artikel ini akan membahas terkait tips penting dalam memilih Smart TV yang terbaik dan berkualitas agar tidak menyesal pada saat sudah digunakan. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Bingung Milih Smart TV atau Android TV? Inilah Panduan Memilih antara Smart TV dan Android TV

Sebelum memutuskan untuk memilih Smart TV mana yang akan dibeli, ada beberapa tips yang menjadi sangat penting untuk diikuti. Sehingga televisi yang dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa tips nya.

1. Ketahui Teknologi dari Jenis Panel TV yang Diinginkan

Tips yang pertama yang harus diperhatikan ketika memilih Smart TV yaitu ketahui jenis panel yang akan digunakan. Hal ini karena terdapat beberapa jenis panel yang digunakan oleh televisi pintar seperti, LEDLCD, dan OED. Dari ketiga jenis panel tersebutm tentu kualitas gambar yang disajikan berbeda-beda. Apabila Anda ingin mendapatkan kualitas gambar yang sangat memuaskan, maka panel OLED bisa menjadi pilihan.

Namun disisi kelebihannya yang memuaskan, tidak heran jika harga televisi pintar dengan menggunakan panel OLED ini akan lebih mahal jika dibandingkan dengan LED atau LCD. Karenanya harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Selain itu juga teknologi dari ketiga panel layar tersebut sudah memiliki resolusi 4K yang ditambah dengan teknologi penguat warna 4K sehingga mampu menghadirkan fitur canggih seperti HDR, HDR10+ serta Dolby Vision. Sehingga tidak heran jika televisi dengan fitur tersebut akan banyak diburu orang.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Smart TV Murah, Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box!

2. Pertimbangkan Resolusi yang ada pada Smart TV

Tips kedua yaitu Anda harus mempertimbangkan resolusi yang ada pada Smart TV. Resolusi ini menjadi hal utama untuk bisa menikmati gambar atau tampilan yang berkualitas tinggi. Yang mana saat ini TV pintar sudah mendukung resolusi 4K 3840 x 2160 piksel, sehingga mampu menghasilkan visual yang luar biasa bagusnya.

Meskipun saat ini beberapa TV pintar sudah menghadirkan resoluso 8K yang empat kali lebih tajam, namun resolusi 4K ini masih menjadi pilihan. Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk menentukan resolusi yang mana karena baik resolusi 8K maupun 4K baik untuk digunakan.

Dengan menggunakan Tv pintar yang mempunyai resolusi 4K, menonton film kesayangan atau aktivitas bermain game bagi para gaming akan terasa semakin menyenangkan dan memuaskan karena akan terlihat lebih nyata dan tajam.

3. Sesuaikan Kebutuhan dengan Ukuran TV

Berikutnya yaitu menyesuaikan ukuran lebar layar TV dengan ukuran ruangan rumah menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Ukuran layar TV dapat Anda sesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan digunakan untuk meletakkan televisi tersebut. Sehingga nantinya tidak terlihat sempit atau terlalu banyak memakan tempat.

Ukuran TV pintar yang biasa digunakan di rumah-rumah saat ini berkisar antara 32 inci sampai 55 inci. Hal ini karena akan berpengaruh pada estetika ruangan agar TV tidak mendominasi tampilan.

Sementara apabila televisi yang ingin Anda beli untuk diletakkan di dalam kamar, maka ukuran TV 32 inci saja sudah cukup. Dimana tampilannya tidak akan memakan banyak tempat di kamar, namun tetap bisa menyajikkan pengalaman visual yang menyenangkan dan memuaskan.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Smart TV Murah, Bisa Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box!

4. Cek Konektivitas Port Penghubung yang Lengkap

Tips penting berikutnya yaitu mengecek konektivitas yang dihadirkan dalam televisi pintar yang akan dibeli. TV pintar harus didukung dengan HDMI, port USB, serta dukungan multimedia lainnya yang dapat menunjang kenyamanan pengguna.

Selain itu, Anda juka bisa memilih Tv pintar yang sudah didukung dengan koneksi internet melalui Wifi atau LAN. Sehingga TV Anda dapat menjadi Smart TV layaknya seperti komputer yang dapat menikmati beragam hiburan multimedia melalui jaringan internet.

5. Lihat Kualitas Speaker dalam Menghasilkan Suara Menggelegar

Tips terakhir sebelum membeli televisi pintar agar tidak salah pilih yaitu dengan melihat kualitas speaker dalam menghasilkan suara yang menggelegar. Agar dapat menonton TV dengan sensasi seperti di bioskop, maka Anda harus memilih TV dengan kualitas speaker yang mampu menghasilkan suara jernih dan jelas. Apalagi jika pengguna tidak ingin repot membeli dan menggunakan perangkat sound tambahan, maka speaker dari TV pintar bawaannya harus diperhatikan.

Pilihlah Smart TV yang memiliki konfigurasi speaker stereo dengan suara bass yang pas. Selain itu juga pertimbangkan pada televisi pintar yang didukung oleh speaker bawaan dari merek-merek ternama sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA:Beginlah Tips and Trik Cara Mengatasi Smart TV yang Tidak Bisa Terhubung Ke Wiffi! Anda Wajib Tau!

Itulah beberapa tips penting sebelum membeli Smart TV agar tidak salah pilih. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kemapuan. Selamat membeli. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: