MediaTek Dimensity 9300 Terapkan Desain All Big Core, MediaTek membawa desain baru?

MediaTek Dimensity 9300 Terapkan Desain All Big Core, MediaTek membawa desain baru?

MediaTek Dimensity 9300 memiliki kemampuan memori yang cepat--

DISWAY JOGJA - MediaTek Dimensity 9300 telah resmi diumumkan sebagai chipset smartphone baru yang menampilkan desain All Big Core. Apakah MediaTek membawa desain baru mereka? Diklaim bahwa MediaTek Dimensity 9300 memiliki konfigurasi unik yang menggabungkan kinerja dan teknologi hemat data dengan adanya All Big Core.

Perusahaan chip ini mengklaim bahwa chipset MediaTek Dimensity 9300 memberikan pengalaman pengguna yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam bermain game, merekam video, dan memproses AI generatif pada perangkat. Joe Chen, Presiden MediaTek, menyatakan bahwa Dimensity 9300 adalah chip terkuat perusahaan saat ini. Chip ini memberikan peningkatan besar dalam daya komputasi untuk ponsel pintar Andalan dengan desain All Big Core yang inovatif.

Ini adalah arsitektur yang unik, yang dikombinasikan dengan Unit Pemrosesan AI on-chip kami yang ditingkatkan. Ini akan membawa era baru aplikasi AI generatif karena pengembang terus mendorong batas kemampuan komputasi edge AI dan hybrid AI.

BACA JUGA:7 Alasan Beli Laptop ASUS Zenbook S13 OLED, Tipis dan Kencang

Prosesor AI APU 790 generasi berikutnya dari MediaTek telah diintegrasikan ke dalam Dimensity 9300. Didesain secara signifikan untuk meningkatkan kinerja AI generatif dan menghemat daya untuk komputasi edge yang lebih cepat dan aman.

APU 790 telah menggandakan kinerja operasi bilangan bulat dan bilangan real sekaligus mengurangi konsumsi daya sebesar 45%. MediaTek telah memperkenalkan teknologi kuantisasi campuran presisi INT4. Dengan memadukan teknologi ini dengan kompresi perangkat keras memori NeuroPilot MediaTek, ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bandwidth memori dan secara signifikan mengurangi kebutuhan memori untuk model AI berukuran besar.

APU 790 juga memberikan dukungan NeuroPilot Fusion, yang dapat terus beradaptasi dengan LoRA tingkat rendah dan mendukung model bahasa besar dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, dengan skalabilitas hingga 33B. Sebagai bagian dari ekosistem AI MediaTek, Dimensity 9300 akan mendukung model bahasa utama terbaru, seperti Meta Llama 2, Baichuan 2, Baidu AI LLM, dan lainnya. Dengan cara ini, hal tersebut dapat membantu para pengembang dalam menerapkan aplikasi AI generatif multi-modal untuk memberikan pengalaman AI generatif berupa teks, gambar, dan musik kepada pengguna.

Selain itu, MediaTek Dimensity 9300 juga mengurangi konsumsi daya GPU sebesar 40% tanpa mengorbankan performa dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya. Memberikan peningkatan kinerja yang signifikan bagi pengguna tanpa mengurangi masa pakai baterai.

MediaTek Dimensity 9300 memperbarui fotografi dan videografi mobile dengan mengintegrasikan teknologi AI-ISP berdaya rendah dan HDR yang selalu siap digunakan dengan resolusi mencapai 4K pada kecepatan 60 frame per detik (fps).

BACA JUGA:Terbukti Anti Air dan Debu! ASUS Zenfone 10 Siap Bertahan dalam Segala Kondisi!

Chipset ini juga memungkinkan penggunaan mode sinematik 4K pada 30 fps dengan pelacakan bokeh secara real-time untuk meningkatkan kualitas profesional, serta dukungan untuk 4K AI Noise Reduction (AI-NR) dan pemrosesan AI pada foto dan video RAW.

Selain itu, Dimensity 9300 akan mendukung format Ultra HDR baru di Android 14 untuk smartphone generasi berikutnya. Dengan hadirnya Ultra HDR, fotografi seluler telah mengalami kemajuan yang signifikan dengan memungkinkan foto terlihat lebih hidup dan file kompatibel dengan format JPEG yang hampir didukung oleh semua perangkat. Dengan terus meningkatkan kemampuan fotografi untuk pengguna, Dimensity 9300 juga mendukung teknologi restorasi HDR inovatif yang dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya sekitar.

Sistem tampilan Dimensity 9300 memanfaatkan kemampuan AI yang kuat dari chipset untuk mendeteksi objek utama dan gambar latar belakang secara real-time di perangkat. Dengan bantuan mesin MiraVision Picture Quality (PQ), tampilan akan secara dinamis menyesuaikan kontras, ketajaman, dan warna objek utama untuk meningkatkan kesan keseluruhan gambar dengan kedalaman yang lebih baik.

Terakhir, menciptakan pengalaman video yang nyata, sebanding dengan TV layar besar modern atau DTV terbaik yang tersedia saat ini. Dengan fokus pada pengalaman pengguna yang mulus, MediaTek Dimensity 9300 menawarkan kecepatan Wi-Fi 7 hingga 6,5 Gbps serta teknologi MediaTek Xtra RangeTM untuk konektivitas jarak jauh yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: