4 Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV: Mana yang Cocok untuk Anda?

4 Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV: Mana yang Cocok untuk Anda?

4 Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV: Mana yang Cocok untuk Anda?--Freepik+Picsart

DISWAY JOGJA - Era perkembangan teknologi di Indonesia sedang pesat, dan salah satu perubahan signifikan adalah kemunculan Smart TV dan Android TV. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Smart TV memiliki fungsi dasar seperti televisi biasa. Namun, yang membedakannya adalah kemampuan untuk mengakses program tambahan melalui internet. Sistem operasinya mungkin berbeda, seperti Tizen OS atau WebOS, dan aplikasi yang didukung terbatas.

Android TV, di sisi lain, memiliki fungsi yang serupa dengan Smart TV, tetapi dengan sistem operasi Android yang didukung oleh Google. Ini membuka pintu bagi lebih banyak aplikasi, dan dukungan dari Android App Store yang memiliki lebih dari 10.000 aplikasi membuat Android TV memiliki keunggulan dalam hal program aplikasinya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smart TV yang Cocok Untuk Ruangan Minimalis

BACA JUGA:7 Rekomendasi Smart TV di Bawah Rp3 Juta, No 7 Produk Paling Murah!

Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

1. Program Aplikasi

Android TV memiliki keunggulan mutlak dalam hal program aplikasinya, berkat dukungan dari Android App Store yang kaya akan aplikasi. Pengguna Android TV dapat mengunduh dan menggunakan berbagai aplikasi seperti yang mereka lakukan di smartphone. Smart TV dengan sistem operasi lain mungkin memiliki akses terbatas ke aplikasi.

2. Pembaruan Otomatis

Android TV secara rutin mendapatkan pembaruan aplikasi dan sumber daya media streaming, membuatnya lebih unggul dalam hal pembaruan otomatis. Smart TV mungkin menghadapi kendala dalam mendapatkan pembaruan yang sama.

3. Asisten Suara

Android TV hadir dengan asisten suara Google bawaan, memungkinkan pengguna untuk mencari program dan mengontrol TV dengan mudah melalui suara. Di sisi lain, Smart TV mungkin memerlukan perangkat tambahan seperti Alexa untuk fitur ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smart TV Terbaik 2023 yang Memiliki Layar Besar dan Canggih!

BACA JUGA:Review Realme Smart TV, Hiburan Terbaik dengan Fitur Canggih dan Kualitas Terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: