Beginilah Tips and Trik Merawat AC Portable Anda Agar Tetap Awet! Jangan Skip Simak Simak Ulasannya!

Beginilah Tips and Trik Merawat AC Portable Anda Agar Tetap Awet! Jangan Skip Simak Simak Ulasannya!

Cara merawat AC Portable - Sumber Freepik--

DISWAY JOGJA - Saat ini AC menjadi pilihan keluarga di Indonesia untuk menurunkan suhu ruangan. Ada banyak jenis AC yang beredar di pasaran, termasuk AC portable.

Apalagi Cuaca yang  panas  membuat banyak orang memutuskan untuk membeli AC, dan salah satu jenis AC yang paling banyak diminati adalah AC Portable. AC  sendiri ada beberapa jenisnya, mulai dari AC split seperti yang biasa digunakan masyarakat, AC jendela yang diletakkan di lubang udara di lantai, hingga AC mobile.

Desainnya yang simpel, mudah dibawa, dan harga terjangkau menjadikan AC portable bisa menjadi salah satu pilihan. Merawat AC portable tentunya berbeda dengan AC biasa. Bagi Anda pemilik pendingin ruangan portable, simak tips berikut ini agar AC Anda tahan lebih lama.

Banyak orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan AC jenis terakhir karena lebih mudah  dipindahkan. Jika Anda juga menginginkannya, sepertinya Anda harus memperhatikan tips singkat merawat AC portable agar tetap awet digunakan dirumah Anda.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Kekurangan AC portable! Kamu Wajib Tau Simak Terus Artikel Ini Jangan Sampai Skip!

Tips Cara Merawatnya AC portable

1. cara merawat AC portable hal ini perlu Anda ketahui agar AC portable yang Anda miliki atau  akan Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perlu diketahui bahwa desain dan pengoperasian pendingin ruangan jenis ini berbeda dengan AC jenis  lainnya, sehingga cara perawatannya juga berbeda.
 
2. Sebelum membersihkan perangkat AC portabel Anda, cabut kabel daya dari stopkontak Yang Anda butuhkan untuk membersihkan pendingin ruangan Anda hanyalah kain lembab ringan dan sedikit air. Lalu bersihkan dengan kain kering.Tidak perlu mencuci bagian-bagian AC Anda.

Pastikan untuk membersihkan pendingin ruangan portable Anda secara teratur. Tapi perlu di ingatkan lagi, sebelum melakukan pembersihan, pastikan AC  dalam keadaan mati atau tidak beroperasi. Lalu, cabut stekernya agar tidak ada aliran listrik yang masuk ke sumber listrik.
 

BACA JUGA:Bingung Pilih AC Split atau AC Portable? Ini dia Perbedaannya!

3. Selama proses pembersihan ini, Anda tidak boleh menggunakan cairan berupa minyak tanah, bensin, alkohol, dan larutan pembersih insektisida. AC sebaiknya dibersihkan dengan  air bersih atau bisa juga menggunakan cairan yang dirancang khusus untuk membersihkan AC

4 Gunakan saja kain sebagai alat untuk membersihkannya. Tapi pastikan kainnya tidak terlalu basah lalu Anda perlu menyeka kembali AC dengan kain kering. Selanjutnya bersihkan filter udara AC, karena bagian inilah yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja AC

5. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan  kemoceng, kemoceng, kain biasa, atau penyedot debu. Lalu jika sudah yakin seluruh bagian AC sudah bersih, sebaiknya tunggu hingga AC benar-benar kering lalu pasang kembali. Kapan pun Anda membutuhkan AC, ingatlah untuk membelinya di tempat  resmi agar tidak mubazir.

6. Untuk membersihkan AC Anda, sebaiknya gunakan air biasa atau cairan yang dirancang khusus untuk membersihkan AC Anda. Gunakan saja kain tersebut sebagai alat untuk membersihkan Namun hati-hati jangan sampai kainnya terlalu basah. Kemudian bersihkan kembali AC dengan kain kering.

BACA JUGA:Simak Kelebihan dan Kekurangan AC Portable, Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli!

7. Selanjutnya, bersihkan saluran filter udara AC Anda. Bagian inilah yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja AC. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan  pembersih debu, kemoceng, kain biasa, atau penyedot debu
Kemudian setelah memastikan seluruh bagian AC  bersih, tunggu hingga AC benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Tips and Trik merawat AC portable nah cara yang di atas bisa Anda lakukan agar AC anda tetap awet. Swmoga bermanfaat terimakasih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: