AC Vs Air Cooler, Mana yang Lebih Baik? Dua Perangkat ini Bisa jadi Sumber Referensi Kamu!

AC Vs Air Cooler, Mana yang Lebih Baik? Dua Perangkat ini Bisa jadi Sumber Referensi Kamu!

Ac Vs Air cooler--

DISWAY JOGJA - AC vs Air Cooler, Apa Bedanya? Untuk mendinginkan udara dalam ruangan, ada dua perangkat elektronik yang bisa menjadi pilihan penghuni rumah, yaitu air cooler dan AC atau air conditioner. 

Meski tampilan dan penempatannya berbeda, banyak orang yang menganggap air cooler adalah AC mini portabel yang bisa dipindahkan. 

Jika Anda berpikiran sama seperti di atas, Anda selalu salah. Air cooler dan AC adalah perangkat elektronik yang berbeda satu sama lain dalam hal fungsi, mode pengoperasian, harga, dll.

Agar lebih jelas dan tidak salah lagi, berikut perbedaan air cooler dan AC yang perlu Anda pahami seperti dilansir berbagai sumber. 

1. Harga air cooler lebih murah 

Dibandingkan dengan AC. air cooler dijual lebih murah dibandingkan AC di pasaran. Harga air cooler terbaru biasanya Rp 2 jutaan. Sedangkan harga AC bisa naik hingga Rp 3 jutaan bahkan lebih.

Hanya dengan melihat harganya saja sudah bisa dibilang cukup berbeda karena keduanya berbeda. Jika budget Anda terbatas, disarankan memilih air cooler.

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable 1 PK Terbaik, Udara Lebih Sejuk dan Mudah Dipindahkan, Yuk Simak Spesifikasinya!

2. Konsumsi daya AC lebih tinggi dibandingkan pendingin udara 

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah konsumsi ruang dan energi. Peralatan AC menggunakan banyak listrik, yang berarti tagihan listrik Anda akan lebih tinggi.

Namun dengan menggunakan air cooler sebagai pendingin ruangan, Anda dapat menghemat biaya dibandingkan AC karena konsumsi energinya jauh lebih sedikit dibandingkan AC.  

3. Cara menggunakan 

Penggunaan adalah hal lain yang harus Anda pertimbangkan saat membeli AC atau Air cooler. Jika Anda memiliki air cooler, Anda harus menggunakan hingga 10 ember air atau es batu dan mengisinya setiap hari sebelum menyalakan pendingin air.

BACA JUGA:Bingung Pilih AC Split atau AC Portable? Ini dia Perbedaannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: