Mending Mana Antara Smart TV dengan Android TV? Ini 5 Perbedaannya yang Wajib Kamu Ketahui

Mending Mana Antara Smart TV dengan Android TV? Ini 5 Perbedaannya yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang wajib Kamu ketahui--

Perbedaan pertama sekaligus yang utama adalah Sistem Operasi yang digunakan antara kedua jenis TV canggih ini.

Smart TV menggunakan Sistem Operasi yang berbeda-beda tergantung dari brand yang mengeluarkannya. Contoh, Samsung menggunakan Tizen OS serta LG yang menggunakan WebOS.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Samsung T4500, Apakah Layak Dibeli? Simak Disini!

Berbeda dengan Android TV yang Sistem Operasinya semua menggunakan Android entah di merk apapun. Hal ini yang memudahkan pengguna untuk mengontrol Android TV menggunakan ponsel.

2. Ketersediaan Aplikasi

Soal aplikasi, kedua jenis TV ini memang menyediakan. Namun, jumlah aplikasi yang bisa dipasang pada Android TV jauh lebih banyak ketimbang Smart TV.

Hal tersebut dikarenakan Android TV memiliki Play Store dimana didalamnya terdapat bermacam aplikasi yang bisa Kamu pasang.

Jenis aplikasinya pun sama dengan yang dipasang pada ponsel, seperti Netflix, Amazon Prime, Spotify, JOOX hingga aplikasi sosial media seperti Twitter dan yang lainnya.

Sedangkan Smart TV hanya menyediakan aplikasi bawaan yang jumlahnya tidak sebanyak pada Android TV serta pembaruannya pun sulit didapat.

3. Pembaruan Berkala

Tak hanya menawarkan banyak aplikasi yang bisa dipasang, Android TV juga menyediakan pembaruan otomatis dari aplikasi secara berkala.

Dengan demikian, performa dari aplikasi akan lebih optimal seiring dengan pembaruan yang diberlakukan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Samsung Android TV Terbaik QLED, Resolusi 4K dan HDR10+

Lain halnya dengan Smart TV dimana pembaruan aplikasi sangat jarang diberikan. Akibat dari aplikasi yang tidak mendapat pembaruan adalah kinerjanya menjadi tidak maksimal.

Jika aplikasi sudah sampai di tahap tidak bisa digunakan, mau tidak mau Kamu harus mengganti TV nya dengan model terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: