Cara Mengoptimalkan Kinerja AC Agar Lebih Efektif

Cara Mengoptimalkan Kinerja AC Agar Lebih Efektif

Tips Penggunaan AC yang Efektif Pada Saat Cuaca Panas --

DISWAY JOGJA - Suhu udara yang semakin panas membuat semua orang ingin berada di ruang yang sejuk. Berada di ruang ber AC contohnya. Namun Anda perlu mengoptimalkan kinerja AC agar lebih efektif, sehingga tidak terlalu banyak memakan biaya.

Bedasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara tertinggi di Indoenesia yaitu mencapai 38 derajat Celcius. 

Adapun kota yang menjadi terpanas di Indonesia yaitu kota Semarang dengan suhu maksima 38 derajat Celsius pada tanggal 25-29 September 2023 lalu. 

Hal ini menjadi gambaran betapa panasnya suhu udara saat ini. Karena itu, berdiam diri di rumah dengan menyalakan AC menjadi pilihan banyak orang.

BACA JUGA:Apa Boleh Kita Menyalakan AC 24 Jam Penuh di dalam Rumah! Ini Akibatnya! Simak Ulasanya di Bawah Ini

Namun terkadang penggunaan AC tidak secara optimal sehingga tidak efektif memberikan kesejukan dalam ruangan.

Artikel ini akan membahas terkait cara mengoptimalkan kinerja AC agar lebih efektif. Sehingga tidak boros energi dan lebih tahan lama. Simak hingga akhir ya.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja AC agar kebih efektif di rumah diantaranya yaitu:

1. Tingkatkan Suhu Ruangan

Untuk dapat mengoptimalkan kinerja AC langkah yang pertama kali harus dilakukan yaitu dengan meningkatkan/ menaikkan suhu ruangan. Misal suhu ruangan Anda yaitu 20 derajat Celcius, kaka harus ditingkatkan menjadi 23 derajat Celcius. Hal ini berfungsi semagai upaya menghemat biaya untuk mendingakan rumah.

BACA JUGA:8 Tips Penggunaan AC yang Efektif pada Saat Cuaca Panas

2. Memasang Termostat Pintar

Termostat merupakan alat untuk mengatur suhu secara otomatis yang bekerja karena perubahan suhu. Dengan memprogram perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda dapat mengontrol menggunakan aplikasi atau perangkat asisten suara, seperti Alexa dan Google Home. Melalui cara tersebut, Anda sudah mengoptimalkan kinerja AC agar lebih efektif lagi.

3. Meletakkan Termostat di Tempat yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: