Cara Mudah Membersihkan AC Portable agar Tetap Optimal!

Cara Mudah Membersihkan AC Portable agar Tetap Optimal!

Cara Mudah Membersihkan AC Portable--

DISWAY JOGJA - AC Portable adalah alat pendingin yang dapat berdiri dipindahkan disekitaran rumah untuk mendinginkan ruangan. AC Portable biasanya berukuran sangat besar dan memerlukan akses ke stop kontak dan harus ditempatkan dekat jendela agar udara panas yang dari dalam ruangan dapat keluar melalui selang.

AC Portable bekerja dengan sistem penggerak motor kipas angin menarik udara panas ke dalam alat melewati kumparan kondesor yang diisi dengan zat pendingin, kemudian meniupkan udara kembali ke dalam ruangan sementara udara panasnya dikeluarkan lewat jendela.

BACA JUGA:7 Rekomendasi AC Portable 2023, No 3 dibawah 100 ribu Rupiah!

 

AC portable sudah menjadi peralatan rumah tangga yang populer dan disukai. Seperti AC pada umumnya, AC portable juga berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Namun unit AC portable mudah dipindahkan sehingga lebih efisien.

Tak hanya itu, perawatan AC portable juga lebih mudah. Sebenarnya, Anda bisa membersihkan AC portable dengan mudah. Alat dan bahan yang diperlukan Obeng Udara terkompresi Penyedot debu Kain lembut hidrogen peroksida 3%.

Melepas dan membersihkan filter udara, beberapa AC portabel memiliki filter udara yang dapat dilepas dan dibersihkan. Lepaskan filter lalu cuci dengan air hangat dan spons, terkadang unit AC portabel juga memiliki filter sekunder. Selain itu, filter juga harus dibersihkan agar udara yang keluar dari AC tetap dingin.

Buka AC portabel dan Cara membersihkan AC portable selanjutnya adalah dengan mencabut kabel AC hingga kumparan kondensornya terbuka. Anda harus menggunakan obeng untuk membongkar perangkat elektronik ini, namun sebelum Anda  membongkar AC, pastikan kabel listrik sudah dicabut dan pipa pembuangan juga dicabut. Perhatikan juga letak sekrupnya agar tidak bingung saat memasangnya kembali.

BACA JUGA:Pilih AC Portable atau AC Dinding?, Bagi yang Bingung Simak 5 Rekomendasinya di Sini

Bersihkan debu dari kumparan kondensor, debu kumparan kondensor juga harus dibersihkan Anda dapat menghilangkan semua kotoran dengan penyedot debu dan sikat. Hati-hati jangan sampai merusak bagian lain saat membersihkan bagian ini. Selain itu, sebaiknya kenakan masker untuk menghindari menghirup debu.

Bersihkan debu dari kumparan evaporator, debu pada kumparan evaporator juga harus dibersihkan Anda bisa menggunakan sikat kecil untuk membersihkan area tersebut. Gunakan juga kain lembut yang sudah dibasahi dengan hidrogen peroksida 3%. Setelah itu biarkan alat evaporator mengering. Kurang tangki airnya Jika pendingin udara portable yang Anda miliki terdapat tangki air, jadi bagian ini juga perlu dibersihkan.

Tangki air bagian yang ada di dalam harus dibersihkan dengan tangki yang berada diluar juga bersihkan baki tetes dan selang pembuangan baki tetes. Selang pembuangan merupakan bagian AC yang tidak boleh diremehkan saat membersihkan alat elektronik ini.

Cabut penyumbat saluran pembuangan dan biarkan airnya menetes dan bersihkan wadah pembuangan dengan sedikit dan air hangat. Kemudian bersihkan alat dengan larutan disinfektan pada wadah dangkal. Kemudian cabut selang dan alirkan air dengan selang tersebut untuk membersihkan debu dan kotoran pada selang, setelah itu biarkan selang mengering sepenuhnya.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Merk AC Portable Terbaik Salah Satunya Harga 880Ribuan!

 

Satukan semua unit, setelah seluruh bagian dibersihkan, proses terakhir yang perlu dilakukan adalah merakit kembali seluruh unit. Pasang wadahnya dan kencangkan sekrupnya. Pasang juga filter AC portabel.

Pasang penyumbat saluran pembuangan. Terakhir, sambungkan unit ke stop kontak dan nyalakan daya AC untuk menguji udara dingin yang dihasilkan alat tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: