Menggunakan AC Sepanjang Hari di Rumah, Bijak atau Tidak?

Menggunakan AC Sepanjang Hari di Rumah, Bijak atau Tidak?

Menggunakan AC Sepanjang Hari di Rumah, Bijak atau tidak?--Art picsart

DISWAYJOGJA - Saat suhu udara mulai meningkat dan musim panas tiba, pendingin udara atau AC menjadi salah satu barang elektronik yang sangat dibutuhkan di setiap rumah.

Terkadang, suhu yang terlalu panas membuat kita tergantung pada AC hampir sepanjang hari, demi kenyamanan bagi semua penghuni rumah.

Namun, pertanyaannya adalah, apakah aman dan bijak untuk menyalakan AC secara terus menerus selama musim kemarau yang ekstrim?

BACA JUGA:4 Cara agar AC Portable Gak Boros Listrik, Simak baik-baik!

Durasi Ideal Penggunaan AC

Pada hari yang panas, sebagian besar unit AC seharusnya hanya perlu bekerja sekitar 15 hingga 20 menit untuk menjaga suhu dalam ruangan pada tingkat yang nyaman.

Setelah mencapai suhu yang diinginkan, AC akan mematikan kompresornya. Jika Anda memiliki AC inverter atau mengaktifkan mode pendinginan otomatis, unit AC akan mati sendiri, mengizinkan suhu dalam ruangan tetap terjaga.

Oleh karena itu, meskipun Anda membiarkan AC tetap menyala, sebenarnya AC tidak bekerja secara terus menerus. Ketika suhu udara naik melewati pengaturan yang telah Anda tetapkan, AC akan kembali beroperasi, mengulangi siklus pendinginan.

BACA JUGA:Ac Portable Mini untuk Kamar, Cuma 100 Ribuan!

Ini adalah fitur hemat energi yang biasanya ada pada AC modern. Namun, AC model lama mungkin tidak memiliki fungsi ini, sehingga unit AC tersebut akan terus beroperasi pada output 100 persen, bahkan jika suhu dalam ruangan sudah dingin.

Perbedaan dalam Penggunaan AC

Penting untuk memahami perbedaan antara kondisi "dingin" dan "sejuk" ketika menggunakan AC. Pada suhu yang sangat rendah, ruangan akan terasa sangat dingin, bukan sejuk dan nyaman seperti yang diharapkan.

Terlalu banyak menurunkan suhu AC bukanlah solusi yang bijak, karena selain membuat penghuni merasa tidak nyaman, itu juga akan mempengaruhi tagihan listrik Anda.

BACA JUGA:Simak! 5 Kelebihan Menggunakan AC Portable yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: