5 Masalah Kulkas yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Ketahui!

5 Masalah Kulkas yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Ketahui!

5 Masalah Kulkas yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Ketahui!--Art picsart

BACA JUGA:Samsung Family Hub, Kulkas Canggih Berkapasitas 628 Liter yang Siap Berikan Pengalaman Masak Sensasional

Penyebab lain mungkin termasuk evaporator yang kotor atau suhu lingkungan yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mulai dengan memeriksa jalur refrigeran, tetapi jika merasa ragu, selalu lebih baik memanggil profesional.

3. Chiller Tidak Dingin

Chiller yang tidak dingin juga bisa menjadi masalah yang merepotkan. Penyebab utama masalah ini seringkali terletak pada timer dan heater yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan endapan kotoran sisa makanan dan bahkan bunga es.

Jika dibiarkan terus-menerus, penumpukan ini bisa menyebabkan penyumbatan dan merusak kulkas Anda. Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan saluran udara khususnya di bagian yang menghubungkan freezer dan chiller. Jika masih belum berhasil, lebih baik konsultasikan pada jasa servis profesional.

BACA JUGA:Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin? Ini Dia Penyebab dan Tips Perawatannya!

4. Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Masalah ini terkadang dianggap sepele, namun sebenarnya bisa memiliki dampak yang serius pada kulkas Anda. Masalah utamanya biasanya terletak pada karet pintu kulkas yang sobek atau sudah tidak rata lagi.

Akibatnya, udara dingin di dalam kulkas akan bocor keluar dan udara panas dari luar akan masuk. Ini akan membuat makanan di dalam kulkas tidak bisa terjaga dengan baik, dan konsumsi listriknya pun akan semakin tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengganti karet pintu yang rusak dengan yang baru.

5. Kulkas Mati

BACA JUGA:Ini Dia! 8 Kulkas Mini 500 Ribuan, Solusi Hemat untuk Ruangan Kecil Anda

Masalah terakhir yang akan kita bahas adalah kulkas yang mati total. Penyebab utama masalah ini biasanya adalah arus listrik yang tidak dapat masuk ke dalam komponen-komponen di dalam kulkas.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan menyeluruh pada seluruh bagian kabel dan memeriksa fuse dengan menggunakan Ohm meter. Namun, jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup, sebaiknya konsultasikan masalah ini pada jasa servis profesional.

Demikianlah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada kulkas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk tetap membaca informasi terbaru lainnya di Diswayjoga.id Semoga kulkas Anda selalu berfungsi dengan baik!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: