Degradasi Moral, Dandim Tegal Ajak Mahasiswa Bangun Karakter

Degradasi Moral, Dandim Tegal Ajak Mahasiswa Bangun Karakter

Dandim 0712/Tegal Kolonel (Inf) Suratman SIP MIP menerima plakat dari Yayasan Harapan Bersama Tegal-M. Sekhun-jogja.disway.id

TEGAL, DISWAY JOGJA - Arus globalisasi dan kemajuan teknologi mengakibatkan terjadinya degradasi moral. Melihat kondisi semacam ini, Komandan Kodim 07/12/Tegal Kolonel (Inf) Suratman SIP MIP mengajak mahasiswa untuk bangun karakter. Hal ini diungkapkan dalam Wisuda Politenik Harapan Bersama Tegal, Rabu 4 Oktober 2023.

Menurut Suratman, kekayaan alam yang dimiliki Negara Indonesia sangat luar biasa, dan hampir menyebar di semua daerah, seperti Papua ada freeport emas terbesar di dunia. Laut kita bermacam-macam ikan. Kalimantan ada tambang, nikel, bauskit, tembaga, dan batubara. Keindahan alam yang sangat luar biasa dan tidak dimiliki negara lain, seperti Bali, Manado, Ambon, raja ampat, dan Bromo. 

“Budaya yang kita miliki juga sangat luar biasa dan beragam, baik dari Aceh, Papua, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali. Semua itu harus kita syukuri,” tutur Suratman.

BACA JUGA:Plafon pinjaman KUR BSI hingga Rp 500 juta, Cocok untuk pengantin baru!

Dijelaskan Suratman, kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang melimpah. Sehingga banyak negara luar ingin menguasai Indonesia untuk memenuhi kebutuhan negaranya.

“Yang harus kita waspadai, untuk mencapai tujuannya. Negara luar tidak lagi melakukan invasi atau menjajah Indonesia, karena tidak memungkinkan. Namun mereka menggunakan cara halus atau yang sering kita sebut proxy war (perang modern),” jelas Suratman.

Sedangkan ancaman dunia, dipaparkan Suratman pertumbuhan penduduk dalam 10 tahun bertambah sekitar 1 miliar. Sehingga menekan ancaman tersebut, pihaknya mengajak kepada mahasiswa untuk menanamkan nilai dasar bela negara.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

BACA JUGA:KUR Bank Jateng 2023 (sampai 500 juta), Berikut Persyaratan dan Cara Pengajuannya

“Untuk menanamkan nilai dasar bela negara, kami mengajak keapada mahasiswa untuk cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setiap kepada Pancasila sebagai ideologi negara, mempunyai kemampuan awal bela negara, rela berkobran untuk bangsa dan negara, dan mempunyai semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur,” papar Suratman.

Ditegaskan Suratman, peran generasi muda yang harus dilakukan saat ini, selalu bersyukur keapad Tuhan yaang maha esa, jangan mudah terpengaruh lingkungan, fokus dalam belajar, tugas , pengabdian, dan keluarga untuk raih cita-cita, berperan dalam menciptakan kondisi yang baik, jangan melanggar hukum, serta yakin bahwa masa depan bangsa Indonesia ada di generasi muda.

BACA JUGA:KUR Bank Jateng Online Pinjaman Hingga 500 Juta, Ini Dia! Syarat, Cara Ajukan, dan Keuntungannya

“Moment ini sangat tepat, sehingga kami mengajak mahasiswa untuk membangun karakter untuk mencegah degradasi moral,” tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id