Solusi Hidup Sehat : 9 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah

Solusi Hidup Sehat : 9 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah

Manfaat memiliki air yang dirumah-Disway-Buycheapcentral.com

DISWAYJOGJA.ID - Menjaga kesehatan agar tetap sehat merupakan salah satu hal penting bagi setiap manusia. Salah satunya dengan memastikan udara di dalam rumah tetap bersih. Terlebih di era yang penuh polusi dan kualitas udara yang makin menurun. Karenanya air purifier menjadi barang andalan yang sangat bermanfaat dan wajib dimiliki guna kehidupan sehari-hari.

Lalu, tahukah kamu apa air purifier itu? Serta manfaatnya bagi kehidupan sehingga wajib untuk dimiliki? Berikut, diswayjogja paparkan 9 manfaat air purifier dan alasan mengapa kamu harus memilikinya. Simak hingga selesai!

BACA JUGA:Wow, Ini 4 Rekomendasi AC Portabel Terbaik cuma 100 ribuan, Cocok untuk Budget Terbatas!

Apa Itu Air Purifier?

Air purifier adalah suatu mesin elektronik yang dirancang untuk menyaring dan membersihkan udara di sebuah ruangan. Alat ini bekerja dengan cara menyedot udara kotor untuk kemudian disaring oleh filter dan disalurkan kembali dengan kualitas lebih bersih. Canggih ngga sih?

Berbeda dengan air conditioner (AC), air purifier tidak berfungsi untuk mendinginkan ruangan, melainkan untuk membersihkan udara agar bersih dari bakteri maupun kotoran.

Hal ini tidak lain berkat keberadaan filter didalamnya. Tak heran bila mesin canggih ini diklaim ampuh untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman yang bertebaran di udara. Jadi, kamu bisa menghirup udara yang lebih bersih baik dirumah maupun di tempat kerja.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kulkas Mini Murah Hemat Listrik, Idaman Anak Kos Banget!

Apa Saja Manfaat Air Purifier?

Lalu apa saja manfaat air purifier sehingga kamu harus mengoleksinya satu untuk dirumah? Berikut manfaat air purifier untuk hidup lebih sehat.

1. Menghilangkan bau tidak sedap

Manfaat air purifier pertama yakni bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam suatu ruangan. Udara yang bau tersebut, umumnya mengandung partikel yang kurang baik jika terhirup dan bisa membuat si penghuni tidak nyaman.

Dari banyak uji coba dan penelitian terbukti bahwa air purifier mampu menyaring bau tidak sedap pada ruangan. Otw beli ini sih!

2. Menyaring virus dan bakteri

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali penyakit yang bisa menular melalui udara. Ya, partikel dalam udara seringkali membawa bakteri dan virus penyebab penyakit, seperti flu dan batuk.

3. Meringankan alergi

Kamu memiliki alergi tertentu? Jika iya, baiknya segera pasang air purifier untuk meringankan gejala alergi tersebut. Sebab, air purifier dirancang salah satunya untuk menyaring partikel penyebab alergi, seperti serbuk sari, debu, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Ingin Kulkas Lebih Tahan Lama? Lakukan 7 Tips ini untuk Merawatnya dengan Baik

4. Menghilangkan radon berbahaya

Tak hanya debu dan bakteri, air purifier ternyata juga mampu menghilangkan zat beracun yang pada suatu ruangan. Radon sendiri merupakan gas berbahaya yang tidak memiliki warna maupun bau.

Gas ini umumnya dipancarkan melalui bahan bangunan, seperti tanah, granit, dan bebatuan. Penting diketahui, seseorang dapat berisiko lebih tinggi terkena kanker apabila menghirup radon secara terus menerus.

Karena itu air purifier hadir dengan filter HEPA yang dapat menjebak radon dan mengubahnya menjadi udara yang lebih bersih.

5. Mengurangi kemunculan jamur

Manfaat air purifier selanjutnya yakni dapat mengurangi kelembaban pada suatu ruangan sehingga mencegah tumbuhnya jamur yang merupakan salah satu sumber penyakit. Ya, partikel alergen dan spora jamur yang berasal dari peralatan rumah tangga dapat menyebar melalui udara dan tergolong  berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menggunakan air purifier, permasalahan munculnya jamur tersebut dapat teratasi dengan mudah. Dengan begitu, kualitas udara di dalam rumah akan jauh lebih baik bahkan terjamin lebih sehat.

6. Menangkap bulu halus ataupun ketombe hewan peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan dirumah, maka air purifier menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Alat ini dapat mengatasi permasalahan bulu halus dan ketombe yang bertebaran di dalam rumah sehingga menyebabkan penyakit tertentu. Bahkan, bila dibiarkan terus menerus, bulu halus dan ketombe tersebut bisa terhirup dan mengganggu pernapasan si penghuni rumah.

BACA JUGA:Mending Mesin Cuci Top Load atau Front Load? Ini Spesifikasi dan Perbedaannya!

7. Meredakan gejala asma

Tahukah kamu? Air purifier sangat bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan kambuhnya penyakit asma. Filter HEPA yang terdapat didalamnya mampu menyaring polutan, seperti debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan.

Sehingga, udara di dalam ruangan terjamin lebih bersih sekaligus aman untuk kesehatan paru-paru.

8. Menghilangkan gas kimia berbahaya

Selain debu dan bakteri, air purifier juga terbukti mampu menghilangkan gas kimia berbahaya disekeliling kita. Gas kimia ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti polusi, cairan pembersih lantai, obat nyamuk, dan masih banyak lainnya.

Gas kimia yang menumpuk tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama bila kamu berada di ruang tertutup dengan sirkulasi udara buruk. Karenanya air purifier hadir untuk menjaga kualitas udara tetap bersih.

BACA JUGA:4 Kompor Gas 2 Tungku Terbaik, Murah dan Berkualitas, Bikin Masak Makin Semangat!

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa disini yang sering kesusahan tidur? Cobalah untuk meletakkan air purifier di kamar tidurmu guna mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas. 

Air purifier akan bekerja menyaring alergen kamar tidur, seperti bakteri, jamur, dan tungau debu, yang memicu alergi dan gangguan tidur.Dengan menghirup udara yang lebih bersih, maka tidurmu bisa menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. 

 

Demikian 9 alasan mengapa kamu harus punya air purifier dirumah. Dengan memilikinya, kita akan selangkah lebih dekat dengan kehidupan yang lebih sehat. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan memastikan lingkungan sekitar tetap bersih ya. Semoga bermanfaat!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: