Cara Ganti Kampas Rem Depan Motor Sendiri yang Mudah dan Cepat, Yuk Pelajari!

Cara Ganti Kampas Rem Depan Motor Sendiri yang Mudah dan Cepat, Yuk Pelajari!

Cara Ganti Kampas Rem Depan--momotor.id

Untuk konstruksi lama, lepaskan kampas rem dari dalam caliper karena sudah terikat dengan baut pengikat yang sudah dilepas.

4b. (Tipe Single Piston) Lepaskan Pin Kampas Rem

Untuk konstruksi terbaru, lepaskan pin kampas rem terlebih dahulu. Lepaskan snap ring atau kawat pengunci dari pin tersebut. Tarik pin ke salah satu sisi, dan kampas rem dapat dipisahkan dari caliper.

5. Lepaskan Braket Rem

Lepaskan braket atau plat besi yang menghubungkan caliper dengan fork arm suspensi. Bersihkan bagian core atau batang yang masuk ke dalam caliper, lalu berilah pelumas agar pergerakan piston lancar.

BACA JUGA:Mau Beli Motor? Simak Jenis-Jenisnya Biar Kamu Nggak Salah!

6. Siapkan Kampas Rem Baru

Sebelum memasang, sesuaikan kampas rem dengan caliper. Untuk menghindari bunyi berisik, tumpulkan bagian sudut kampas rem dengan lempengan seng atau cutter.

7. Tekan Piston pada Caliper Rem

Pastikan piston pada caliper rata dengan permukaan caliper untuk mengakomodasi kampas rem yang lebih tebal. Gunakan kunci ring besar untuk mengungkit piston.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Daftar Motor yang sudah Memakai Rangka eSAF! Kalian Wajib Memilikinya

8. Rakit Kembali Caliper ke Fork Arm Suspension

Pasang braket terlebih dahulu, pastikan gerakan caliper pada braket tidak terhambat. Lalu, pasang kampas rem dan pin kampas rem sesuai instruksi tipe motor Anda. Untuk caliper tipe single piston, pasang kawat pengunci.

9. Finishing

Terakhir, lakukan pengujian. Tekan rem beberapa kali hingga terasa padat sebelum membawa motor ke jalan raya. Dengan begitu, celah rem akan diset secara otomatis, dan motor Anda siap digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: