8 Alasan Kamu Merasa Lelah Padahal Ngga Ngapa-ngapain

8 Alasan Kamu Merasa Lelah Padahal Ngga Ngapa-ngapain

Ilustrasi lelah -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Sebagai manusia, merasa lelah sewaktu-waktu merupakan hal yang wajar. Mengutip pada laman alodokter, lelah merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan energi, baik secara fisik maupun emosional.

Penyebabnya beragam, bisa jadi karena terlalu banyak aktifitas, kurang istirahat, hingga pola hidup tidak sehat. Namun, pernahkah kamu merasa lelah padahal tidak melakukan aktifitas apapun? Semacam rasa lelah terus menerus yang tidak bisa pulih hanya dengan berisitirahat cukup.

BACA JUGA:Jangan Langung Tidur! 4 Rutinitas Malam ini dijamin Bikin Hari mu Lebih Baik dan Produktif!

Nah, ternyata ada beberapa alasan rasa lelah ini muncul. Apa saja kira-kira? Simak hingga selesai ya.

1. Menghabiskan banyak waktu untuk scroll media sosial tanpa tujuan

Merasa lelah padahal tidak melakukan aktifitas apapun bisa jadi karena kamu banyak menghabiskan waktu hanya untuk scroll media sosial seperti menonton tiktok dan youtube, membuka instagram, melihat tweeter, dan masih banyak yang lainnya.

Aktivitas ini jika dilakukan terus-menerus hanya akan membuatmu lelah. Cobalah untuk memperbanyak aktivitas yang menghubungkanmu dengan lingkungan. Berhenti terlalu lama menatap ponselmu dan temukan kebahagiaan didunia nyata.

BACA JUGA:5 Tips Menjadi Seseorang yang Jauh Lebih Tenang!

2. Nongkrong tanpa alasan

Salah satu faktor yang dapat membuatmu lelah selanjutnya adalah nongkrong berjam-jam tanpa tujuan yang jelas. Bermain game, menggunjing orang, serta aktifitas-aktifitas lain yang tidak menambah nilai dirimu. 

Untuk sesekali mungkin diperbolehkan, tapi jika terus menerus hal ini justru bisa membuatmu lelah dan bosan menjalani hidup.

3. Terlalu banyak tidur

Tahukah kamu, kebanyakan tidur justru dapat membuatmu lelah loh. Bukannya menambah energi, menghabiskan banyak waktu hanya untuk rebahan, justru akan menguras tenaga dan menurunkan motivasimu untuk produktif.

Terlalu lama diatas kasur akan membuatmu malas untuk melakukan apapun. Karenanya jika merasa sudah tidur atau rebahan dengan waktu yang cukup, segeralah bangun dan lakukan apa yang seharusnya dilakukan.

BACA JUGA:Rahasia Bahagia: 10 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan di Tahun 2023

4. Menghindar dari sesuatu yang harusnya diselesaikan

Jika kamu memiliki suatu masalah, tugas ataupun pekerjaan, maka segeralah selesaikan. Menunda-nunda pekerjaan pada akhirnya hanya akan membuatmu lelah, ini menjadikan pekerjaan yang sebetulnya ringan menjadi berat, dan yang mulanya berat akan terasa semakin berat. Bukan begitu?

Pun ketika memiliki masalah, belajar untuk lebih berani untuk menyelesaikan suatu urusan. Menghindar dari masalah hanya akan membuat harimu merasa terbebani. Akibatnya kamu tidak bisa menikmati hari dengan penuh ketenangan.

5. Kebanyakan drama

Bila kamu tidak ingin merasa lelah maka belajarlah untuk tidak kebanyakan drama. Kebanyakan drama di sini maksudnya adalah tidak mudah terbawa perasaan. Cobalah untuk menanggapi sesuatu dengan lebih santai. Tidak sedikit-sedikit marah, sedikit-sedikit kesal, jengkel, ataupun badmood hanya karena sesuatu yang sepele.

BACA JUGA:12 Cara Jitu Untuk Lebih Bahagia, No 5 Paling Penting!

6. Membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain untuk motivasi itu boleh, tetapi jangan sampai membuatmu justru merasa rendah diri. Terus menerus memperhatikan seseorang dengan kehidupan yang lebih baik, paras yang lebih rupawan, atau keluarga yang lebih harmonis hanya akan membuat hidupmu terasa lelah. Bukan begitu teman-teman?

7. Berpikir negatif terlalu jauh 

Merasa lelah padahal tidak melakukan aktivitas apapun kemungkinan besar adalah karena kamu berpikir berlebihan mengenai sesuatu yang negatif. Baik dimasa lalu maupun yang akan datang.

Aktivitas ini hanya akan membuat pikiranmu penuh dengan hal-hal negatif. Padahal seharusnya kamu bisa memilih untuk menikmati apa yang sedang dilakukan saat ini atau fokus melakukan hal-hal bermanfaat lainnya.

BACA JUGA:Catat! Ini 20 Aturan Sosial Tidak Tertulis dalam Berinteraksi, No 13 Paling Penting!

8. Mengikuti kata orang lain terus-menerus

Alasan merasa lelah padahal tidak melakukan aktivitas apapun yang terakhir adalah karena kamu terus menerus mengikuti apa kata orang lain, atau biasa disebut people pleaser.

Bukannya memprioritaskan hidup untuk diri sendiri, kamu justru menghabiskan waktu untuk menyenangkan orang lain dengan melakukan hal yang tidak kamu suka. Hal ini jelas membuatmu lelah hingga tak bersemangat.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: