Wajib Tahu! Ini 5 Prospek Pekerjaan untuk Lulusan Ilmu Perpustakaan

Wajib Tahu! Ini 5 Prospek Pekerjaan untuk Lulusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan beserta prospek kerjanya--

DISWAY JOGJA Ilmu Perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media seperti dokumen, buku ataupun digital.

Jurusan satu ini melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data.

BACA JUGA: Lintas Tanpa Batas: 7 Destinasi Wisata Buat Kamu si Pecinta Teknologi

Lulusan dari jurusan satu ini memiliki peranan untuk mengumpulkan informasi kemudian menganalisisnya guna mengetahui asal-usul suatu informasi, mengidentifikasi kata kunci dan bahkan mencari tahu kemungkinan adanya plagiarisme.

Banyak prospek pekerjaan yang bisa digeluti bagi para lulusan Ilmu Perpustakaan ini. Penasaran apa saja? Simak ulasannya dibawah ini :

1. Kurator

Kurator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk memilih, mengurus serta memamerkan karya seni, benda-benda bersejarah atau objek-objek penting lainnya.

Kurator biasanya diambil dari mereka yang memiliki pendidikan tinggi dalam bidang seni, sejarah atau ilmu pengetahuan lain yang relevan.

Tugas dari seorang kurator adalah menyusun dan menyajikan karya seni atau objek koleksi sedemikian rupa sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi pengunjung.

BACA JUGA: Merentang Batas: Bagaimana Teknologi Mempercepat Arus Globalisasi

Kurator diwajibkan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang karya seni atau objek koleksi yang mereka kelola beserta kemampuan untuk memahami minat dan kebutuhan audiens.

Profesi satu ini bisa memiliki penghasilan mulai dari 5 juta per bulan bahkan lebih tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

2. Admin Tata Usaha

Prospek kerja ilmu perpustakaan juga terbuka di bidang administrasi, sebab dalam mata kuliahnya juga terdapat bab yang menyangkut tata usaha atau administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: