Simak! 5 Tips Merawat Tanaman Bonsai Agar Tetap Indah

Simak! 5 Tips Merawat Tanaman Bonsai Agar Tetap Indah

bonsai adalah seni mengubah pohon menjadi replika pohon-pohon besar yang ada dengan menggunakan teknik pemangkasan dan perawatan khusus--

DISWAY JOGJA- Sebagian besar dari kita pasti tahu bahwa tanaman hias memiliki sebuah fungsi yang menarik untuk keindahan.

Salah satu tanaman hias yang sering kita jumpai adalah bonsai. Bonsai sendiri adalah pohon yang dikecilkan kemudian menggunakan media tanam dengan pot.

Hal ini bertujuan untuk membuat sebuah miniatur yang sangat unik dengan menggambarkan pohon yang sangat tua yang asli dan hidup di alam bebas.

Bonsai sendiri berasal dari kata jepaang yang merupakan sebuah seni tradisional yang digunakan untuk memelihara tanaman dengan sarana pot dangkal. Agar tanaman bonsai dapat tumbuh dengan baik dan bagus, perlu dilakukan perawatan yang baik juga.

Ada beberapa kriteria yang diperlukan untuk merawat tanaman bonsai agar tetap terjaga keindahannya dan tumbuh subur.

BACA JUGA:Ini dia 4 Zodiak Ini Dikenal Paling Kutu Buku Anda yang mana?

 

Nah! Berikut ini adalah tips untuk merawat tanaman bonsai agar tetap terlihat keindahanya.

1. Anda harus memilih tanaman sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara pertama dan paling awal saat anda ingin merawat bonasi adalah dengan memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Ada yang pendek sekitar 15 cm atau yang agak tinggi hingga satu meter. Ini tergantung dari jenis atau spesies tanamannya.

Semakin tinggi tanaman bonsai, maka asupan air, tanah, dan cahaya matahari pun semakin banyak. Untuk itu, Anda harus mengetahui betul apakah Anda memiliki waktu dan energi untuk memenuhi perawatan tanaman bonsai kesayangan Anda.

2. Meletakan posisi bonsai dengan baik dan benar

Jenis bonsai yang paling umum seperti juniper, pinus dan pohon cemara adalah tanaman yang diletakkan di luar rumah. Semenetara itu, pohon bonsai dalam ruangan biasanya adalah spesies subtropis yang tumbuh subur dari suhu yang stabil sepanjang tahun. Berikut adalah beberapa tips umum tentang meletakkan pohon bonsai yang biasanya berlaku untuk semua jenis pohon bonsai.

 

Posisi: Bonsai Anda harus dijauhkan dari panas atau angin langsung. Pencahayaan: Simpan bonsai Anda di area yang banyak terpapar sinar matahari. Kelembaban: Bonsai membutuhkan kelembaban untuk menjaga tanahnya tetap lembab. Itulah cara agar bonsai tetap dalam kondisi yang bagus dan awet dalam mempertahankan keindahanya.

3. Melakukan Penyiraman Dengan Benar

Bonsai harus dilakukan penyiraman secara berkala baik pagi,siang, maupun sore. hal ini ditujukan untuk agar bonsai yang sudah tertanam dalam pot anda bisa untuk tumbuh dengan benar. cara penyiraman bonsai sebaiknya jangan terlalu banyak sehingga bisa untuk meminimalisir tumbuhnya berbagai jamur yang berkembang sehingga bisa menyebabkan bonsai menjadi busuk

BACA JUGA:Ini dia! 5 Manfaat Temulawak Bagi Tubuh Jarang Orang Tahu!

ada cara untuk mengontrol bagiaman kelembapan bonsai itu yaitu dengan cara menusuk tusuk gigi ke bagian media tanamn bonsai agar bisa melakukan penyerapan optimal.

4. Harus melakukan penjemuran dan pemangkasan optimal

Bonsai juga sangat penting untuk dilakukan penjemuran yang efektif dan efesien. Jika bonsai terlalu klama terpapar soinar matahari secara langsung juga bisa membuat bentuk bonsai itu rusak dan mati. Setelah itu Anda juga harus memangkas batang, cabang, ranting dan daun bonsai. Hal ini dilakukan untuk membentuk bonsai sesuai dengan keinginan.

Pemangkasan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi dari bonsainya sendiri. Jika pertumbuhan bonsainya tergolong cepat, pemangkasan dapat dilakukan sebulan sekali.

Namun, jika tanaman bonsai pertumbuhannya lambat, pemangkasan  cukup dilakukan dua atau tiga bulan sekali.

5. Harus sering melakukan pemupukan.

Pemupukan harus dilakukan secara optimal pada tanaman bonsai agar bisa efektif berkembang dengan baik dan benar. Pemupukan tanaman bonsai ini harus dilakukan dengan dosis yang tepat. Disarankan pemupukan dilakukan satu bulan sekali. Dengan nutrisi yang cukup, tanaman bonsai bisa bertahan hidup lama.

Terkait kegiatan pemupukan, pupuk yang bisa digunakan adalah NPK atau urea, tapi sesuaikan juga dengan kebutuhan pohon bonsainya.

Selain pupuk untuk tanamannya, berikan juga pupuk daun sebanyak tiga kali perbulan.

 BACA JUGA:3 Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Tanpa Aplikasi, Mudah dan Gampang Ditiru!

 

Itulah 5 Tips sederhana untuk merawat tanaman bonsai anda agar tetap indah dan tumbuh dengan optimal.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: