Awas, Kena Tilang Uji Emisi! Ini 9 Tips untuk Menghindarinya

Awas, Kena Tilang Uji Emisi! Ini 9 Tips untuk Menghindarinya

Uji emisi-Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Polusi udara yang makin meningkat akhir-akhir ini, terutama di wilayah Jabodetabek, nampaknya mendapat perhatian besar dari pemerintah. Bagaimana tidak, kualitas udara yang makin memburuk, tentu akan sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat di wilayah terdampak.

Turunnya kualitas udara tersebut, salah satunya berasal asap kendaraan bermotor yang menghasilkan gas karbon monoksida. Adapun dari kegiatan industri dan PLTU yang juga menyumbang pada memburuknya kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA:Honda Hadirkan 10 Motor Terbaru dengan Harga Terjangkau, Cocok Buat Kamu coba!

Nah, salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah ini, yakni dengan melakukan uji emisi pada kendaraan bermotor. Melansir pada situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), uji emisi adalah cara untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor.

Jika kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran uatu kendaraan itu baik, tentu itu akan bermanfaat bagi lingkungan dan mengurangi polusi udara akibat asap yang ditimbulkan.

Diketahui ada banyak kendaraan ditilang pada razia uji emisi yang dilakukan pihak berwajib belakangan ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu anda untuk terhindar dari razia uji emisi, simak sampai selesai!

1. Perawatan Rutin

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa dan ganti oli secara teratur, dan lakukanlah perawatan mesin sesuai jadwal yang ditentukan.

Pastikan juga sistem knalpot dan filter udara berfungsi dengan baik. Karena, ini akan membantu kendaraan Anda tetap memenuhi standar emisi dan mengurangi risiko gagal uji emisi.

2. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Pilih bahan bakar berkualitas tinggi untuk kendaraan Anda. Bahan bakar yang rendah kualitas dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan meningkatkan emisi kendaraan. 

Pastikan Anda mengisi bahan bakar seperti yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan. Usahakan untuk konsisten pada satu jenis bahan bakar ya.

BACA JUGA:Biar Kendaraan Makin Joss! Ini 7 Alasan Pentingnya Ganti Oli Mesin Secara Teratur

3. Pemilihan Rute dan Kondisi Jalan

Jika memungkinkan, berusahalah untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang parah. Karena dalam kondisi macet, berkendara dengan kecepatan yang rendah dan berhenti-start yang sering dapat meningkatkan emisi kendaraan. 

Cobalah untuk menggunakan rute alternatif yang lebih lancar. Akan lebih baik pula, jika anda berpergian dengan menggunakan transportasi umum.

4. Hindari Overload dan Tambah Beban Berlebih

Jangan melebihi kapasitas muatan yang diijinkan kendaraan. Beban berlebih dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan meningkatkan emisi loh. Pastikan anda tidak membawa barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga berat kendaraan tetap optimal.

5. Pemanasan Mesin Sebelum Uji Emisi

Sebelum menjalani uji emisi, pastikan anda telah memanaskan mesin kendaraan secara optimal. Mesin yang dingin dapat memiliki pembakaran yang tidak sempurna dan menghasilkan emisi yang lebih tinggi.

Selain itu, pastikan untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Karena hal ini dapat mempengaruhi pembakaran dan emisi kendaraan.

BACA JUGA:Kendaraan Listrik Tidak Sepenuhnya Ramah Lingkungan? Ini Kata Pengamat

6. Pembersihan Filter Udara dan Knalpot

Tips selanjutnya adalah bersihkan dan periksa secara rutin filter udara dan knalpot kendaraan anda. Filter udara yang kotor dapat mengganggu aliran udara ke mesin dan mengurangi efisiensi pembakaran. 

Knalpot yang kotor juga dapat memblokir jalur pembuangan sisa gas. Pastikan filter udara dalam kondisi baik dan knalpot tidak tersumbat agar emisi tetap terkontrol.

7. Rutin Mengikuti Uji Emisi

Yang ke tujuh, jangan lupa untuk memastikan kendaraan anda mengikuti uji emisi secara rutin sesuai dengan peraturan dan jadwal yang berlaku. Uji emisi yang teratur akan membantu Anda mengetahui kondisi emisi kendaraan dan memperbaikinya bila diperlukan.

8. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Selanjutnya, jangan lupa patuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Seperti mematuhi batas kecepatan dan tidak mengemudi secara agresif. Berkendara dengan aman dan bertanggung jawab dapat membantu mengurangi stres pada kendaraan dan mengoptimalkan pembakaran yang efisien.

BACA JUGA:7 Penyebab Motor Injeksi nya Brebet, Nomor 4 Pengguna Cewek Harus Tau

9. Periksa Emisi Kendaraan Secara Mandiri

Untuk memastikan kendaraan Anda memenuhi standar emisi sebelum menjalani uji emisi resmi, cobalah untuk periksa emisi kendaraan secara mandiri. Ada beberapa alat yang tersedia di pasaran untuk mengukur emisi gas buang kendaraan. Jika anda menemukan adanya masalah, segera perbaiki sebelum menjalani uji emisi resmi.

 

Nah, demikian 9 tips untuk terhindar dari razia uji emisi. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi kendaraan anda dan jangan lelah untuk melakukan perawatan rutin. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: