Ini dia! 5 Manfaat Temulawak Bagi Tubuh Jarang Orang Tahu!

Ini dia! 5 Manfaat Temulawak Bagi Tubuh Jarang Orang Tahu!

temulawak untuk kecantikan--tamanna_rumee via pixabay.com

DISWAY JOGJA- Temulawak jadi sebuah obat, bumbu masak dan dapat digunakan untuk kepentingan lainya. Manfaat temulawak untuk kesehatan sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. Berkat kandungan berbagai senyawa alami di dalamnya, tanaman berkhasiat ini secara turun-menurun telah digunakan sebagai jamu atau obat herbal tradisional.

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan fungsi hati. Tanaman ini masih kerabat dekat dengan kunyit.

Di Indonesia temulawak sangat cocok untuk dikonsumsi dengan berbagai pilihan dalam bubuk kering atau ubuk jamu dan teh herbal. Berikut ini adalah Manfaat dari temulawak untuk kesehatan tubuh anda.

BACA JUGA:10 Cara Mengolah Buah Bidara Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Kamu Pilih Cara yang Mana Nih?

1. Memperkuat Imunitas

Temulawak sangat cocok untuk menambah daya imunitas tubuh anda. dengan kandungan nutrisi yang ada pada temulawak bisa untuk mendapatkan antioksidan yang bisa untuk memberikan kinerja sel darah putih dan produksi anti bodi anda. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membuat Anda jarang sakit.

2. Mengatasi infeksi

Temulawak mengandung xanthorrhizol dan kurkuminoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Berbagai riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti  bakteri Salmonella dan E.coli. bakteri ini sangat berbahaya untuk kesehatan pada tubuh anda. dengan anda mengkonsumsi temulawak maka akan memberikan sarana pencegahan dari bakteri ini.

BACA JUGA:Wow! Ini Dia 5 Manfaat Kunyit Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

3. Mengatasi Gangguan Dalam Fungsi pencernaan

Minuman herbal atau jamu yang terbuat dari temulawak juga cukup dikenal manfaatnya untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa temulawak memiliki potensi manfaat untuk mengobati radang lambung atau gastritis. temulawak sangat bermanfaat untuk kesehatan fungsi hari anda sehingga bisa rutin untuk anda konsumsi setiap harinya.

4. Menurunkan Resiko Kanker

berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada temulawak sangat cocok untuk menangkan pertumbuhan zat kanker. Temulawak memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat. Beberapa riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.

BACA JUGA:Tak Hanya Digunakan Untuk Meruqyah! Ini Dia 7 Manfaat Daun Bidara Arab dan Cara Menggunakannya

5. Mengontrol Gula Darah '

Temulawak juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan.

 

Itulah 5 manfaat teemulawak untuk kesehatan anda.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: