Mending DANA atau OVO? Ini 6 Kelebihan dan Kekurangannya!

Mending DANA atau OVO? Ini 6 Kelebihan dan Kekurangannya!

DANA dan OVO-Disway-Foto Pribadi

DISWAYJOGJA.ID - DANA dan OVO merupakan aplikasi dompet digital yang sangat populer di Indonesia. Keduanya memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan secara digital atau non cash. Ini tentu sangat memudahkan kita, berpergian tanpa perlu membawa uang dalam jumlah banyak.

DANA dan OVO menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran, transfer uang, pembelian produk, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online OJK dengan Bunga Rendah, Cepat dan Mudah!
Kehadiran DANA dan OVO tentu membuat banyak orang bertanya-tanya, mana yang lebih bagus diantara keduanya. Berikut deskripsi lengkap aplikasi DANA dan OVO yang bisa dipertimbangkan sebelum kamu mendownloadnya di Play Store maupun Appstore.

 

1. Deskripsi Aplikasi DANA dan OVO
DANA:
DANA adalah aplikasi dompet digital yang menyediakan berbagai fitur keuangan seperti pembayaran tagihan, pembelian voucher dan paket data, top-up saldo, dan masih banyak lainnya.
Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. dan telah menjadi salah satu dompet digital terpopuler di Indonesia.

 

Pada aplikasi DANA pengguna dapat melakukan transfer uang ke pengguna DANA lainnya dengan mudah melalui nomor telepon atau akun DANA. Transaksi ini terbilang cepat dan aman, sebab dana transfer dapat langsung masuk ke akun penerima dalam waktu singkat. Menarik!

BACA JUGA:Tak Perlu Mengantre, Ini 2 Cara Mudah Membuka Rekening Mandiri Secara Online!

 

OVO:
Tidak jauh berbeda dengan DANA, OVO juga merupakan sebuah aplikasi dompet digital yang dirancang untuk mempermudah transaksi keuangan sehari-hari. OVO identik dengan warna ungu putih yang nyaman dipandang.
Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Visionet Internasional dan sukses menjadi salah satu dompet digital terbesar di Indonesia. OVO menyuguhkan berbagai fitur menarik seperti pembayaran tagihan, transfer uang, top-up saldo, pembelian voucher, dan masih banyak lagi.

 

Pengguna dapat mengakses kedua aplikasi ini melalui smartphone mereka kapan saja dan di mana saja. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh OVO maupun DANA memudahkan pengguna untuk memiliki kendali penuh atas keuangan mereka dengan kemampuan untuk melakukan transaksi dengan lebih praktis.

BACA JUGA:Butuh Dana Cepat? Ini dia 7 Pinjol Cepat Cair di Indonesia Yang Aman dan Terdaftar di OJK!

 

2. Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi DANA dan OVO

 

Kekurangan DANA:
- Adanya biaya administrasi yang tinggi untuk menarik saldo DANA ke rekening bank.
- Pilihan pembayaran yang ditawarkan juga masih terbatas, ini karena kecilnya integrasi dengan merchant besar di Indonesia.
- limit top Up dan transaksi yang terbatas. Maksimal top up pada akun biasa (belum upgrade) terbatas 2 juta saja. Sementara pada akun Premium, limit top up sebesar Rp 10 juta. Untuk batas transfer ke rekening juga hanya sebesar 20 juta per bulan.

 

Kelebihan DANA:
- DANA menawarkan fitur pembayaran tagihan yang lengkap, mulai dari pembayaran pulsa, paket data, tagihan air, tagihan listrik, hingga tagihan kartu kredit.
- Dilengkapi banyak promo dan cashback menarik dari merchant-merchant yang bekerja sama, sehingga pengguna bisa mendapatkan keuntungan tambahan saat melakukan transaksi.
- DANA bekerja sama dengan Alfamart, sehingga pengguna bisa mencairkan uang dari DANA ke Alfamart dengan minimal penarikan 50ribu. Transaksi juga tidak dikenakan biaya admin alias gratis.

 

Kekurangan OVO:
- Kemungkinan terjadinya gangguan layanan dan waktu respon yang lama dari tim dukungan.
- Beberapa merchant ada yang tidak menerima pembayaran melalui OVO, sehingga pengguna perlu menggunakan dompet digital lain atau metode pembayaran lainnya.
- Berbeda dengan DANA, OVO belum menyediakan fitur tarik tunai ke Alfamart. Pengguna hanya bisa mencairkan saldo OVO lewat transfer bank. Dan perlu pergi ke ATM untuk tarik uangnya.

 

Kelebihan OVO:
- Pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran dan transfer uang kepada pengguna OVO lainnya hanya menggunakan nomor telepon atau QR code.
- Terdapat berbagai promo dan cashback menarik dari berbagai merchant besar seperti Grab dan Tokopedia, sehingga pengguna dapat menghemat uang saat berbelanja.
- Terdapat fitur OVO Points. Dengan fitur ini, pengguna akan sangat terbantu karena setiap transaksi akan mendapat cashback dalam bentuk poin. Sangat menguntungkan!

BACA JUGA:Praktis Tanpa Kartu Debit, Begini Panduan Lengkap Cara Tarik Tunai Saldo OVO dan GoPay di ATM BCA

 

Nah kesimpulannya, aplikasi DANA dan OVO menawarkan fitur dan manfaat masing-masing bagi pengguna dompet digital. DANA menonjol dengan fitur pembayaran tagihan yang lengkap dan program loyalitas yang menarik, sementara OVO menonjol dengan kemudahan transfer uang dan promo menarik dari beberapa merchant.
Kamu bisa memilih mana diantara keduanya yang lebih baik tergantung pada kebutuhan dan preferensi dirimu sendiri. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: